Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Setelah sebelumnya kami sudah membagikan modul belajar mandiri calon guru ASN PPPK yang bisa anda lihat disini > Download Modul Belajar Mandiri Calon Guru ASN Materi PPPK. Maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi soal Tryout Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik.

Namun untuk mengingatkan, sebelumnya kami juga sudah berbagi Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Pembelajaran 1 Teori Belajar . Kemudian juga membahas contoh soal PPPK untuk kemampuan manajerial disini, kompetensi teknis guru disini, dan kompetensi sosiokultural disini.

Seri Belajar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah Program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan Kompetensi guru dalam beradaptasi pada seleksi PPPK dan hadir menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pada Modul Pedagogik Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik, Karakter peserta didik merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu menerapkan beragam karakteristik peserta didik sebagai pijakan dalam mendesain pembelajaran yang inovatif untuk mendukung tugas keprofesian sebagai pendidik, yang mempesona yang dilandasi sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, disertai dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahatian. 

Untuk mencapai kompetensi Modul Pedagogik Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik tersebut, Anda akan mempelajari materi pengertian karakteristik peserta didik, dan ragam karakteristik peserta didik dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan. 

Selain itu, Modul Pedagogik Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.

Tahapan program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah 

Tahap 1 : Fasilitasi Pembelajaran

Pada tahapan ini, peserta secara mandiri dan berkolaborasi dapat:
Mempelajari substansi pedagogi dan bidang studinya masing-masing.
Memanfaatkan fasilitas komunitas pembelajaran dalam mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya.
Mencoba beberapa soal formatif untuk mengetahui tingkat pemahaman pada substansi yang telah dipelajari.

Tahap 2 : Tryout Modul Belajar Mandiri

Pada tahapan ini, peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti latihan (tryout) soal-soal pedagogi dan bidang studinya masing-masing setelah proses belajar mandiri dilakukan. Peserta yang telah mengikuti tryout dapat kembali ke Tahap 1 (Fasilitasi Pembelajaran) untuk melakukan pendalaman materi pedagogi dan materi sesuai bidang studinya masing-masing. Sehingga lebih meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI MODUL PEDAGOGIK PEMBELAJARAN 2 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

Adapun indikator pencapaian kompetensi Modul Pedagogik Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik untuk mendukung kompetensi yang diharapkan,
  1. Menjelaskan pengertian karakteristik peserta didik;
  2. Menjelaskan pengertian kemampuan awal peserta didik;
  3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik;
  4. Menentukan kegiatan pembelajaran yang kondusif berdasarkan hasil identifikasi kemampuan awal peserta didik; dan
  5. Menjelaskan ragam/macam-macam karakteritik peserta didik
Seperti kita ketahui, pada setiap pembelajaran Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK disediakan fasilitas try out. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik .

Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik  Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

1. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar.
Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?
a. Etnik
b. Status sosial
c. Motivasi
d. Sosial
e. Kultural.


2. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
a. Media cetak
b. Media grafis
c. Media poster
d. Media benda nyata
e. Media gambar



3. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?
a. Etnik
b. Status social
c. Minat
d. Gender
e. Kultural.


4. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:
a. Menggunakan program audio dan modul.
b. Menggunakan modul dan powerpoint.
c. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
d. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
e. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.


5.  Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
a. Meronce membuat kalung
b. Menendangbola
c. Mewarnai pola
d. Menjiplak huruf
e. Memasang puzzle


6. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?
a. Motivasi
b. Minat
c. Status Sosial
d. Moral
e. Etnik


7. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
a. Minat peserta didik
b. Gayabelajarpesertadidik
c. Kultural peserta didik
d. Gender peserta didik
e. Etnik peserta didik


Demikianlah Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Pembelajaran 1 Teori Belajar. Modul materi soal tryout ini bisa anda lihat di Download Modul Belajar Mandiri Calon Guru ASN Materi PPPK .

Jangan lupa juga untuk berlatih kompetensi manajerial di  40 Contoh Soal PPPK Kemampuan Manajerial Beserta Kunci Jawaban semoga anda bisa sukses menggapai keinginan menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara).
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK"

Berlangganan via Email