Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi soal Tryout Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Pembelajaran 6 Konsep Penilaian .

Namun untuk mengingatkan, sebelumnya kami juga sudah berbagi Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Pembelajaran 1 Teori Belajar . Kemudian juga membahas contoh soal PPPK untuk kemampuan manajerial disini, kompetensi teknis guru disini, dan kompetensi sosiokultural disini.

Seri Belajar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah Program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan Kompetensi guru dalam beradaptasi pada seleksi PPPK dan hadir menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator pencapaian kompetensi (IPK). IPK digunakan sebagai acuan penilaian. Pendidik atau satuan pendidikan (sekolah) juga harus menentukan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Penilaian bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Selama ini, seringkali penilaian cenderung dilakukan hanya untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sehingga penilaian diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Lingkup penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik; penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Penilaian Hasil belajar oleh pendidik terdiri atas penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Tahapan program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah 

Tahap 1 : Fasilitasi Pembelajaran

Pada tahapan ini, peserta secara mandiri dan berkolaborasi dapat:
Mempelajari substansi pedagogi dan bidang studinya masing-masing.
Memanfaatkan fasilitas komunitas pembelajaran dalam mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya.
Mencoba beberapa soal formatif untuk mengetahui tingkat pemahaman pada substansi yang telah dipelajari.

Tahap 2 : Tryout Modul Belajar Mandiri

Pada tahapan ini, peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti latihan (tryout) soal-soal pedagogi dan bidang studinya masing-masing setelah proses belajar mandiri dilakukan. Peserta yang telah mengikuti tryout dapat kembali ke Tahap 1 (Fasilitasi Pembelajaran) untuk melakukan pendalaman materi pedagogi dan materi sesuai bidang studinya masing-masing. Sehingga lebih meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya.

Indikator Pencapaian Kompetensi Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian

Setelah mempelajari materi pokok 6 tentang Modul Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian, diharapkan Anda mampu: 
  1. menjelaskan fungsi penilaian;
  2. mengimplementasikan penilaian pada kurikulum 2013;
  3. mengembangkan penilaian untuk peserta didik.
Seperti kita ketahui, pada setiap pembelajaran Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK disediakan fasilitas try out. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Pembelajaran 6 Konsep Penilaian .

Soal dan Kunci Jawaban Modul Pedagogik  Pembelajaran Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

1. Ismail siswa mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif
a. operasional formal
b. pra-operasional
c. pre-operasional
d. operasional konkret.


2. Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah
a. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan
b. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
c. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
d. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan



3.  Berikut ini merupakan prinsip penilaian yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penilaian di kelas Anda, kecuali
a. subjektif
b. sahih
c. terbuka
d. adil


4. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a. identifikasi masalah
b. identifikasi kasus
c. memperkirakan penyebab
d. memperkirakan tindakan.


5.  Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam kegiatan perencanaan penilaian sikap adalah .....
a. menentukan indikator
b. menentukan spesifikasi instrumen
c. menentukan skala pengukuran
d. menentukan sikap yang akan dikembangkan.


6. Berikut pernyataan yang benar terkait dengan tingkat kesulitan sebuah soal adalah
a. semakin banyak siswa yang menjawab benar, berarti soal tersebut mudah
b. semakin besar nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin kecil nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
c. semakin kecil nilai indeks kesulitan tersebut maka soal semakin mudah, sebaliknya semakin besar nilai indeks tersebut maka soal semakin sulit
d. semakin banyak butir soal yang tidak bisa dijawab oleh siswa dengan benar maka soal tersebut sulit 



7. Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah....
a. memperkirakan penyebab
b. identifikasi masalah
c. identifikasi kasus
d. memperkirakan tindakan


Demikianlah Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Pembelajaran 1 Teori Belajar. Modul materi soal tryout ini bisa anda lihat di Download Modul Belajar Mandiri Calon Guru ASN Materi PPPK .

Selengkapnya untuk Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik masing masing pembelajaran bisa dilihat berikut ini,
Jangan lupa juga untuk berlatih kompetensi manajerial di  40 Contoh Soal PPPK Kemampuan Manajerial Beserta Kunci Jawaban semoga anda bisa sukses menggapai keinginan menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara).

M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian Seri Guru Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK"

Berlangganan via Email