Faktor Konversi Uji Beton 1 hari sampai 27 Hari Ke Umur Uji 28 Hari

Sampel kubus dan silinder uji beton
Sampel Kubus dan Silinder Uji Mutu Beton
Untuk menentukan mutu kuat tekan beton, Seperti yang telah kita bahas di sini>>Mutu Beton, maka pengujian dilakukan pada umur 28 hari. Lalu timbul masalah, ternyata kita menginginkan hasil yang cepat untuk mengetahui mutu beton yang akan didapatkan. Kita menginginkan secepatnya hasil mutu beton tercapai tidaknya karena berbagai faktor, misalnya karena tuntutan progres atau bahkan tuntutan konsumen. Sementara bila kita menunggu 28 hari maka akan sangat lama.

Lalu ada juga karena ingin cepat mengetahui hasil dari rancangan Job mix formula (JMF) apakah mutunya sudah mencapai mutu rancana atau belum. karena jika mengetahui lebih awal, maka disiapkan JMF yang baru. Lalu ada lagi karena keperluan pembongkaran bekisting, pada umur berapa beton sudah bisa menahan beban sendiri beton tersebut sehingga bekisting aman untuk di bongkar. Selain itu, faktor hari ini juga berfungsi sebagai kelengkapan laporan monitoring mutu beton yang di lakukan QC beton

Terlepas dari masalah kenapa ingin mengetahui mutu beton secepatnya seperti yang telah kita bahas diatas, Sebenarnya di dalam PBI telah disebutkan bahwa ada faktor umur beton ke umur uji 28 hari. Misalnya disaat umur beton masih 3 hari, pengujian dapat dilakukan dan hasilnya kita konversikan ke umur 28 hari dengan menggunakan faktor yang telah disebutkan PBI.
Adapun faktor tersebut ialah pada umur 3 hari 0.4, umur 7 hari 0.65, 14 hari 0.88 dan pada umur 28 hari adalah 1. Atau dapat dilihat dalam bentuk tabel berikut,
Faktor konversi umur uji kuat tekan beton
Faktor konversi umur uji kuat tekan beton
Bagaimana cara menggunakanya ? berikut kita bahas contohnya,

Sebuah rancangan campuran mutu beton dengan kuat tekan rencana adalah k 350. Setelah diambil sampel kubus dan dilakukan pengujian mutu kuat tekan beton pada umur 3 hari di dapatkan hasil dari mutu beton tersebut pada umur 3 hari adalah 170 kg/cm2. Jika dilihat dari tabel diatas, maka untuk beton mutu k 350 pada umur 3 hari minimal harus mencapai  0,4 x 350 = 140 kg/cm2, maka hasil uji tersebut sesuai dengan rencana awal.

Berapakah minimal mutu kuat tekan beton k 250 jika di uji pada umur 14 hari ? maka dari faktor konversi tersebut diatas dapat dihitung, 250 x 0,88 = 220, maka setidaknya mutu beton tersebut harus mencapai 220 kg/cm2 jika diuji pada umur 14 hari.

Lalu timbul suatu pertanyaan, bagaimana jika suatu sampel diuji di umur selain yang disebutkan diatas? misalnya pada umur 10 hari ?

Gooooll !!! Marocco membuat kejutan dengan duluan mencetak gol ke spanyol. skor sementara 0-1. Sebentar, artikel ini saya buat sambil menonton Spain vs Marocco Piala Dunia 2018. Hehe, intermezzo.

Oke lanjut, Karena PBI hanya menyebutkan faktor konversi pada umur tersebut diatas, biasanya para praktisi dan engineer membuat suatu interpolasi. misalkan umur 10 hari.

maka, Faktor umur konversi di interpolasi di antara 7 dan 14 hari. maka di dapatkan 0,785 .angka tersebut didapatkan dari interpolasi linear biasa .yaitu, (14-7)/(10-7)=(0.88-0,65)/(x-0,65),

Hitungan interpolasi tersebutlah yang umum dipakai para praktisi, dan juga sering saya temui di berbagai laboratorium beton instansi pendidikan dan labaoratorium beton perusahaan beton readymix. Tapi tahukah anda, bahwa walaupun hitungan interpolasi linear tersebut tidak salah, hasil tersebut sebenarnya masih kurang tepat. mengapa begitu.  karena perhitungan tersebut adalah interpolasi linear. jika kita buat kedalam grafik maka seperti berikut inilah hasilnya
interpolasi linear umur uji beton
interpolasi linear umur uji beton
jika kita perhatikan sebenarnya grafik dari uji beton ini adalah bukan linear/garis lurus, tapi ada lengkungan (persamaan kuadrat tingkat x). seperti berikut ini.
Sehingga jika mengikuti trend dari lengkungan datanya akan menghasilkan persamaan kuadrat tingkat 3, Sehingga interpolasi yang lebih mendekati adalah.
Faktor konversi umur x = 0,00006x3 - 0,00431x2 + 0,10087x + 0,13402

dan jika kita buat ke dalam tabel, maka nilai faktor konversi umur beton dari umur 1 hari sampai 28 hari adalah sebagai berikut
faktor konversi umur beton dari umur 1 hari sampai 28 hari
faktor konversi umur beton dari umur 1 hari sampai 28 hari
Demikian Faktor Konversi 1 sampai 27 Hari Uji Mutu Beton Ke Umur Uji 28 Hari, semoga bermanfaat.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Faktor Konversi Uji Beton 1 hari sampai 27 Hari Ke Umur Uji 28 Hari"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel