-->< >

American Road Patch Metode Tambal Lubang Jalan yang Lebih Awet

American Road Patch Metode Tambal Lubang Jalan yang Lebih Awet
Jalan raya merupakan prasarana transportasi yang salah satu fungsinya sebagai penunjang perekonomian masyarakat. Jalan mempunyai fungsi sebagai prasarana untuk melayani pergerakan manusia atau pun barang dari tempat satu ke tempat lainnya secara aman, cepat, dan ekonomis. Oleh karena itu kelancaran arus lalu-lintas sangat mendukung kehidupan perekonomian masyarakat.

Ketidaklancaran arus lalu-lintas dapat disebabkan selain karena volume lalu-lintas padat, juga dapat dikarenakan banyak terjadinya kerusakan pada fisik ruas jalan itu sendiri. Kerusakan yang terjadi pada perkerasan lentur bisa terjadi karena banyak hal serta efek yang ditimbulkan dari rusaknya jalan dapat membahayakan nya.

Kerusakan pada fisik jalan mengakibatkan lumpuhnya perekonomian, meningkatnya biaya transportasi, karena waktu perjalanan menjadi lebih lama, kerusakan kendaraan akibat guncangan pada jalan berlubang, dan meningkatnya jumlah kecelakaan lalu-lintas, khususnya kendaraan roda dua karena terjebak oleh kondisi jalan rusak.

Kerusakan Perkerasan Lentur akibat Overload
Kerusakan Perkerasan Lentur akibat Overload | Sumber: radarjombang.jawapos.com
Sejumlah bagian jalan atau bahkan ruas jalan banyak dijumpai dalam kondisi rusak dengan berbagai jenis dan tingkatannya. Kerusakan-kerusakan tersebut dapat dikategorikan sebagai rusak ringan, sedang, dan berat. Kerusakan-kerusakan itu harus dievaluasi mengenai penyebab dan akibatnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
Penutupan Lubang Jalan Secara Konvensional
Penutupan Lubang Jalan Secara Konvensional | Sumber:radarkudus.jawapos.com/
Menurut Sukirman (1995:223), kerusakan pada  konstruksi perkerasan jalan dapat disebabkan oleh:
  1. Lalu-lintas, berupa peningkatan beban dan repetisi beban.
  2. Air, dari air hujan, di mana sistem drainase tidak baik menyebabkan air naik akibat sifat kapilaritas. Indonesia beriklim tropis, di mana suhu udara dan curah hujan umumnya tinggi.
  3. Material konstruksi perkerasan. Pemakaian material di bawah standar atau sistim pengolahannya yang kurang baik.
  4. Kondisi tanah dasar (subgrade) yang tidak stabil. Kemungkinan disebabkan oleh pelaksanaan (pemadatan) yang kurang baik, atau memang sifat tanah dasar itu memang jelek.
  5. Proses pemadatan lapisan di atas tanah dasar (lapisan pondasi) yang kurang baik, sehingga tidak dicapai kepadatan minimum yang disyaratkan.

Kerusakan Jalan Retak (cracks)
Kerusakan Jalan Retak (cracks) | Sumber:americanroadpatch.com
Adanya beberapa macam faktor penyebab kerusakan menjadikan jenis kerusakan beragam. Menurut Manual Pemeliharaan Jalan No. 03/MN/B/1983 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, kerusakan jalan dapat dibedakan atas: Retak (cracks), Distorsi (distorsion), Cacat permukaan (disintegration), Pengausan (polished aggregate), Kegemukan (bleeding or flushing), Penurunan (settlement).

American Road Patch (ARP) adalah metode penambalan lubang jalan yang sudah dipatenkan oleh perusahaan yang berada di Amerika yang dapat memperbaiki lubang jalan secara cepat, efektif dan tahan lama. Bahan Patch ini dikembangkan lebih dari 6 tahun yang lalu dan saat ini sedang diuji pada semua jenis jalan di Amerika. Menurut produsen, kinerjanya sangat fenomenal karena melebihi ekspektasi sebelumnya.
Setelah Perbaikan dengan American Road Patch
Setelah Perbaikan dengan American Road Patch
Metode menambal jalan yang berlubang dengan menggunakan American Road Patch (ARP) merupakan metode yang sangat efektiv. Karena bahan adesiv padi lembaran untuk menambal jalan dapat mencegah air masuk kedalam lubang jalan, memperpanjang umur perbaikan serta mudah untuk dilakukan. Tidak seperti metode tradisional, ARP adalah produk hemat biaya yang mengandung bahan materi yang efektiv, memperkuat jalan, dan menyegel lubang jalan, retakan retakan dijalan serta metode perbaikan jalan yang sangat cepat untuk waktu pengerjaannya.
Kerusakan Aligator Cracks
Kerusakan Aligator Cracks | Sumber:americanroadpatch.com
American Road Patch terbuat dari kombinasi aspal, polimer, dan fiberglass geo-sintetis berkualitas tinggi. Ketika dipasang dengan benar, tambalan membentuk segel tahan air yang secara efektif menutupi lubang serta retakan pada permukaan jalan. Bahan tambalan atau Patch ini dilengkapi dengan lapisan perekat yang mengikat permukaan jalan aspal dan beton.

Metode ARP bekerja dengan sangat baik karena bahan tambalan/Patch memberikan tambalan yang sempurna. Tambalan tersebut dapat dengan mudah untuk menjadi bagian dari jalan eksisting atau istilahnya mudah diterapkan karena mudah beradaptasi dengan jalan eksisting.

Tambalan secara efektif mencegah penetrasi air untuk masuk kedalam tambalan sehingga menjaga tambalan tetap awet. Tentunya metode ini jika dibandingkan dengan metode secara konvensional pasti jauh lebih efektif, cepat, awet serta lebih murah dalam perawatan.

Perbaikan dengan Metode American Road Path
Perbaikan dengan Metode American Road Path | Sumber:americanroadpatch.com

Langkah-langkah dalam pengaplikasian Metode American Road Patch

  1. Bersihkan material yang lepas dari lokasi perbaikan. Isi dan tutup celah di sekitar perbaikan. Isi area dengan campuran isian aspal panas atau aspal dingin.
    Pembersihan Material
    Pembersihan Material | Sumber:ca.brockwhite.com
  2. Padatkan bahan campuran tersebut. bahan tersebut harus dipadatkan sehingga permukaan tambalan akan rata atau sedikit berada diatas permukaan jalan.
    Pemadatan Bahan Campuran
    Pemadatan Bahan Campuran | Sumber: https://ca.brockwhite.com
  3. Bersihkan area dari debu, kotoran, garam atau minyak. Keringkan sepenuhnya. Jika suhu sekitar di bawah 75˚F, gunakan obor propana ke permukaan dan panaskan atau gunakan primer yang disetujui.
    Pembersihan Area dari Debu
    Pembersihan Area dari Debu | Sumber:ca.brockwhite.com
  4. Potong tambalan atau patch yang akan menutupi bahan tersebut dengan melebihi area perbaikan sebesar 4" di semua sisi. Jika 2 atau lebih bagian diperlukan untuk menutupi area tersebut, diperlukan minimal 3" tumpang tindih.
    Potong Tambalan untuk Menutupi
    Potong Tambalan untuk Menutupi | Sumber: ca.brockwhite.com
  5. Kupas bahan yang akan ditempelkan, selanjutnya tempelkan pada tambalan. Padatkan untuk mengikat patch dengan jalan. Tambalan harus segera terkena lalulintas agar lebih merekat kejalan.
    Pemadatan Patch dengan Jalan
    Pemadatan Patch dengan Jalan | Sumber:ca.brockwhite.com
Penambalan dengan menggunakan ARP dinilai sangat efektif karena dapat menahan air yang melewati jalan sehingga air tidak bisa meresap kedalam lubang tambalan lagi. Berikut adalah contoh lapisan struktur dari metode American Road Patch.
Struktur American Road Patch
Struktur American Road Patch | Sumber: ca.brockwhite.com
Metode perbaikan jalan saat ini tidak membahas tentang penyebab masalah-masalah untuk mencegah keluarnya air dari tambalan lubang. Metode perbaikan jalan secara konvensional hanya mengisi lubang jalan dengan isian yang daya tahannya hanya sementara.
Alur Perbaikan yang Berulang
Alur Perbaikan yang Berulang | Sumber:us.adfors.com
American Patch Road merupakan solusi metode perbaikan jalan untuk saat ini dengan menghindari pekerjaan perbaikan jalan yang berulang-ulang.

Keunggulan lain dari metode ARP ini adalah tentunya mudah untuk diterapkan, tidak perlu menggunakan truck ataupun peralatan khusus, menggunakan jaringan fiberglass yang diperkuat dan tahan lama, dapat berikatan dengan beton dan aspal dengan mudah, perbaikan yang cepat tanpa mematikan arus jalan raya. Semoga Indonesia dapat meniru atau mungkin dapat menciptakan karya sendiri tentang penambalan jalan yang lebih awet dan efisien seperti penggunaan metode American Road Patch ini. Karena dengan metode seperti ARP dapat membuat perbaikan jalan lebih cepat, tepat, hemat waktu dan hemat biaya.

Hasil yang dicapaipun dalam perbaikan jalan sangat memuaskan kerena air tidak dapat masuk ataupun keluar dari tambalan jalan tersebut sehingga membuat kondisi tambalan jalan lebih awet dan tahan lama, serta tidak perlu melakukan penambalan jalan yang berulang karena penggunakan metode secara konvensional dirasa sudah tidak efisien.
Penulis: Rifka Yastian, ST.
Sumber:
_. 2019. Adhesive patch can seal potholes and cracks on the road. https://www.startupselfie.net/2019/05/07/american-road-patch-seals-potholesroad-cracks/
Prescott, Everett J. 2019. Stop the Endless Pothole Repair Cycle with American RoadPatch. https://www.ejprescott.com/blog/pothole-repair-withamerican-road-patch/. 
_. 2019. “American Road Patch Case Studies”.http://www.americanroadpatch.com/case-studies/. 

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "American Road Patch Metode Tambal Lubang Jalan yang Lebih Awet"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel