-->< >

Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI Terbaru

Besi beton yang digunakan sebagai tulangan beton diberikan tanda pada setiap ujung dari besi tersebut. Penandaan tersebut adalah berupa warna yang mewakili setiap kelas/jenis baja tulangan tersebut. Penandaan harus sesuai dengan standar pada ujung-ujung penampangnya dengan warna yang tidak mudah hilang sesuai dengan kelas baja.

Dengan adanya penandaan ini, tentu akan sangat memudahkan kita dalam pengecekan visual pertama baik itu untuk pengelompokan di stok/gudang maupun pada saat pengambilan.

Pengecekan dengan kode warna ini merupakan untuk kemudahan dalam mengidentifikasikan setiap kelas besi baja tulangan beton. Untuk kepastian kelas baja tulangan beton, harus tetap dengan melakukan uji tarik pada besi baja tulangan beton tersebut.

Pada SNI sebelum SNI 2052-2017 terbit, misalnya pada SNI 2052-2002, penandaan besi tulangan pada ujung-ujungnya diberikan berdasarkan warna seperti berikut,
Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI 07-2052-2002
Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI 07-2052-2002
Dari tabel tersebut diatas, terlihat untuk besi BjTD 40 / Atau BjTS 40 diberikan warna Kuning pada penandaan ujung penampangnya. Adapun aplikasi penandaanya seperti berikut
Aplikasi penandaan kode warna besi tulangan
Aplikasi penandaan kode warna besi tulangan
Namun setelah SNI 2052-2017 terbit, kode pewarnaan tersebut berubah. dimana pada SNI 2052-2017 Warna penandaan besi tulangan adalah sebagai berikut.
Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI 2052-2017
Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI 2052-2017
Dari tabel kode pewarnaan tersebut diatas, terlihat perbedan kelas warna dari sebelumnya. Jika pada pewarnaan sebelumnya warna merah menandakan kelas baja besi BjTS 35 namun pada SNI 2052-2017 kode warna Merah adalah kelas Baja 420B.

Mulai Juni 2019, penandaan SNI 2052-2017 wajib sudah diberlakukan. Namun tidak menutup kemungkinan jika masih ada toko supplier bangunan yang menyimpan stok lama dan menggunakan pengkodean warna standard lama.

Perubahan kode warna ini, sangat penting untuk diketahui agar tidak salah dalam memilih dan menentukan kelas mutu baja.

Misalnya saja, dalam spesifikasi gambar tulangan, dibutuhkan besi Mutu Baja Tulangan BjTS-420B/fy=420 Mpa. Jika merujuk ketabel warna terbaru, maka pewarnaan menggunakan warna merah.

Namun, jika tempat mengambil besi beton masih menyimpan besi stok lama dimana kita mengambil besi beton berwarna merah. Maka tulangan yang diambil memiliki mutu BjTS 35, yang artinya mutu besi beton tersebut memiliki fy 345 Mpa.

Pada spesifikasi dibutuhkan fy=420 Mpa, sedangkan yang digunakan fy 345 Mpa, tentu ini merupakan suatu kesalahan besar.

Adapun contoh aplikasi penandaan besi tulangan baja beton SNI 2052-2017 adalah sebagai berikut
Aplikasi penandaan kode warna besi tulangan SNI 2052-2017
Aplikasi penandaan kode warna besi tulangan SNI 2052-2017
Demikianlah Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI Terbaru, Artikel lainnya yang berhubungan dengan Besi tulangan beton bisa anda baca pada berikut ini,
  1. Standard spesifikasi teknis besi tulangan beton >Standard Besi Tulangan Beton Sebagai Bagian Dari Beton Bertulang.
  2. Mengenal Besi Wiremesh dan Spesifikasinya
  3. Standard Tulangan Beton Prestress & Prategang Mengenal Pc Wire, PC Bar dan Pc Strand dalam Industri Beton Pratekan
  4. Berat Jenis Besi Tulangan Beton Dan Cara Menghitung Berat Besi
Akhir kata, semoga bermanfaat !

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

1 Response to "Kode Warna Penandaan Besi Baja Tulangan Beton SNI Terbaru"

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel