-->< >

Mengenal Besi Wiremesh | Berbagai Hal Penting Seputar Besi Wiremesh

Mengenal Besi Wiremesh  | Berbagai Hal Penting Seputar Besi Wiremesh
Anda ingin menggunakan kawat besi terbaik untuk material konstruksi? Salah satu pilihan yang tepat adalah dengan memilih kawat wiremesh. Kawat atau besi wiremesh menjadi salah satu elemen yang tak kalah penting dalam dunia konstruksi.

Bentuknya menyerupai kawat yang dianyam hingga berbentuk kotak kotak, sehingga memiliki tampilan seperti lembaran. Tak jarang wiremesh disebut dengan kawat besi atau besi anyam, sesuai dengan tampilannya.

Penggunaan wiremesh pun cukup beragam dalam dunia konstruksi, seperti pada anak tangga agar lebih kokoh dan kuat. Selain rumah bertingkat, biasanya wiremesh dipakai sebagai elemen lantai yang bertujuan untuk memperkuat dak beton ataupun plat lantai. Nah, apabila Anda memiliki keinginan untuk memilih material wiremesh, sebaiknya perhatikan hal penting berikut.

Ukuran Dan Spesifikasi Kawat Besi Wiremesh

Sebelum menggunakan kawat besi sebagai material konstruksi, Anda perlu mengetahui ukurannya. Elemen yang pertama yakni memiliki ukuran 2,1 meter x 5,4 meter, sementara yang kedua memiliki ukuran 54 meter x 2,1 meter.

Wiremesh lembar dengan ukuran 2.1 m x 5.4 m memiliki ukuran diameter besi 5 mm s/d 10 mm sedangkan Wiremesh roll dengan ukuran 2.1 m x 54 m memiliki ukuran diameter 4mm s/d 6mm.Wiremesh dengan standar JIS G 3551 memiliki toleransi 0.5mm

Untuk elemen wiremesh yang kedua berbentuk roll atau gulungan. Selain ukuran panjang dan lebar, besi wiremesh juga memiliki diameter. Namun diameter anyam yang dimiliki tidak sama,  tergantung dari jenis pekerjaan yang dilakukan. Kawat besi yang berdiameter kecil, biasa digunakan untuk jenis proyek yang sederhana. Sedangkan pada proyek besar, bisa menggunakan kawat berdiameter lebih panjang sesuai kebutuhan.
Dimensi Wiremesh
Dimensi Wiremesh

Spesifikasi Ukuran Kawat Besi Wiremesh
Spesifikasi Ukuran Kawat Besi Wiremesh
Spesifikasi Ukuran Diameter Kawat Besi Wiremesh
Spesifikasi Ukuran Diameter Kawat Besi Wiremesh

Kelebihan Menggunakan Kawat Wiremesh

Elemen wiremesh juga memiliki beberapa kelebihan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk menggunakannya.
  1. Proses pengerjaan lebih cepat dan mudah, lantaran pemasangannya hanya perlu digelar tanpa perlu dirangkai dari awal.
  2. Kualitas dan ketepatan jarak tulangan beton dinilai lebih baik dibandingkan besi beton.
  3. Ketika proses pengerjaan akan lebih mudah untuk dilakukan pengawasan.
  4. Proses pengiriman material dinilai lebih mudah, lantaran ukuran elemen yang praktis yaitu hanya 2,1 meter x 5,4 meter. Tentu saja ukuran ini tidak sepanjang besi beton yang bisa mencapai 12 meter.
  5. Penggunaan kawat wiremesh dinilai lebih ekonomis, lantaran bisa membuat pengurangan berat besi tulangan pada beton saat pengerjaan.

Tips Memilih Kawat Wiremesh untuk Elemen Konstruksi

Jika Anda sudah memahami hal penting terkait wiremesh, kini pahami juga bagaimana tips memilih kawat yang tepat. Apalagi saat ini ada banyak jenis dan spesifikasi dari wiremesh, yang bisa saja menyulitkan proses pemilihan. Nah, berikut ini beberapa tips memilihnya.
  1. Pilih kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan sesuai kebutuhan konstruksi. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam memilih, sehingga mengharuskan Anda membeli kawat kembali. Apalagi harga kawat wiremesh tidaklah murah, yang bisa bisa justru membuat anggaran konstruksi membengkak.
  2. Pilih material yang bersih dan terhindar dari adanya karat di permukaannya. Karena karat bisa mengakibatkan terjadinya korosi, sehingga membuat elemen mudah rusak dan rapuh. Jika sudah begitu, tentu Anda harus mengeluarkan anggaran lebih untuk mengganti material yang rusak.
  3. Gunakan kawat besi yang menggunakan sistem pengelasan otomatis, untuk mendapatkan kualitas terbaik. Karena pada sistem las manual, hasil pengerjaan terlihat kurang rapi dan tidak teratur, sehingga hasilnya akan kurang sempurna. Hal ini disebabkan oleh jarak anyam yang tidak sama yang cenderung menurunkan kualitas dari sistem las manual.

Harga Wiremesh

Harga wiremesh berbeda pada setiap daerah dan juga merk dagangnya. Tapi sebagai perbandingan berikut adalah perkiraan harga wiremesh terbaru pada saat ini.

DAFTAR HARGA WIREMESH 2020

Harga Wiremesh M5, 4,5 mm IDR 263.000 /Lembar
Harga Wiremesh M6, 5,3 mm IDR 348.000 /Lembar
Harga Wiremesh M7, 6,3 mm IDR 485.000 /Lembar
Harga Wiremesh M8, 7,5 mm IDR 655.500 /Lembar
Harga Wiremesh M10, 9,7 mm IDR 1.044.000 /Lembar
Harga Wiremesh M12, 11,7 mm IDR 1.601.500 /Lembar

Itulah tadi berbagai hal penting terkait besi wiremesh yang perlu Anda ketahui. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari spesifikasi, kualitas, hingga tips pemilihannya. Karena dengan pemilihan yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal, tahan lama, serta pengerjaan yang sempurna.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Mengenal Besi Wiremesh | Berbagai Hal Penting Seputar Besi Wiremesh"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel