Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sifat-sifat Mekanis Kayu Sebagai Material Konstruksi

Sifat mekanis daripada kayu sebagai material konstruksi meliputi keteguhan atau kekuatan kayu menahan beban/gaya yang diterimanya. Kayu dengan serat rapat umumnya memiliki kekuatan yang lebih besar dari kayu dengan serat tidak rapat.

Kayu akan lebih kuat jika menerima beban sejajar dengan arah serat dari pada menerima beban tegak lurus serat. Menurut Frick dkk (1999) setiap jenis kayu memiliki kuat tarik, kuat tekan, kuat geser, kuat lentur, kuat puntir, dan kuat belah. Jenis-jenis kekuatan kayu ini dijelaskan sebagai berikut:

Kuat Tarik

Kuat tarik adalah keteguhan kayu untuk menahan beban atau gaya-gaya yang berusaha menarik kayu. Setiap jenis kayu memiliki kuat tarik sejajar (//) arah serat lebih besar dari kuat tarik tegak lurus (⊥) arah serat kayu. Kuat tarik ⊥ arah serat berhubungan erat dengan keteguhan kayu terhadap pembelahan.
Kuat Tekan

Kuat tekan adalah keteguhan kayu untuk menahan beban atau gaya-gaya yang berusaha menekan kayu. Setiap jenis kayu memiliki kuat tekan // arah serat lebih besar dari kuat tekan⊥ arah serat kayu. Kuat tekan⊥ arah serat menentukan keteguhan/ ketahanan kayu terhadap beban.
Kuat Geser

Kuat geser adalah keteguhan kayu untuk menahan beban atau gaya-gaya yang membuat suatu bagian kayu dapat bergeser dari bagian lain di dekatnya. Ada 3 (tiga) macam kuat geser, yaiti:
  1. kuat geser // arah serat;
  2. kuat geser ⊥ arah serat;
  3. kuat geser miring.
Setiap jenis kayu memiliki kuat geser ⊥ arah serat lebih besar dari kuat geser // arah serat.
Kuat Lentur

Kuat tekan adalah keteguhan kayu untuk menahan beban atau gaya-gaya yang berusaha melengkungkan kayu. Misalnya beban pada balok yang ditumpu kedua ujungnya. Balok yang ukuran tingginya (h) lebih besar dari ukuran lebarnya (b) lebih kuat menahan beban lentur dari pada balok yang ukuran h < b.
Baca Juga:
Kuat Puntir


Kuat puntir adalah keteguhan kayu untuk menahan beban atau gaya-gaya yang berusaha untuk memuntir kayu
Kuat Belah

Kuat belah adalah keteguhan kayu untuk menahan beban atau gaya-gaya yang berusaha untuk membelah kayu.
Demikianlah Sifat sifat Mekanis kayu sebagai material konstruksi, Untuk sifat sifat fisis dan pengenalan kayu sebagai material konstruksi bisa dilihat disini.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Sifat-sifat Mekanis Kayu Sebagai Material Konstruksi"