Sosial Media Sebagai Elemen Kota Yang Komunikatif Untuk Pengembangan Wilayah Australia

Di Australia, kegiatan memberikan informasi tidak sebatas dari pemerintah untuk masyarakat saja, tetapi masyarakat turut berpartisipasi dalam penyebaran dan pemberian informasinya. Hal ini terjadi karena tingginya keaktifan masyarakat dalam menggunakan internet, tercatat 87% masyarakat

Artikel ini adalah lanjutan dari Antara Smart City dan Media Sosial Untuk Pengembangan Wilayah Kota di Australia

Australia mengakses internet setiap harinya. Dengan keaktifannya pemerintah sangatlah terbantu untuk mengetahui keadaan yang terjadi di negaranya. Jadi, pada penyebaran informasi, pemerintah memberikan media dalam bentuk website  atau  aplikasi,  disana pemerintah dapat memberi informasi terbaru dan masyarakat dapat melihat serta menambahkan informasi tersebut.

Sebagai   contoh,   sejak   tanggal   1 Januari 2014 website kota Mosman memberikan akses online terhadap pembangunan fisik. Situs tersebut memberitahukan mengenai pembangunan fisik apa yang sedang dilakukan, jangka waktu pengerjaannya, serta dilengkapi dengan peta untuk mempermudah pencarian lokasi, selain itu masyarakat juga dapat melaporkan kerusakan fisik yang terjadi di kota melalui  geotag  (menandai  peta). Gambar di bawah merupakan tampilan situs web kota Mosman yang memberikan informasi pembangunan fisik.
Tak hanya Kota Mosman saja yang memiliki situs web untuk pertukaran informasi, contoh lainnya adalah Kota Adelaide. Pada situs web kotanya sangat cepat dalam memperbaharui berita yang terjadi di kotanya seperti gambar di bawah ini.
Terlihat pada gambar di atas penerbitan berita hanya berjarak dua menit di situs web kotanya. Selain itu terdapat juga situs web South Australis yang memberikan berbagai macam panduan apabila terjadi kejadian darurat di tempatnya seperti gambar di bawah ini.
Gambar-gambar di atas menunjukkan bahwa kedua pihak, pemerintah dan masyarakat, saling membantu dalam penyebaran informasi yang terjadi di negara atau kotanya.

Beberapa gambar sebelumnya menampilkan informasi melalui situs web kota, akan tetapi penyebaran informasi di Australia tidak hanya melalui situs web kota saja, tetapi banyak terdapat instansi yang membuat akun media sosial seperti facebook dan twitter. Hal ini sangat memudahkan masyarakat   untuk   mengetahui   informasi dalam waktu singkat karena sebanyak 95% warga nya menggunakan facebook dan aktif menggunakannya. Gambar di bawah ini merupakan salah satu akun facebook dari instansi pemadam kebakaran di South Australia (Australia Selatan) yaitu SA Country Fire Service.
Di akun ini memberitahukan kejadian-kejadian kebakaran yang terjadi di Australia Selatan, selain itu akun ini terkadang memberikan informasi berupa tips atau saran untuk mencegah terjadinya kebakaran seperti contoh pada gambar di atas. Selain facebook, pemadam kebakaran di Australia Selatan juga mempunyai akun twitter untuk melakukan hal serupa.
Banyak  instansi  lainnya  juga memiliki akun-akun di media sosial seperti pemadam kebarakan di atas, tetapi akun facebook dan twitterlah yang paling sering digunakan. Platform sosial media seperti facebook dan twitter telah memainkan peran penting dalam bencana lainnya, termasuk gempa bumi Christchurch dan banjir di Queensland pada tahun 2011. Tak hanya penyebaran informasi tertulis dari instansi saja, tetapi pemerintah dapat mengatur untuk memberikan peringatan dengan menggunakan akun data pribadi akun facebook masyarakatnya.
Saat mendaftar akun facebook terdapat isian kota, negara, dan lainnya, hal ini dapat digunakan pemerintah untuk memberi peringatan kepada pengguna akun tersebut apabila terjadi sebuah bencana di sekitar area tempat tinggalnya.

Tak hanya facebook, masyarakat Australia banyak mendapatkan peringatan bencana dengan menggunakan aplikasi bernama Twitter Alerts. Saat terjadi krisis atau kejadian darurat, QPS media unit akan mengirimkan peringatan langsung ke akun twitter penggunanya. Peringatan dari QPS media unit akan selalu diperbaharui setiap waktunya. Dengan adanya twitter alerts ini akan mempercepat penyebaran informasi kedian darurat.

Pada bagian ini akan dibahas mengenai elemen kota coordination atau koordinasi media sosial di negara Australia. Koordinasi yang dimaksud adalah apakah antara  situs  web  satu  denan  lainnya terhubung atau tidak dan bagaimana hubungan antara situs web di Australia.

Media sosial seperti situs web di Australia terhubung dengan adanya hyperlink (link dari file hypertext atau dokumen ke lokasi lain atau file, biasanya diaktifkan dengan mengklik pada kata yang disorot atau gambar di layar) pada kolom referensi di bawah situs webnya. Seperti pada gambar di bawah ini, pada bagian bawah situs web terdapat banyak referensi ke situs lainnya seperti ke situs web kota, sosial media lainnya, dan berbagai macam hal lainnya.
Selain pada bagian bawah situs, terdapat bagian ,pada situs web pemerintah pusat yang memberikan hyperlink ke akun sosial media pemerintah pusat seperti gambar di bawah ini.
Contoh lainnya ada pada situs web departemen pelayanan  manusia pemerintah Australia  (Australia Government Department of Human Service), terdapat link yang terhubungan dengan berbagai lembaga jasa penyediaan layanan.
Australia memiliki website  resmi  http://www.australia.gov.au/ yang merupakan entry poin untuk semua layanan  dan  informasi  yang  ada di Australia. 
Semua website tersedia dan juga saling terhubung satu sama lain dan seluruhnya terdapat pada website utama tersebut. Pada November 2014, website tersebut telah terhubung dengan lebih dari 12 ribu web pages. Berbagai aplikasi mengenai pemerintahan australia pun dapat langsung diunduh melalui website tersebut.

ENTERTAINMENT 

Apakah website menyediakan saluran (channel) rekreasi atau menyediakan informasi mengenai aktivitas komunitas yang berkaitan Saluran (channel) rekreasi atau informasi dan apps mengenai dunia hiburan dapat diakses melalui big data ini. Berbagai entertainment disediakan   seperti   jadwal   film,  tempat rekreasi, atau pun seni selalu diupdate dan saling terkoneksi satu sama lain. Aplikasi seperti game juga tersedia secara lengkap dan dapat langsung di unduh ke perangkat elektronik. Terdapat beberapa bagian yang dapat mendukung keberjalanan hiburan/ entertainment tersebut melalui:

Ministry for the Arts 
Memberikan program dan kebijakan yang dapat meningkatkan kesempurnaan dari seni, dukungan kepada kultur bersejarah, dan akses publik untuk seni dan kultur.

Arts training bodies
Memberikan link untuk dapat perform dalam skala nasional yang didukung oleh pemerintah Australia.

AusStage  –  gateway  to  the australian
performing arts   Merekam informasi mengenai performa  dari peneliti, mahasiswa, perusahaan, artist dan staff musium.

Australia Council for the Arts 
Merupakan pusat pendanaan, institusi ini  mendukung seniman melalui bantuan    dengan proses kreatif.

Questacon – The National Science and Technology Centre
Memberikan pemahaman lebih mengenai   kesadaran sains dan teknologi dalam komunitas, membuat pengalaman yang menyenangkan dan interaktif serta relevan.

Vrroom – Virtual Reading Room
Memberikan akses mengenai sejarah, dokumen sipil dari National Archives melalui koleksi dari dosen dan mahasiswa.

MASS COMMUNICATION 

Seberapa jauh media sosial memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan kota,  menyediakan berita tentang program terbaru dan mengingatkan masyarakat tentang permasalahan yang potensial terjadi di kota. Dalam bagian news and social media dalam website http://www.australia.gov.au/.

Media Releases
Terdapat kumpulan mengenai berita-berita resmi yang telah di publish

Social Media
Mencari mengenai akun akun media sosial pemerintah melalui Twitter, Facebook, YouTube, blog, dan akun-akun sosial media
lainnya.

Apps
Tersedia aplikasi-aplikasi resmi dari pemerintah untuk penyediaan informasi berbasi android  maupun ioS.

Campaigns
List dari segala program-program yang telah dijanjikan oleh pemerintah dan ketercapaiannya.

What's On
Isu - isu nasional yang sedang terjadi di negara.

Lebih lanjut, Baca Artikel Selanjutnya Menuju E-Participation Dalam Pelayanan Publik

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Sosial Media Sebagai Elemen Kota Yang Komunikatif Untuk Pengembangan Wilayah Australia"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel