About

10 Prospek Lapangan Pekerjaan Lulusan Teknik Sipil

Bagi anda yang sekarang bingung dan bimbang mau melanjutkan ke jurusan apa? Ingin masuk jurusan Teknik Sipil tapi tidak tahu prospek pekerjaan Teknik sipil seperti apa. Setelah Lulus Teknik sipil akan bekerja dimana ? kali ini kita akan membahas 10 prospek lapangan pekerjaan lulusan teknik sipil. Adapun 10 lapangan pekerjaan ini adalah 10 lapangan pekerjan yang menjanjikan  para sarjana lulusan teknik sipil untuk menerapkan ilmu sesuai bidang yang dipelajari. Apa saja 10 lapangan pekerjaan tersebut ? ini dia 10 prospek lapangan pekerjaan lulusan teknik sipil.
Perusahaan kontraktor proyek konstruksi.
Saat ini pembangunan dalam negeri mengejar ketertinggalan infrastruktur membuat berbagai proyek yang mangkrak digalakkan kembali. Dan juga dengan proyek tol nasional kebijakan Presiden Jokowi membuat Perusahaan kontraktor punya banyak proyek. PT. WASKITA KARYA, PT HUTAMA KARYA, PT. TOTAL BANGUN PERSADA dan Perusahaan BUMN lain lagi Sibuk dengan proyek Pembangunan Nasional. Dengan begitu perusahaan ini juga akan membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Sehingga lulusan teknik sipil akan sangat dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam rangka pembangunan nasional

Perusahaan Konsultan Perencana dan Pengawas 
Untuk bidang ini, lulusan teknik akan sangat dibutuhkan, dan masih berhubungan pada pembangunan seperti poin no 1. Perusahaan perusahan konsultan perencana dan pengawas ini berbanding lurus dengan pekerjaan perusahaan proyek kontraktor. Sehingga dalam perencanaan dan pengawasan dibutuhkan tenaga kerja yang kompeten untuk ditempatkan di berbagai situasi

Pabrik/Manufaktur dan Precast
Pada berbagai pabrik, lulusan teknik sipil dibutuhkan untuk pemeliharaan dan perawatan. Baik itu pabrik minyak kelapa sawit pabrik plastik dan lain lain. Tapi pabrik yang paling banyak membutuhkan sarjana teknik sipil adalah pabrik precast. Kebutuhan produk precast untuk memenuhi permintaan pembangunan yang cepat menjadikan produk precast sebagai primadona dan pilihan dari pada melakukan pengecoran di tempat. Selengkapnya tentang precast lihat Disini

Pertambangan
Perusahaan tambang juga membutuhkan lulusan teknik sipil, selain untuk pemeliharaan prasarana dibidang ini teknik sipil juga dibutuhkan dalam menggunakan dan mengefektifkan angkutan alat berat. Selain itu sarjana teknik sipil juga sedikit banyak juga paham dengan GEOlogy yang juga merupakan salah satu mata kuliah teknik sipil.

Bank
Jangan salah, bank juga membutuhkan lulusan teknik sipil, walaupun tidak banyak, tapi lulusan teknik sipil yang bekerja dibank masih banyak di incar oleh lulusan teknik sipil. Ilmu ekonomi teknik seorang lulusan teknik sipil dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan bank. Salah satu penaksiran harga bangunan, dan prediksi biaya bangunan kedepannya.

Perusahaan Listrik Negara (PLN)
Perusahaan listrik seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara) juga sangat sering merekrut lulusan teknik sipil. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu teknik sipil sangat terkait dengan berbagai bidang pekerjaan di dunia ini. Untuk lulus menjadi karyawan di perusahaan dengan bidang di atas bukanlah perkara mudah, dibutuhkan skill dan kemampuan kita sebagai lulusan teknik sipil yang memadai.

Pengembang Perumahan (Depeloper Property)
Unutk memenuhi kebutuhan primer manusia, maka pembangunan tempat tingggal semakin hari semakin banyak, dari komplek perumahan sampai pembangunan apartement, salah satu contohnya adalah MEIKARTA. Pada bidang ini lulusan teknik sipil akan berurusan dengan bangunan tempat tinggal seperti rumah pada umumnya, Rencana anggaran Biaya dan Jadwal pekerjaan. Pada bidang ini prospek lulusan teknik sipil masih akan sangat banyak.

Supplier/Distributor material Konstruksi
Untuk pembangunan konstruksi, akan dibutuhkan berbagai macam material pendukung. Lulusan Teknik sipil dibutuhkan dibidang ini untuk mendukung kelancaran dan penggunaan material yang tepat.

Perminyakan
Bidang perminyaakan juga membutuhkan teknik sipil, yaitu untuk pembangunan dan pemeliharan sarana prasarana. Seperti perhitungan kebutuhan pipa. Lulusan teknik tidak akan asing di bidang ini, karena sudah sering berhitung di HIDROLIKA dan Mekanika Fluida.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Untuk bidang ini, memang sesuai dengan namanya, teknik sipil, ada sipil sipil nya begitu, tapi perlu diketahui kata teknik sipil tidak berhubungan sama sekali dengan pegawai negeri sipil. Untuk pembahasan kata teknik sipil, silahkan kunjungi di Penciptaan Kata Teknik Sipil.
Banyak instansi atau dinas yang memerlukan lulusan teknik sipil, seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Dinas Perhubungan. Instansi tersebut sangat membutuhkan lulusan teknik sipil sebagai pengawas pekerjaan, maupun ahli di bidang konstruksi.

Demikianlah 10 prospek lapangan pekerjaan untuk teknik sipil, sebenarnya masih banyak lagi prospek lain, seperti jadi tenaga pengajar ataupun di industri pabrik semen .Sehingga Jangan ragu untuk masuk ke dunia Teknik sipil.

0 Response to "10 Prospek Lapangan Pekerjaan Lulusan Teknik Sipil"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel