Penciptaan Kata TEKNIK SIPIL, Jurusan Teknik Dengan Beragam Prospek

Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan Teknik. Jurusan Teknik Ada bermacam-macam dari teknik mesin, teknik arsitektur Elektro, kimia dan lain-lain dan setelah selesai studi akan mendaptkan gelar Sarjana Teknik. Selain itu ada Juga D3 Teknik dengan gelar d3 nya adalah Amd.t.

Bagaimana Prospek kerja teknik sipill kedepannya. Dan setelah lulus berapakah gaji teknik sipil ?. Selain gaji, pekerjaan untuk teknik sipil berkontribusi dibagian apa?. Teknik sipil adalah ilmu yang mempelajari semua tentang “GLOBAL TEKNIK”. Semua hal teknik yang bersangkutan dengan masyarakat umum.

Teknik sipil berasal dari kata CIVIL  ENGINEERING, Sebenarnya pada awalnya Engineering  dipadankan dengan kata REKAYASA dalam Bahasa Indonesia. Sehingga disebut REKAYASA SIPIL. Tetapi dengan pergeseran makna dan pembunuhan kata, seperti kata ROCKY GERUNG Tentang kata FIKSI, Maka Kata Rekayasa menjadi Jelek Artinya.

Misalnya begini,
  • Proyek itu sudah direkayasa sedemikian rupa, jadi jangan khawatir.
  • Penerimaan Pegawai negeri sipil tahun lalu penuh dengan rekayasa
  • Antara Partai politik memainkan rekayasa Suara

Dan masih banyak contoh lainnya, Sehingga kata Rekayasa memiliki Arti dan Image yang buruk di masyarakat. Sehingga pergeseran Makna Engineering Bergeser ke Makna TEKNIK. Dan Jadilah Teknik SIPIL.

Lalu kata SIPIL nya? Apakah berhubungan dengan pegawai negeri  SIPIL ? APA nantinya akan jadi PNS ? Bisa jadi iya bisa jadi tidak ! Karena hanya sebagian kecil sarjana teknik sipil yang akan bekerja jadi PNS. Mari kita bahas pelan-pelan.  CIVIL  bisa diartikan umum,  Umum disini bukan kata yang bermakna sama seperti pada kalimat berikut. “ Barang itu sudah Umum dipakai, Gak menarik”  Tapi Umum disini sama seperti pada kata Dokter Umum. Kembail ke kalimat saya diawal, “GLOBAL TEKNIK”. Kenapa saya sebut begitu.

Apel, Nanas, anggur dan Pepaya Adalah Buah.  Apel (KHUSUS) BUAH (UMUM).  Lalu Jika Teknik SIPIL? Maka Teknik UMUM lah Umumnya dan Teknik Konstruksi, Teknik Lingkungan, Teknik Bahan, Teknik Tanah, Rekayasa (TEKNIK) Lalu lintas, Teknik Pengairan, Teknik Bendungan, Teknik Laut Teknik Jalan dan lainnya sebagai Teknik Khususnya.  Berarti tidak ada jurusan teknik pengairan atau teknik khusus lainnya?. ADA. TEKNIK LINGKUNGAN misalnya, jurusan itu ada. Dan terkhusus mempelajari teknik lingkungan.

Tetapi jika pada teknik sipil, teknik lingkungan itu dipelajari secara umum dan yang berhubungan ke bagian teknik lainnya, teknik konstruksi atau teknik tata guna lahan misalnya. Masih merasa kurang jelas? TEKNIK SIPIL  Adalah bidang yang mempelajari semua hal Tentang Teknik. Walapun secara umum pada bagian  tertentu saja dan menggabungkannya dengan bagian teknik lainnya.

Lalu bagaimana prospek kerja teknik sipil? Bidang kerja teknik sipil ada banyak. Dari bidang Konstruksi, Hal hal yang berhubungan dengan Kementrian PU, (yang bekerja di kementrian PU inilah nantinya yang sarjana teknik yang bekerja jadi PNS) Kontraktor (BUMN Seperti PT. Hutama Karya Infrastruktur,  PT Total bangun Persada dll) Konsultan, Drafter , Precast.

Selain itu juga bisa bekerja di bagian yang berhubungan dengan dinas pertanian, masalah irigasi, masalah pembangunan saluran irigasi penyebaran tata guna lahan. Pengoptimalan waduk. Di BMKG bisa jadi bekerja di Stasiun pencatat Curah Hujan dan juga bagian geologi. Bekerja di pelabuhan untuk membangun pelabuhan dan perawatan pelabuhan. Bahkan bisa Juga DI PDAM, Pengolahan Air bersih.  Di Bank juga perlu sebagai estimator harga bangunan.  Dan masih banyak lagi. Dengan berbagai prospek kerja tersebut Sarjana Teknik sipil bekerja tetap pada bidangnya, dan bukan merupakan banting Setir.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Penciptaan Kata TEKNIK SIPIL, Jurusan Teknik Dengan Beragam Prospek"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel