Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peralatan Yang Perlu Dipersiapkan Di Rumah Untuk Memperbaiki Kerusakan Ringan Tempat Tinggal Hunian

Peralatan Yang Perlu Dipersiapkan Di Rumah Untuk Memperbaiki Kerusakan Ringan Tempat Tinggal Hunian
Sebelum   memulai   pengerjaan   perbaikan   rumah   sendiri,  sebaiknya persiapkan  terlebih   dahulu  alat-alat  yang  akan  digunakan.   Alat-alat yang harus dipersiapkan  tidak harus selengkap peralatan yang digunakan oleh tukang.

Cukup sediakan saja peralatan-peralatan  dasar yang memang dibutuhkan    untuk   perbaikan-perbaikan    kerusakan  rumah  dalam  skala yang  ringan.  Berikut  ini akan diuraikan  beberapa  alat dasar yang  harus disiapkan tersebut.

Namun sebelum itu perlu diketahui artikel Peralatan Yang Perlu Dipersiapkan Di Rumah Untuk Memperbaiki Kerusakan Ringan Tempat Tinggal Hunian ini adalah artikel lanjutan dari Tips Perbaiki Kerusakan Ringan Dengan Menjadi Tukang di Rumah Sendiri. Sehingga disarankan sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, disarankan anda sudah membaca artikel Tips Perbaiki Kerusakan Ringan Dengan Menjadi Tukang di Rumah Sendiri tersebut dengan meng-klik Disini.

Kuas

Kuas
Kuas
Kuas Berfungsi alat pengoles bahan bahan bangunan yang berbentuk cairan, Khususnya cat. Kuas untuk bangunan tersedia dalam berbagai ukuran. Kuas berukuran besar digunakan untuk permukaan yang luas, Sedangkan kuas yang berukuran kecil digunakan untuk permukaan  yang sempit serta detail­detail yang sulit.

Model kuas dibedakan menjadi dua, yaitu kuas standar dan kuas rol. Kuas standar biasanya menggunakan  bahan serabut sebagai alat pengolesnya, sedangkan kuas rol menggunakan  bahan sejenis kain yang dibentuk silinder dan diberi as di tengahnya agar bisa berputar seperti roda. Pada jenis kuas ini, cat dioleskan dengan cara menggerakkan silinder tersebut naik dan turun.

Sebagai tempat menampung cat yang akan digunakan, bisa digunakan bak khusus cat yang banyak tersedia di toko bangunan. Bak cat ini didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan  ketika akan mengambil  cat yang akan dioleskan. Bak cat ini juga di desain lebar sehingga pas digunakan untuk kuas rol yang berukuran besar sekalipun.

Sendok Semen

Sendok Semen
Sendok Semen
Sendok semen merupakan alat yang berfungsi sebagai penyendok adukan semen sebelum dioleskan ke media. Bentuk sendok semen bervariasi ada yang berbentuk bulat ada pula yang berbentuk lancip.

Kape

Kape
Kape
Kape adalah alat bangunan yang berfungsi untuk mengerok plesteran, cat, ataupun spesi. Selain itu, kape juga bisa berfungsi sebagai alat pengoles dempul  saat mendempul  bagian­ bagian rumah yang berlubang seperti tembok atau plafon.

Kape ini berwujud pelat besi berbentuk segi tiga yang di bagian ujungnya diberi handle kayu sebagai pegangan. Ukuran kape bervariasi dari yang kecil sampai berukuran besar. Kape berukuran kecil digunakan pada media yang berukuran sempit atau detail, sedangkan kape berukuran besar digunakan  untuk media yang berukuran lebar.

Serok  Semen

Serok semen adalah alat yang berfungsi sebagai alat untuk meratakan semen yang ditempelkan  ke media, baik tembok, lantai, dan sebagainya. Serok semen ini ada yang dibuat sederhana dari bahan kayu serta ada pula yang dibuat dari bahan besi.

Bentuk serok semen ini berupa pelat kayu atau besi yang diberi handle. Dalam perkembangannya   saat ini serok semen, khususnya yang terbuat dari besi, juga dilengkapi dengan gerigi di sisi samping dan bawah pelatnya. Gerigi ini berfungsi membentuk alur, terutama pada saat pembuatan spesi untuk pemasangan keramik penutup lantai.

Palu

Palu berfungsi untuk alat pukul serbaguna dalam  pekerjaan bangunan.  Biasanya palu digunakan untuk memukul paku yang akan dipasang atau memukul pahat untuk mencongkel kayuatau tembok.

Jenis palu ada tiga macam, yaitu palu biasa yang hanya berfungsi untuk memukul; palu cukit yang selain digunakan untuk memukul, bisa juga digunakan untuk mencabut paku yang terpasang pada bidang tembok atau kayu; palu karet, yang biasanya digunakan  untuk  mengetuk  keramik yang sedangdipasangagar lebih merekatdengan spesinya.

Pahat

Pahat merupakan alat yang berfungsi untuk mengetrik atau mencongkel kayu atau tembok. Pahatbiasanyadigunakan untuk membuat takikan pada kayu.Selainitu, pahat juga digunakan untuk membobok   temboklbeton.

Oleh  karena  itu, dikenal dua jenis  pahat, yaitu  pahat kayu dan pahat beton. Pahat kayu biasanyaberbentuk besi pipih dengan berbagai ukuran yang disesuaikan dengan penggunaannya.Sementarapahat beton berbentuk besi bulat yang ukurannya lebih besar daripada pahat kayu.

Cara menggunakan pahat  adalah dipukul dengan  palu  di  bagian  pangkalnya sehingga ujungnya yang tajam dapat  mencongkel kayu maupun temboklbeton yang diinginkan.

Tangga

Tangga  yang   dimaksudkan   di sini  adalah tangga  untuk  peralatan bertukang. Tangga ini merupakan alat yang berfungsi untuk menjangkau bagian-bagian sulit khususnyadi bagian atas seperti dinding bagian atas, plafon, dak, atau atap.

Tangga untuk peralatan bertukang biasanya dibuat  moveable sehingga mudah  dipindahkan  ke setiap lokasi yang diinginkan. Tangga ini ada yang terbuat dari kayu,bambu, besi,ataupun aluminium.
Panjang tangga ini pun bervariasi dan   dapat   dipilih    sesuai  dengan kebutuhan. Bahkantersedia pula model tangga  lipat  yang  panjangnya  bisa disetel sesuai dengan  panjang yang diinginkan.

Ember

Ember yang dimaksudkan di  sini adalah ember untuk bangunan. Pada dasarnyaemberini berfungsisebagaialat penampung yang mudah dipindahkan. Biasanya ember ini  digunakan untuk menampung adukan semen.Selain itu, ember ini bisajuga untuk menampung bahan-bahanlain seperti air, kerikil, dan lain-lainyang akan dipindahkan.

Sarung Tangan

Sarung tangan berfungsi  sebagai alat pelindung  tangan agar tidak terkena alat-alat bangunan   yang   tajam   dan   berisiko   melukai tangan   seperti   pahat,  paku,  gergaji,  penyerut kayu, dan sebagainya. Selain itu, sarung tangan juga berfungsi  melindungi  tangan agar tidak terkena   bahan-bahan   bangunan   yang   cukup riskan jika mengenai  tangan  seperti semen, lem, cat,  serta  beberapa  jenis  cairan  yang  bersifat keras.

Safety Helmet

Safety helmet  adalah  helm   khusus  untuk bangunan.  Helm ini dapat berfungsi  sebagai pelindung  kepala dari panas matahari ketika sedang memperbaiki  kerusakan bangunan, terutama  di bagian atap.
Selain  itu,  helm   ini  juga   bisa  berfungsi untuk  melindungi   kepala dari benturan  dengan material-material  bangunan  yang jatuh  dari atas ketika sedang bekerja di bawah.

Busa/Karet/Kain Lap

Walaupun  kelihatannya tidak  begitu  berarti, busa sangat berguna untuk membersihkan  nod a­ nod a hasil pekerjaan sehingga menjadi lebih rapi. Busa ini  biasanya  digunakan   untuk  merapikan hasil pengenatan  keramik. Selain busa, bisa juga digunakan  karet atau kain lap.

Skrap

Skrap  adalah  alat  yang  berwujud   pelat  seng  berbentuk persegi dengan  handle  di bagian pangkalnya. Alat ini berfungsi untuk mengoleskan adonan bahan bangunan seperti dempul, plamur,  dan  sebagainya.  Selain itu  skrap juga  bisa  berfungsi untuk mengerok  cat.

Obeng

Untuk  perbaikan  kerusakan ringan  di rumah  tinggal  perlu juga  disiapkan  obeng.  Obeng  ini  berfungsi  untuk  membuka/mengencangkan  baut-baut,  seperti baut pada kunci pintu.

Sesuai dengan   bentuk   dari  mata  bautnya  maka  obeng dibedakan juga  menjadi obeng plus (+) dan obeng minus (-). Besar dan panjangnya obeng juga bervariasi. Obeng yang berdiameter besar digunakan   untuk  membuka/mengencangkan baut-baut yang  berukuran besar, sedangkan  obeng  yang  berdiameter kecil  digunakan   untuk   membuka/mengencangkan baut-baut yang berukuran  kecil. Obeng yang panjang  biasanya digunakan untuk menjangkau  baut-baut yang letaknya agak sulit dijangkau, sedangkan obeng pendek digunakan untuk menjangkau baut­ baut yang mudah dijangkau.

Ampelas

Ampelas   merupakan    lembaran    kain/kertas    kaku  yang salah satu sisinya bertekstur  kasar. Sisi yang bertekstur  kasar ini berfungsi  untuk menggosok  media yang tidak rata agar menjadi halus dan rata. Selain itu ampelas juga  dapat digunakan  untuk merontokkan  karat-karat yang menempel  pada besi atau logam lainnya. Terdapat dua jenis ampelas yaitu ampelas duco dan ampelas kain.
 
Ampelas duco
Ampelas  duco  terbuat  dari sejenis kertas yang  mudah  disobek.  Ampelas jenis ini biasanya digunakan  untuk  mengampelas  cat-cat duco  seperti  cat mobil,  kusen duco, membersihan  keramik, dan  lain-lain. Penggunaannya  bisa direndam  dengan air/dalam  kondisi basah.

Ampelas kain
Ampelas kain biasanya digunakan  untuk  mengampelas  kayu, tembok,  dan sebagainya. Di pasaran ampelas jenis ini tersedia dalam bentuk  lembaran atau gulungan/meteran.

Kunci-Kunci

Kunci-kunci yang dimaksud di sini adalah kunci-kunci  untuk membuka  baut-baut besar (biasanya matanya berbentuk  segi lima). Selain itu bisa juga  digunakan  untuk membuka  keran air terutama  keran yang sulit dilepas akibat karat yang melekat pada sambungan  keran. Jenis-jenis kunci yang bisa disiapkan  antara lain kunci inggris, kunci pipa, atau kunci pas.

Demikianlah Peralatan Yang Perlu Dipersiapkan Di Rumah Untuk Memperbaiki Kerusakan Ringan Tempat Tinggal Hunian. Untuk informasi lainnya tentang  Tips Perbaiki Kerusakan Ringan Dengan Menjadi Tukang di Rumah Sendiri tersebut bisa anda lihat dengan cara meng-klik Disini. Demikian semoga bermanfaat.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Peralatan Yang Perlu Dipersiapkan Di Rumah Untuk Memperbaiki Kerusakan Ringan Tempat Tinggal Hunian"