Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Pintu dan Jendela Rumah

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Pintu dan Jendela Rumah
Pintu dan jendela merupakan elemen yang selalu ada pada setiap rumah tinggal. Elemen ini biasanya berfungsi sebagai akses sirkulasi, akses ventilasi, serta sebagai pembentuk privasi. 

Namun, ada kalanya pintu dan jendela mengalami beberapa masalah ringan yang cukup mengganggu. Permasalahan yang sering terjadi pada pintu dan jendela antara lain pintu seret saat dibuka atau ditutup, pintu/jendela berderit, serta kunci pintu macet.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas berbagai jenis kerusakan pada pintu dan jendela rumah sekaligus tips dan cara memperbaikinya. Namun sebelum itu perlu diketahui artikel ini adalah artikel lanjutan dari Tips Perbaiki Kerusakan Ringan Dengan Menjadi Tukang di Rumah Sendiri. Karena pada artikel tersebut juga telah dibahas peralatan dan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan ringan pada rumah, sehingga disarankan sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, disarankan anda sudah membaca artikel Tips Perbaiki Kerusakan Ringan Dengan Menjadi Tukang di Rumah Sendiri tersebut dengan meng-klik Disini.

Pintu Seret Saat Dibuka atau Ditutup

Kasus ini sering terjadi pada pintu panel yang bila dibuka atau ditutup akan terjadi gesekan antara pintu dengan lantai sehingga menjadi seret. Hal ini disebabkan oleh adanya penurunan pada engsel pintu akibat beban pintu yang terlalu berat untuk engsel.

Selain itu, kasus ini juga dapat disebabkan oleh terangkatnya lantai terutama pada lantai keramik. Hal ini dapat dilihat pada lokasi terjadinya gesekan antara pintu dengan lantai keramik. Apabila keramik lantai tersebut diketuk dan muncul suara kosong(keramik kopong) maka keramik tersebut terangkat.

Untuk mengetahui penyebab terjadinya gesekan antara pintu dengan lantai, apakah akibat penurunan engsel atau terangkatnya lantai keramik, adalah dengan cara mengunci pintu tersebut. Apabila pintu susah dikunci akibat adanya benturan antara mata kunci dengan lubang pada kusen yang tidak pas/sejajar, dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab kerusakan adalah penurunan engsel.
Langkah-Iangkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Lepaskan pintu dengan terlebih dahulu melepas engsel dan sekrup­ sekrupnya menggunakan obeng.
  2. Serut bagian bawah pintu menggunakan alat serut.
  3. Pasang kembali pintu pada posisi semula dengan menggunakan sekrup engsel yang baru dan berukuran lebih besar dari sekrup engsel yang lama agar engsel terpasang dengan rapat/tidak longgar.
Pemasangan kembali sekrup engsel sebaiknya pergunakan obeng. Hindari pemasangan menggunakan palu karena akan merusak kepala sekrup. Bila dianggap engsel lama kurang kuat, ganti dengan engsel yang baru.

Pintu/Jendela Berderit Saat Dibuka/Ditutup

Ada kalanya pintu maupun jendela mengeluarkan bunyi deritan ketika digerakkan untuk dibuka atau ditutup. Hal ini bisa terjadi akibat engsel pintu berkarat. Masalah seperti ini biasanya sering dialami oleh pintu besi/pagar.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu dengan cara melepas pintu dan tanpa melepas pintu.

Dengan cara melepas pintu (untuk pintu-pintu yang ringan/kecil)

  1. Lepas pintu dengan terlebih dahulu engsel-engselnya.
  2. Ampelas bag ian engsel yang berkarat.
  3. Berikan pelumas pada sekeliling engsel.
  4. Pasang kembali pintunya dan kencangkan engsel­engselnya.

Tanpa melepas pintu (untuk pintu-pintu yang berat/besar)

  1. Berikan pelumas pada lubang yang terdapat pada bag ian atas engsel dan sela-sela engsel.
  2. Gerak-gerakkan pintu agar karat yang terdapat pada engsel terlepas.
  3. Ulangi beberapa kali hingga pintu tidak lagi berderit.
Solusi di atas dapat juga dipakai untuk mengatasi pintu dorong pada gerbang rumah yang sering keras/berat saat dibuka atau ditutup. Hal ini juga disebabkan oleh karat yang terdapat pada roda pintu.

Kunci Pintu Macet

Kunci Pintu Macet
Kerusakan yang sering terjadi pada kunci adalah handle kunci tidak bisa digerakkan pada saat pintu dalam kondisi tertutup sehingga pintu tersebut tidak bisa dibuka. Hal ini disebabkan mata pengait kunci tidak bisa ditarik akibat sudah lemahnya handle pintu sehingga tidak dapat menarik kaitan pintu tersebut.

Jika terjadi masalah seperti ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka pintu tersebut dengan cara sebagai berikut.
  1. Masukkan anak kunci pada posisinya.
  2. Putar anak kunci ke atas (berlawanan dengan arah apabila kita akan mengunci pintu).
  3. Saat anak kunci diputar ke atas, secara bersamaan tarik handle kunci sehingga pintu terbuka.
Apabila kunci pintu telah mengalami kerusakan seperti di atas, sebaiknya dilakukan penggantian kunci baru dengan langkah-Iangkah sebagai berikut.
  1. Buka handle pintu dengan cara melepas sekrupnya.
  2. Lepas kunci yang tertanam di dalam pintu dengan cara melepas sekrup yang berada pada sisi dalam kunci.
  3. Lakukan penggantian kunci dengan menggunakan kunci baru yang memiliki ukuran dan lubang yang sama dengan kunci lama.
 Cara memasang kunci baru adalah sebagai berikut.
  1. Masukkan kunci pada lubang kunci yang telah tersedia pada pintu.
  2. Masukkan batang besi pada posisi lubang handle.
  3. Pasang sekrup-sekrup badan kunci.
  4. Pasang handle kunci dengan cara disekrup pada posisi lubang yang telah tersedia.
Demikianlah Artikel Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Pintu dan Jendela Rumah. Untuk informasi lainnya tentang  Tips Perbaiki Kerusakan Ringan seperti kerusakan pada plafon, kebocoran atap, kebocoran instalasi air dan kerusakan lainnya pada rumah tinggal bisa anda lihat dengan cara meng-klik Disini. Demikian semoga bermanfaat.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Pintu dan Jendela Rumah"