Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Tips Bekerja di Bulan Puasa Supaya Tetap Semangat

8 Tips Bekerja di Bulan Puasa Supaya Tetap Semangat
Sebentar lagi bulan Ramadhan akan segera datang, bulan tersebut merupakan bulan suci penuh berkah yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan atau bulan Puasa ini sering disebut sebagai bulan ibadah karena apa pun yang kita kerjakan selain berpuasa bernilai pahala, kecuali perbuatan yang dilarang oleh Allah.

Di bulan Puasa ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, yaitu menahan lapar dari waktu fajar sampai terbenamnya matahari. Karena itulah aktivitas dan rutinitas sehari-hari akan berbeda, terutama dalam hal jam makan.

Meskipun berpuasa, aktivitas pekerjaan tidak berubah. Anda harus tetap bekerja seperti biasa dan tidak boleh terpengaruh puasa. Supaya bekerja tetap semangat di bulan puasa, Anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

Tips Bekerja di Bulan Puasa

Berikut ini adalah beberapa tips supaya bekerja tetap semangat meskipun sedang berpuasa. Jangan gunakan berpuasa sebagai alasan untuk malas bekerja!

1. Tidak Berlebihan Ketika Makan Sahur dan Berbuka

Pada saat bulan Puasa, umat muslim harus menahan lapar, haus, dan nafsu mereka. Tentu hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri ketika bekerja sambil berpuasa.
Tidak Berlebihan Ketika Makan Sahur dan Berbuka
Tidak Berlebihan Ketika Makan Sahur dan Berbuka
Bagi orang yang tidak terbiasa berpuasa, mereka akan balas dendam makan di waktu buka dan sahur dengan berlebihan. Padahal makan berlebihan akan membuat perut sakit dan juga tidak baik untuk kesehatan.

Jika Anda sakit tentu akan sangat berpengaruh pada aktivitas Anda sehingga produktivitas Anda menurun. Sehingga ketika bekerja Anda akan merasa malas dan tidak bersemangat.

2. Gunakan Waktu Istirahat untuk Tidur Siang

Jika biasanya waktu istirahat digunakan untuk makan, makan di bulan puasa waktu istirahat digunakan untuk tidur, karena sedang puasa jadi tidak boleh makan ataupun minum.
Gunakan Waktu Istirahat untuk Tidur Siang
Gunakan Waktu Istirahat untuk Tidur Siang
Anda bisa memanfaatkan waktu 10-15 menit istirahat untuk tidur siang, meskipun sebentar namun bisa membuat stamina Anda kembali fit.

Bahkan berdasarkan penelitian, tidur siang selama 10-15 menit bisa membuat manusia menjadi lebih fokus. Dengan begitu semangat Anda akan meningkat untuk melanjutkan pekerjaan yang belum selesai.
Selain menambah tenaga, dengan tidur siang Anda juga tidak membuang energi dengan sia-sia. Ditambah lagi, tidur di bulan puasa juga termasuk salah satu pahala.

3. Tidur yang Cukup

Karena pagi hari Anda harus bangun sahur, sebaiknya hindari begadang di malam hari. Karena Anda harus ingat bahwa jam masuk kantor di pagi hari sama seperti biasanya, jika Anda begadang maka kesehatan dan mood Anda akan terganggu.
Tidur yang Cukup
Tidur yang Cukup
Karena itulah Anda harus mengatur ulang jadwal sehari-hari Anda supaya memiliki waktu tidur yang cukup. Sebaiknya setelah sholat tarawih Anda langsung istirahat dan tidur supaya bisa sahur di waktu awal.

Jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup atau tidak memungkinkan untuk tidur lebih awal. Maka Anda bisa melakukan poin ketiga, yaitu dengan memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang selama 10-15 menit.

4. Sibukkan Diri dengan Beragam Aktivitas

Supaya tetap semangat bekerja di kantor maupun di rumah, sebaiknya sibukkan diri dengan berbagai macam kegiatan yang Anda sukai. Karena sudah menjadi hal biasa seseorang menjadi lemah, lesu, dan tidak bersemangat ketika sedang berpuasa.
Sibukkan Diri dengan Beragam Aktivitas
Sibukkan Diri dengan Beragam Aktivitas
Karena itulah Anda bisa menyibukkan diri dengan fokus di pekerjaan yang dikerjaan sambil mendengarkan musik yang membuat Anda menjadi bersemangat.

Jika pekerjaan Anda sudah selesai, Anda bisa melakukan kegiatan lain seperti menghadiri kajian Ramadhan, mengikuti acara baksos, silaturahmi, berhubungan dengan teman lama untuk buka bersama, dan kegiatan positif lainnya.

Dengan fokus pada aktivitas yang Anda kerjakan, Anda akan lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan. Namun jangan sampai aktivitas tersebut membuat Anda tidak bersemangat. Karena itulah Anda harus mengatur jadwal kegiatan dengan benar.

5. Jangan Terlalu Sering Melihat Jam

Tips bekerja di bulan Ramadhan ini mungkin sedikit aneh, namun inilah kenyataannya. Banyak orang yang terlalu sering melihat jam untuk menghitung berapa lama lagi buka puasa. 
Jangan Terlalu Sering Melihat Jam
Jangan Terlalu Sering Melihat Jam
Karena terlalu sering melihat jam, hal ini akan membuat Anda tidak fokus dengan pekerjaan yang ada. Karena itulah supaya tetap bersemangat ketika bekerja, sebaiknya jangan terlalu sering melihat jam. 
Supaya tidak terlalu sering melihat jam, Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan lain seperti yang sudah disebutkan di tips sebelumnya. 

Anda harus ingat bahwa kelaparan pada saat berpuasa inilah yang membuat Anda mendapat pahala dan berkah. Jika dirasa sudah sangat mengganggu dan membuat tidak fokus, Anda bisa menjauhkan jam dari Anda supaya tidak terus-terusan melihat jam.

6.  Niatkan Bekerja untuk Beribadah

Jika Anda merasa tidak bersemangat ketika bekerja, Anda harus cek kembali niat Anda bekerja apakah untuk beribadah atau karena niat lain. Hal ini karena niat juga mempengaruhi kinerja Anda ketika bekerja.
Bekerja untuk Beribadah
Bekerja untuk Beribadah
Anda juga harus paham bahwa niat bekerja bukan cuma untuk diri sendiri, namun juga untuk menafkahi keluarga baik itu orang tua, istri, maupun anak Anda. 

Jika Anda sendiri tidak bersemangat dalam bekerja, bagaimana Anda bisa mendapat keberkahan dalam bekerja? Karena itulah Anda harus cek kembali niat Anda ketika bekerja. Pastikan niat bekerja untuk beribadah, yaitu untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

7. Ubah Ruang Kerja

Tips semangat bekerja di bulan puasa yang selanjutnya adalah dengan mengubah ruang kerja Anda supaya terlihat berbeda dan fresh. Mengubah ruangan meski sedikit juga bisa mempengaruhi mood Anda ketika bekerja.
Ruang Kerja
Ruang Kerja
Jika Anda bekerja di perusahaan, maka Anda harus minta izin terlebih dahulu ke perusahaan. Baik itu untuk mengubah warna cat ruangan yang disesuaikan sebelum bulan puasa, ataupun mengubah tata letak meja serta aksesoris lainnya.


Anda harus selalu memikirkan bahwa malas bekerja hanya akan merugikan diri Anda dan orang lain terutama keluarga Anda. 

Sebelum mengubah tata ruangan, sebaiknya komunikasikan terlebih dahulu dengan rekan dan pimpinan kerja. Kecuali jika ruang kerja tersebut adalah milik Anda sendiri atau Anda bekerja di rumah.

8. Buka Bersama Rekan atau Keluarga

Tips bekerja di bulan Ramadhan yang terakhir adalah dengan berbuka puasa bersama teman kerja, sahabat, atau keluarga. Karena berkumpul bersama orang-orang tersayang akan menambah energi dan membuat Anda bahagia.
Buka Bersama Rekan atau Keluarga
Buka Bersama Rekan atau Keluarga
Jika Anda merencanakan berbuka puasa bersama teman kerja, sebaiknya rencanakan jauh-jauh hari ketika pekerjaan sudah selesai. Berbeda jika bersama keluarga, Anda bisa buka bersama kapanpun Anda mau.

Sedangkan jika Anda ingin berbuka dengan sahabat atau teman lama, Anda harus mengatur waktu dan tempat yang pas. 

Sesekali Anda juga bisa berbuka bersama dengan anak yatim dan kaum duafa. Karena senyum mereka bisa menambah energi dan semangat baru untuk Anda. Terlebih lagi di bulan puasa bersedekah memiliki pahala yang berlimpah.

Demikianlah beberapa tips bekerja di bulan puasa supaya tetap semangat bekerja. Semoga tips di atas membuat Anda tetap semangat bekerja meski sedang berpuasa.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "8 Tips Bekerja di Bulan Puasa Supaya Tetap Semangat"