Berapa Lama Waktu Yang Di Butuhkan Untuk Kuliah Di Jurusan Teknik Sipil ?

Berapa lama sih waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan kuliah di jurusan teknik sipil ? apakah waktu yang dibutuhkan lebih lama dari perkuliahan jurusan lain ? Pertanyaan pertanyaan tersebut banyak ditanyakan oleh anda yang sudah menyelesaikan pendidikan tingkat atas.

Pertanyaan tersebut timbul karena keraguan akan mengambil jurusan teknik sipil. Keraguan tersebut ada karena banyaknya info dari kalangan mahasiswa maupun alumni yang menyebutkan jika kuliah di teknik sipil akan membutuhkan waktu yang lama.

Kuliah diteknik sipil pada dasarnya sama dengan kuliah di jurusan lain, sama sama memiliki program untuk menyelesaikan studi sampai Diploma 3 D3 maupun Strata 1 S1 (sarjana). Jika dibilang kuliah teknik sipil itu sulit, sebenarnya itu relatif.

Biar tidak membingungkan, mari kita sedikit bahas apa saja program yang akan dilalui jika kuliah di teknik sipil. Apa tujuan pembelajaran di teknik sipil ? Agar memiliki kemampuan profesional dalam kegiatan perencanaan, perancangan, pelaksanaan/ pembangunan, pengkajian ilmiah dan pengelolaan di bidang teknik sipil yang berwawasan lingkungan.

Selain itu juga mampu berperan nyata dalam merumuskan dan menyelesaikan persoalan infrastruktur publik berbasis pertimbangan aspek keteknikan, ekonomi, lingkungan, standar dan etika profesi. Mampu menerapkan prinsip kepemimpinan, berkomunikasi dan bekerjasama secara teamwork untuk meningkatkan karir ketekniksipilan di bidang teknik struktur, keairan, transportasi, lingkungan, geoteknik dan manajemen konstruksi.

Hasil dan kemampuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran teknik sipil adalah
  1. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan matematika, sains, teknologi dalam bidang teknik sipil
  2. Memiliki kemampuan dalam merancang dan melakukan penelitian, serta menganalisis dan menginterprestasi data
  3. Memiliki kemampuan merancang sistem  dan infrastruktur bidang teknik sipil sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan berbagai kendala seperti kendala ekonomi, lingkungan, kesehatan dan keamanan
  4. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin
  5. Memiliki kemampuan mengidentifikasi, memformulasi dan menyelesaikan permasalahan bidang teknik sipil dengan mempertimbangkan potensi pemanfaatan sumber daya lokal
  6. Memiliki pemahaman kepemimpinan, tanggung jawab dan etika profesi dalam bidang teknik sipil
  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik
  8. Memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang dampak dilaksanakannya pembangunan infrastruktur terhadap aspek sosial, ekonomi dan lingkungan
  9. Memiliki kemauan dan kemampuan untuk pengembangan diri dan pembelajaran menerus
  10. Memiliki pengetahuan tentang perkembangan isu-isu terkini dalam bidang teknik sipil
  11. Memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mengaplikasikan teknologi dan piranti lunak terkini dalam bidang teknik sipil
Apa saja syarat agar dinyatakan lulus dalam perkuliahan teknik sipil ? Mahasiswa yang telah menyelesaikan periode studinya akan menerima gelar Sarjana Teknik (S.T.) atau yang setara dengan gelar Bachelor of Engineering (B.Eng.). Untuk dapat meraih gelar tersebut, mahasiswa diwajibkan untuk memenuhi syarat kelulusan dibawah ini:
  1. Total sks yang telah ditempuh ≥ 144
  2. IPK ≥ 2,00
  3. Mata kuliah yang mendapatkan nilai “D” < 25%
  4. Tidak memiliki nilai “E”
  5. Nilai mata kuliah Pancasila, Agama, Kewarganegaraan dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ≥ “C”
Syarat tersebut diatas adalah syarat kelulusan di Salah satu Universitas ternama di Indonesia, mungkin bisa saja ada sedikit perbedaan di kampus kampus lainnya. Lalu apakah akan butuh waktu lama untuk menyelesaikan kuliah pada jurusan teknik sipil ? sebenarnya pada setiap jurusan di universitas sudah punya program dan kurikulum tersendiri yang mengatur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk selesai kuliah dijurusan teknik sipil. Untuk memberikan gambaran, , Mari kita lihat kurikulum teknik sipil salah satu perguruan tinggi berikut ini

Program studi Teknik Sipil akan berlangsung selama 8 semester. Pada Semester I-VI, mahasiswa akan mengambil mata kuliah wajib, sedangkan mata kuliah pilihan dapat diambil pada Semester VI-VIII, berdasarkan spesialisasi yang diminati oleh mahasiwa (struktur, hidro, transportasi, geoteknik dan lingkungan). Kurikulum ini memiliki total 32 jam mata kuliah tentang matematika dan sains, serta 93 jam mata kuliah keteknikan.

Dari Kurikulum yang terlihat diatas, untuk menyelesaikan perkuliahan di jurusan teknik sipil adalah 8 semester. Itu artinya dibutuhkan waktu selama 4 Tahun. Tentunya jika semua berjalan lancar dan sesuai rencana.

Namun pada kenyataannya, banyak yang lebih dari 4 tahun untuk menyelesaikan kuliah dijurusan teknik sipil. Hal tersebut terjadi karena ingin perbaikan dengan kembali mengambil mata kuliah yang sudah di jalani sebelumnya.

Mata kuliah di jurusan teknik sipil pada umumnya lebih ke perhitungan, analisis dan aplikasi penerapan. Sehingga sangat membutuhkan ketelitian dan konsentrasi tinggi serta imajinasi dalam memahami persoalan dan menggambar teknik untuk menyelesaikannya. Sehingga jika mahasiswa memiliki skill hitung hitungan yang sedikit lemah, maka akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari jadwal kurikulum diatas.

Sebenarnya tidaklah mustahil untuk menyelesaikan kuliah di teknik sipil selama 4 tahun. Jika disertai dengan usaha dan kerja keras  bukan tidak mungkin dalam 4 tahun sudah bisa menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar sarjana teknik.

Setelah diwisuda tentunya anda akan mendapatkan gelar sarjana dan juga ijazah. Seperti apa sih ijazah sarjana teknik sipil ? bisa anda lihat di Contoh Ijazah S1 Teknik Sipil.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Berapa Lama Waktu Yang Di Butuhkan Untuk Kuliah Di Jurusan Teknik Sipil ?"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel