10 Alat Keselamatan Kerja Kapal Laut yang Perlu Diperhatikan

10 Alat Keselamatan Kerja Kapal Laut yang Perlu Diperhatikan
Keselamatan diri pada saat bekerja adalah hal mutlak yang perlu diingat oleh pelaut profesional. Semua perusahaan pengiriman dan expedisi meyakinkan kalau setiap kru dan awak kapal mereka harus mengikuti prosedur keselamatan pribadi dan ketentuan untuk semua operasi yang dilakukan diatas kapal.

Untuk menjaga keamanan kerja yang optimal di kapal, perlu langkah awal untuk meyakinkan agar awak kapal memakai perlengkapan pelindung pribadi mereka yang di sesuaikan dengan beragam type pekerjaan yang dilakukan diatas kapal.

Alat keselamatan kerja berikut ini adalah dasar perlengkapan pelindung diri (APD) kapal untuk menjaga keselamatan awak atau kru dalam  bekerja :

Baju Pelindung/ Wear Pack

Pakaian keselamatan kerja yang wajib di pakai oleh pekerja di lapangan sesuai dengan peraturan di lingkungan perusahaan untuk melindungi tubuh dari potensi bahaya selama bekerja.

Alat pelindung diri (APD) Wearpack di kenal juga dengan sebutan cover all atau katelpack, pakaian ini di desain untuk melindungi diri pekerja yang berada di lingkungan luar atau lapangan.

Wearpack atau coverall tersedia bermacam-macam bahan dan warna, dan di sesuai kan dengan peraturan dan kebutuhan pekerjaan

Pemilihan wearpack sebaiknya jangan terlalu sempit atau ketat, sehingga menghalangi atau pemakainya kesulitan dalam melakukan gerakan selama bekerja, jangan juga wearpack di pakai terlalu besar dari ukuran tubuh kita, sehingga bisa menimbulkan bahaya.

Pakailah wearpack dengan bahan yang tidak menimbulkan efek panas, gerah atau bahkan untuk kulit yang sensitif bisa menimbulkan efek gatal.

Pakailah dengan ukuran yang ideal untuk tubuh kita, pastikan bisa aman dan nyaman selama kita memakainya..

Helmet

Helm safety merupakan alat untuk melindungi kepala dari benturan benda yang bisa mengakibatkan cedera ringan sampai parah. Safety Helmet wajib dipakai di semua area proyek / semua area yang mempunyai resiko kepala terbentur atau tertimpa benda.

Safety Shoes

Semua awak kapal wajib dilengkapi dengan safety shoes. Safety shoes wajib dipakai di semua area proyek,/ semua area yang mempunyai resiko kaki terluka atau tertimpa oleh benda. Untuk cara memilih sepatu safety, telah kita ulas di >> Jangan Salah Ini Dia Cara Memilih Sepatu Safety Yang Tepat Untuk Pekerjaan.

Sarung Tangan

Ada 3 macam sarung tangan yang kita pakai. Sarung tangan katun / kain, digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan manual yang mempunyai resiko tangan terluka oleh benda kerja, misalnya pekerjaan pengankatan benda / barang, pekerjaan mekanik, dan pekerjaan manual lainnya.

Sarung tangan kulit, digunakan untuk pekerjaan yang menimbulkan percikan api atau mempunyai resiko tangan terbakar, misalnya pekerjaan las.

Sarung tangan karet / latex, digunakan untuk pekerjaan yang terkait dengan penanganan bahan kimia. Dan sarung tangan kulit chrome, wajib digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan perbaikan instalasi listrik tegangan tinggi.

Pelindung Mata (Goggles)

Safety goggles dapat melindungi mata dari percikan benda asing yang datangnya dari depan, samping, bawah dan atas. Safety Goggles wajib dikenakan ketika bekerja pada pekerjaan yang mempunyai resiko terkena percikan benda / bahan dari semua arah.

Ear Muff/plug

Wajib digunakan ketika masuk ke area yang menimbulkan tingkat kebisingan tinggi, atau disekitar / disekeliling orang yang melakukan pekerjaan dengan tingkat kebisingan tinggi, misalnya masuk genset room, pekerjaan gauging, impact, memukul dengan hammer, di area pompa / multiflow, dan lainnya..

Body Harnes

Safety harness wajib dipakai oleh pekerja yang bekerja diatas ketinggian lebih dari 2 meter, seperti di atas atap bangunan, di atas tiang listrik, repair di boom / arm excavator, dll. Safety harness tidak wajib dipakai untuk pekerja yang di atas tangki air, tangki solar yang sudah dilngkapi dengan pagar pengaman.

Masker

Masker digunakan untuk melindungi saluran pernafasan dari kemasukkan benda asing, seperti debu atau uap kimia yang beracun. Masker wajib dipakai ketika pekerja berada di area yang mempunyai resiko terhirupnya benda asing ke saluran pernafasan. Type masker yang digunakan tergantung dari jenis benda yang berpotensi terhirup ke saluran pernafasan. Jika debu, digunakan masker debu, misalnya untuk checker, trafficman, dll. Jika uap / zat kimia, digunakan masker kimia, misalnya blaster, welder, dll.
Pelampung

Baju pelampung wajib dipakai oleh peker yang bekerja di perairan, seperti di tengah laut. Sehingga ketersediaan alat ini sangat diperlukan untuk awak kapal yang bekerja ditenga laut

Apron & Leg Protector

Apron adalah alat pelindung khusus & wajib digunakan oleh welder untuk melindungi radiasi sinar las. Leg protector adalah pelindung lengan untuk melindungi tangan dari percikan bunga api dari aktivitas pengelasan.

Demikianlah 10 Alat Keselamatan Kerja Kapal Laut yang Perlu Diperhatikan, semoga bermanfaat

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "10 Alat Keselamatan Kerja Kapal Laut yang Perlu Diperhatikan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel