Jangan Salah Ini Dia Cara Memilih Sepatu Safety Yang Tepat Untuk Pekerjaan

Cara Memilih Sepatu Safety Yang Tepat Untuk Pekerjaan
Sepatu safety adalah salah satu Alat pelindung diri yang penggunaannya sangat tergantung dengan kondisi dan tempat. Alat Pelindung diri (APD) sesuai namanya untuk melindungi pekerja dari kecelakaan kerja. Sehingga jika salah memilih sepatu safety bisa berakibat fatal bagi keselematan kerja.

Umumnya khalayak umum beranggapan sepatu safety adalah sepatu yang memiliki bobot yang berat dan juga besar, sehingga melihatnya saja akan merasa kecapean. Belum lagi jika mengetahui ada besi pada bagian jari sepatu safety, tentu akan menambah image orang awam kalau sepatu safety adalah sepatu yang benar benar tidak nyaman dipakai.

Dalam memilih sepatu safety ada 2 hal utama yang perlu diperhatikan, yaitu Aman dan Nyaman. 2 hal tersebut setidaknya harus terpenuhi dalam memilih sepatu safety. Karena jika sepatu safety hanya aman tapi tidak nyaman, maka tentu akan memberatkan pekerja dalam aktifitas kerja. Dan bisa saja kecelekaan kerja terjadi karena ketidaknyamanan memakai sepatu safety tersebut.

Saat ini, untuk mendapatkan sepatu safety yang aman dan nyaman tidaklah terlalu sulit. Ada banyak brand dan pabrikan sepatu yang mengeluarkan sepatu safety dengan berbagai kebutuhan dan kelebihan yang juga tentunya dengan stylish dan gaya terkini.

Lalu apa saja sih cara dan tips untuk memilih sepatu safety yang tepat ? Berikut ulasannya

Perhatikan Bahan Sepatu Safety

Bahan sepatu safety yang baik adalah tidak tipis dan tahan terhadap gesekan. Jangan memilih bahan sepatu safety yang keras karena akan dapat melukai kaki dan membuat tidak nyaman. Jika dilihat di pasaran, anda mungkin menemukan sepatu safety dengan tambahan besi di bagian dalam. Besi tersebut bisa menjadikan sepatu Anda lebih kokoh, kuat dan tahan lama. Tentu bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan jitu. Namun, hindari sepatu berbahan kulit bila Anda bekerja di tempat yang lembab dan kemungkinan besar bertemu cairan. Sepatu berbahan karet atau plastik bisa menjadi pilihan terbaik.

Bagian sol sepatu sebaiknya terbuat dari bahan rubber berkualitas tinggi. Tentunya, Anda musti melakukan pengecekan, apakah outsole dari sepatu itu licin atau tidak. Bila licin, sebaiknya hindari, karena bisa mengakibatkan hal yang buruk bagi Anda. Akan sangat baik memilih sepatu dengan outsole yang dapat mencengkeram medan yang diinjak dengan baik. Sebab, selain mengurangi resiko terpeleset, juga menjadikan kinerja Anda lebih baik dan nyaman.

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli sepatu safety jenis boots untuk Anda adalah kualitas dan ketahanan. Tolok ukur untuk kualitas adalah bahannya dan teknologi yang digunakan untuk pembuatan sepatu tersebut. Bila perlu, teknologi yang disematkan di dalam sepatu tersebut juga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Sepatu berbahan PVC, rubber dan kulit bisa saja Anda pertimbangkan. Hanya saja, untuk pekerja lapangan seperti pertambangan, tambang minyak, pabrik kimia, bangunan dan sebagainya, akan sangat pas bila Anda menggunakan sepatu berbahan dasar PVC tersebut. Bahkan, sepatu dengan PVC Injection Technology bisa menjadi pilihan jitu bagi Anda.

Memilih Sesuai Kondisi Pekerjaan

Sepatu safety yang bagus untuk lingkungan pabrik beton belum tentu bagus untuk kondisi di pertambangan atau di pabrik kimia. Sehingga peruntukan sepatu safety tersebut juga harus disesuaikan dengan jenis sepatu safety yang akan dibeli.

Misalkan safety safety yang dikhusukan untuk pengaspalan dipakai oleh seorang koki restoran tentu tidak tepat dan tidak fungsional. Untuk koki restoran sebaiknya memakai sepatu safety yang tahan terhadap slip dan minyak. Ukuran sepatu tidak terlalu tinggi tapi cukup sampai mata kaki.

Pekerja beresiko yang mengandung bahaya bahan kimia, diwajibkan sepatu dengan spesifikasi ACID RESISTANT atau CHEMICAL RESISTANT, hingga pengguna terhindar dari kemungkinan cacat karena terkena tumpahan bahan kimia berbahaya. Bisa memakai model pendek atau sedang, dianjurkan yang slip on (tidak bertali) agar lebih praktis.

Proyek pengaspalan biasanya berlangsung kurun waktu 3 sampai 6 bulan hingga tetap diperlukan sepatu dengan bahan kulit asli dan sol karet. Biasanya sepatu yang dipakai diarea ini yaitu jenis sepatu safety tahan panas yang memang khusus untuk medan kerja yang ekstrim. Sebaiknya memilih jenis sepatu safety tanpa tali atau memakai resleting samping, hingga sepatu tetap awet walau terkena aspal cair yang masih mendidih. Sepatu low cut bertali terasa kurang praktis dan akan mudah putus.

Untuk Proyek Konstruksi Pakai Sepatu middle boot yang menutup mata kaki. Untuk menghindari tertusuk paku maka dianjurkan menambahkan PLAT BESI pada telapak kaki (didalam sol).

Wilayah lingkungan pertambangan adalah salah satu lingkungan kerja dengan kemungkinan tinggi (high risk environment) hingga diperlukan sepatu dengan spesifikasi khusus, Jenis boot tinggi 24 sampai 28 cm (membuat perlindungan mata kaki dan betis). Bagi pekerja petambangan minyak bumi disarankan memakai sol PU karena lebih anti slip. Sol karet pentil (sol DR Rubber) tahan benda tajam untuk pertambangan batu bara dan bijih besi. Bisa pula sol PU dengan penambahan pelat besi didalam sol untuk menghindar tusukan paku atau benda tajam beda.

Demikianlah cara memilih sepatu safety yang baik, semoga bermanfaat dan anda bisa menentukan jenis sepatu safety yang tepat, aman dan nyaman untuk dipakai.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Jangan Salah Ini Dia Cara Memilih Sepatu Safety Yang Tepat Untuk Pekerjaan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel