Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Cara Jitu Agar Cepat Lulus Kuliah di Jurusan Teknik Sipil

Kuliah di teknik sipil memang terkenal dengan lama kuliahnya. Banyak mahasiswa yang mengambil jurusan teknik sipil mengeluhkan tentang susahnya untuk wisuda tepat waktu. Bukan hanya untuk wisuda tepat waktu tapi juga jurusan teknik sipil terkenal dengan susahnya untuk mendapat nilai A.

Untuk lulus di jurusan teknik sipil memang harus banyak melalui tahap tahap dan proses yang melelahkan. Lalu harus berapa lama sih sebenarnya kuliah di teknik sipil ? Hal ini sudah pernah kita bahas di sini.

Lulus dan wisuda tepat waktu di jurusan teknik sipil sebenarnya bukanlah hal yang mustahil. Jika bisa memanage waktu yang digunakan dengan efisien dan sebaik mungkin tentu bisa lulus dengan mudah. Berikut 7 cara jitu supaya kamu cepat lulus kuliah dan bisa wisuda tepat waktu.

Ikuti Arahan Dosen

Tahap pengerjaan tugas akhir memang paling berat bagi seorang mahasiswa Teknik karena disini, akan banyak hal yang harus dipelajari dan dilalui. Mulai dari menentukan tema atau judul skripsi yang ingin diambil, penelitian, penyusunan skripsi, perbaikan atau revisi hingga sidang.

Pada tahap ini, perlu banyak melakukan konsultasi dengan dosen agar mahasiswa bisa dengan mudah dan terbantu dalam pengerjaan skripsi. Biasanya, jika ada kekurangan atau perbaikan yang harus dilakukan oleh mahasiswa, dosen pembimbing akan memberikan arahan dan saran.

Disinilah mahasiswa perlu mendengarkan secara seksama setiap arahan yang diberikan. Lakukan setiap arahan dari dosen dengan benar dan segera. Jangan menunda-nunda karena hal ini akan berakibat pada semakin lamanya pengerjaan skripsi, dan itu berarti semakin lama pula kamu bisa lulus dari kampus Teknik.

Rajin Masuk Kuliah

Ada yang bilang bahwa “orang pintar akan kalah dengan orang yang rajin”, mungkin ini ada benarnya. Saat jadi mahasiswa Teknik, kamu dituntut untuk rajin jika ingin cepat lulus. Rajin dalam belajar, mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas, mengumpulkan bahan kuliah sampai rajin konsultasi dengan dosen saat Tugas Akhir. Percayalah, mau sepintar apapun kamu, jika malas-malasan, hal ini bisa jadi penyebab kamu terlambat lulus.

Konsep Berhitung yang Matang

Jurusan teknik sipil merupakan bagian dari Fakultas Teknik, di Fakultas teknik semua bidang ilmu eksak di pelajari di masing masing bagian jurusan. jadi sudah pasti perkuliahan di teknik tidak jauh dengan hal hitung-hitungan angka. Ini salah satu syarat penting jika kamu mau lulus dengan cepat, tidak hanya harus suka tapi juga mahir menghitung.

Dari pengalaman, mahasiswa yang lemah dalam hitung-menghitung otomatis akan merasa kesulitan dalam menghadapi berbagai tugas kuliah yang memerlukan kemahiran menghitung dan menerapkan angka ke dalam rumus, meski sebagian perhitungan nanti ada yang boleh menggunakan alat bantu seperti Ms. Excel, namun perlu juga memahami perhitungan secara manual.

Selesaikan Tugas Tepat Waktu

Kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh mahasiswa Teknik adalah sering menunda-nunda mengerjakan tugas, alhasil tugas yang tadinya sedikit jadi menumpuk. Kalo sudah begini, pasti ujung-ujungnya malas mengerjakan.

Banyak Bertanya dan Berdiskusi

Seorang mahasiswa tidak hanya harus mengerti tentang apa saja yang sudah dipelajari, tetapi juga dituntut untuk berpengetahuan luas. Oleh karena itu, hendaknya selalu meng-upgrade pengetahuan dan wawasan dengan banyak bertanya dan berdiskusi kepada orang yang lebih paham, bisa teman, dosen, kakak senior dan lainnya.

Aktif Kuliah dan Mencatat

Aktif kuliah dan mencatat merupakan hal penting yang harus dilaksanakan jika ingin lulus tepat pada waktunya. Dengan mencatat sebenarnya membuat kita lebih mengingat akan hal hal yang kita catat. Selain itu jangan biasakan untuk kebiasaan buruk"titip absen", dengan ikut aktif kuliah maka informasi dan perkuliahan dapat diserap dengan mudah. Terutama saat ada kurang paham, bisa langsung bertanya kepada dosen.

Kuasai Software yang Sering Dipakai

Ada beberapa software yang dipakai untuk menunjang pengerjaan tugas, software ini biasanya sangat dibutuhkan saat bekerja nanti, khususnya jika bekerja sesuai bidang. Pelajari dan kuasai dengan baik cara penggunaan software karena bisa jadi, ini juga dipakai saat kamu mengerjakan Tugas Akhir.

Jika masih belum terlalu mahir, kamu bisa minta bantuan teman atau kakak senior untuk mengajari kamu sampai bisa. Siapa tahu, dengan keahlian kamu menggunakan software, bisa jadi cara mendapatkan pekerjaan sampingan.

Nah, itu dia 7 tips agar bisa lulus dengan cepat dari kampus Teknik. Bagi kamu yang saat ini sedang menempuh kuliah di jurusan Teknik, bisa mulai menerapkan tips di atas tadi. Semoga saja bisa membantu khususnya untuk kamu yang punya target lulus cepat.

Demikianlah 7 Cara Jitu Agar Cepat Lulus Kuliah di Jurusan Teknik Sipil, Semoga bermanfaat dan bisa anda terapkan.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "7 Cara Jitu Agar Cepat Lulus Kuliah di Jurusan Teknik Sipil"