Gaji Lulusan Sarjana Teknik Sipil

Banyak yang mencari berapa sih sebenarnya gaji seorang sarjana teknik sipil ? berapa gaji pokok sarjana teknik sipil ? apa saja fasilitas yang akan didapatkan oleh seorang pekerja yang notabenenya adalah seorang sarjana teknik sipil ?

Sebenarnya saya sudah pernah membahas ini dengan beberapa pendekatan di Gaji Freshgraduate Sarjana Teknik Sipil.  Walaupun yang dibahas tentang sarjana fresgraduate tapi akan sangat sulit untuk memberi patokan berapa sebenarnya Gaji seorang sarjana teknik sipil.

Tempat dan lokasi serta jenis pekerjaan bisa memberikan nilai standard yang berbeda terhadap gaji yang akan diberikan kepada seorang sarjana teknik sipil. Beban tanggung jawab yang diterima oleh sebuah jabatan dalam suatu proyek berbeda satu sama lain. Kelas dan besarnya proyek juga punya pengaruh terhadap nilai gaji yang akan diterima sehingga jumlah nilai gaji yang didapat bisa berbeda.

Tapi karena banyak yang penasaran berapa sih gaji teknik sipil maka akan saya berikan beberapa gambaran berikut ini

Gaji Lulusan Sarjana Teknik Sipil

Berikut daftar gaji lulusan sarjana teknik sipil

  • Drafter = Rp.5.500.000,-/bulan
  • Pelaksana Proyek = Rp.6.500.000,-/bulan
  • Surveyor / Uitzet = Rp.6.500.000,-/bulan
  • Quality Qontrol = Rp.8.000.000,-/bulan
  • Quantity Surveyor = Rp.8.000.000,-/bulan
  • Site Manager = Rp.16.000.000,-/bulan
  • Project Manager = Rp.25.000.000,-/bulan
  • General Manager = Rp.30.000.000,-/bulan
  • Direktur Kontraktor = Rp.50.000.000,-/bulan
  • Perencana Struktur = Rp.8.000.000,-/bulan
  • Direktur konsultan perencana = Rp.30.000.000,-/bulan
  • Pengawas proyek / management konstruksi = Rp.8.000.000,-/bulan
  • Manager Teknik = Rp.15.000.000,-/bulan
  • Construction Engineer = Rp.8.000.000,-/bulan
  • HSE Supervisor = Rp.10.000.000,-/bulan
  • Project Control = Rp.8.000.000,-/bulan

Jumlah dan nilai nominal tersebut diatas adalah angka perkiraan yang mungkin bisa berbeda antara proyek satu dengan yang lainnya.

Selain gaji tersebut diatas sebenarnya masih ada fasilitas lain yang bisa didapatkan oleh sarjana teknik sipil. Umumnya didalam sebuah proyek pasti sudah disiapkan tempat tinggal untuk para pekerja dan karyawannya, seperti misalnya mess karyawan yang lengkap dengan fasilitasnya.

Bahkan ada juga proyek yang memiliki kantin dimana karyawan diberikan jatah sekali makan siang sehingga tidak perlu lagi keluar gaji untuk makan siang.

Sedangkan untuk jabatan selevel manager akan diberikan fasilitas mobil operasional yang untuk mempermudah urusan operasional baik itu urusan intern maupun ekstern kantor/proyek, yang tentunya juga diberikan jatah bahan bakar.

Fasilitas lainnya adalah BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Para karyawan akan diberikan fasilitas bpjs, Baik itu Bpjs Jaminan Hari tua, Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan yang manfaatnya sangat besar bagi karyawan.

Lalu dalam sebuah proyek bukanlah hal yang mustahil untuk mendapatkan bonus. Dengan adanya bonus maka pendapatan karyawan juga bisa bertambah. Bonus diberikan terkait dengan kinerja seseorang ataupun progres keseluruhan dari sebuah proyek.

Pendapatan lain yang didapatkan oleh karyawan adalah THR, dimana THR (tunjangan hari raya ) diberikan yang pada umumnya pada saat lebaran idul fitri.

Yang terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan bekerja maka akan didapatkan sebuah pengalaman. Tidak bisa dipungkiri, pengalaman dalam sebuah bidang pekerjaan akan sangat berpengaruh dengan nilai besar kecilnya gaji yang diterima.

Dengan pengalaman kerja yang lumayan lama maka besar kemungkinan gaji yang diterima akan sangat bertambah dari dari nilai gaji diatas. Misalkan Project Control freshgraduate mendapat gaji Rp.5.000.000,-/bulan  sedangkan sarjana yang pengalaman 2-3 Tahun Rp.8.000.000,-/bulan maka sarjana yang punya pengalaman 5-10 tahun bisa mendapat gaji 2 kali lipat yaitu sekitar Rp.15.000.000,-/bulan.

Demikianlah daftar gaji sarjana teknik sipil, selain itu jangan lupa dalam bekerja harus ikhlas dan dengan niat ibadah agar nantinya kita mendapatkan manfaatnya kelak.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Gaji Lulusan Sarjana Teknik Sipil"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel