Konsep Dan Pelaksanaan Tunnel Penghubung MNC News Center (2)

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu Konsep Dan Pelaksanaan Tunnel Penghubung MNC News Center.

Aturan Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan 

Peraturan  Menteri  Pekerjaan  Umum Nomor 13 /PRT/M/2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan Pasal 1 mendefinisikan underpass sebagai bangunan pelengkap, berikut adalah Pasal 1 nomor 1, 2 dan 3 yaitu:

  1. Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalulintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel. 
  2. Jalan Umum adalah jalan yang di peruntukan bagi lalu lintas umum. 
  3. Bangunan pelengkap adalah bangunan untuk mendukung fungsi dan keamanan konstruksi jalan yang meliputi jembatan, terowongan, ponton, lintas atas (flyover, elevated road), lintas bawah (underpass), tempat parkir, gorong-gorong, tembok penahan, dan saluran tepi jalan dibangun sesuai dengan persyaratan teknis. 

Keuntungan Tunnel Penghubung

Terowongan biasa digunakan untuk lalu lintas kendaraan, maupun para pejalan kaki atau pengendara sepeda. MNC Land menerapkan fungsi terowongan tersebut sebagai akses mobilitas antar gedung di kawasan MNC Land, yang menghubungkan MNC Tower, MNC News Center dan MNC Financial Center.
Gambar potongan tunnel penghubung A-A
Konstruksi Tunnel Penghubung ini memberikan beberapa keuntungan untuk kawasan MNC Land ini, diantaranya:
  1. Memberikan mobilitas dan aksesibilitas yang lebih  cepat dan lancar, guna peningkatan kinerja lalu lintas di kawasan MNC Land. 
  2. Kelancaran mengakibatkan penurunan emisi gas buang, karena kendaraan yang jalan pada kecepatan rendah akan lebih tinggi ketimbang berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi. 
Borepile dan Pilecap Sebagai Komponen Tunnel Penghubung

Tunnel penghubung yang berada di proyek MNC News Center memiliki panjang 4850 mm dan panjang 11630 mm. Tunnel penghubung ini memiliki beberapa komponen struktur yang menjadi satu, komponen tersebut yaitu borepile, pilecap dan pelat lantai.

Fondasi borepile adalah fondasi tiang dalam berbentuk tabung yang berfungsi meneruskan beban bangunan kedalam permukaan tanah. Fungsinya sama dengan fondasi dalam lainya seperti pancang. Bedanya ada pada cara pengerjaannya.

Pengerjaan borepile dimulai dengan pelubangan tanah dahulu sampai kedalaman yang diinginkan, kemudian pemasangan tulangan besi yang dilanjutkan dengan pengecoran beton. Pilecap digunakan sebagai fondasi untuk mengikat tiang pancang dengan struktur diatasnya yaitu tea beam dan slab.
Plat Lantai Sebagai Komponen Tunnel Penghubung

Pelat lantai pada tunnel penghubung konsepnya sama dengan pelat lantai pada umumnya, hanya saja pelat lantai yang berada pada struktur atas memiliki ketebalan 12 sampai 15 cm, pada tunnel penghubung tebal pelat lantainya memiliki tebal 45 cm. pada sisinya merupakan sendi jepit, digambarkan dengan sisi tunnel yang berhubungan dengan MNC Tower ada deletasi dan pelambahan expansion joint.

Pelaksanaan Tunnel Penghubung

Alat dan Bahan yang Digunakan

Alat-alat yang canggih sangat berpengaruh terhadap mutu dan kualitas produk. Untuk pelaksanaan Tunnel penghubung ini membutuhkan alat dan bahan yang tepat serta operator yang handal untuk mencapai kekuatan dan efisiensi yang telah direncanakan. Berikut alat-alat dan fungsinya.

Excavator
Alat berat yang terdiri dari lengan (arm), bahu (boom) serta alat keruk (bucket) dan digerakkan oleh tenaga hidrolis yang dimotori dengan mesin diesel dan berada di atas roda rantai (trackshoe). Excavator merupakan alat berat paling serbaguna karena bisa menangani berbagai macam pekerjaan alat berat lain.
Sesuai dengan namanya, alat berat ini memiliki fungsi utama untuk pekerjaan penggalian. Namun tidak terbatas itu saja, excavator juga bisa melakukan pekerjaan kontruksi seperti membuat kemiringan (sloping), memuat dumptruck (loading), pemecah batu (breaker), dan keperluan penggalian fondasi. 

Bored Pile Gawangan 
Dengan alat ini bisa dilaksanakan pengeboran dengan pilihan diameter 30 cm, 40 cm, 50 cm, 60 cm hingga 80 cm. Biasanya menggunakan sistem Wet Boring (Bor Basah), dibutuhkan air yang cukup banyak untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan. 
Pestisida Anti Rayap Cypergard® 100 EC
Pestisida Anti Rayap Cypergard® 100 EC adalah pestisida yang diformulasikan khusus untuk mengendalikan rayap tanah dan rayap kayu didaerah tropis khususnya Indonesia. Cypergard® 100 EC juga dapat diaplikasikan pada mebel rumah tangga ataupun tanaman yang terserap rayap. 

Cypergard® 100 EC diformulasikan dalam bentuk EC (Emulsifiable Consentrate) agar mudah dalam penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungan karena bisa diencerkan dengan air dan minyak tanah. Cypergard® 100 EC mengandung MGK yang berperan sebagai sinergi untuk meningkatkan efektivitas dan umur bahan aktif 3,5 kali lebih kuat.

Expansion Joint
MS ImperSeal adalah Expansion Joint yang digunakan untuk sistem delatasi yang terbuat dari bahan karet sintetis Neoprene, dengan perekat memakai bahan epoxy. MS ImperSeal mempunyai desain yang unik, dimana profil karet diperkenankan untuk difungsikan dalam kondisi terjepit. Ketika profil karet dimasukkan ke dalam celah delatasi, profil akan menutupi celah terhadap air maupun kotoran lainnya. 
Keunggulan expansion joint ini diantaranya yaitu tahan terhadap ozon, minyak, sinar ultraviolet dan bahan kimia, dapat digunakan pada berbagai delatasi struktur baik untuk jembatan maupun delatasi gedung, dapat dipasang pada permukaan beton ataupun besi siku, bersifat kedap air dan mudah dipasang.
Penulis, Alvian Ardiansyah, ST. KNOWLEDGE MANAGEMENT Penerapan Teknologi Konstruksi
Daftar Pustaka :
Peraturan  Menteri  Pekerjaan  Umum No. 13 /PRT/M/2011, 2011, Tata CaraPemeliharaan dan Penilikan Jalan, Menteri Pekerjaan Umum, Jakarta 
Schmertmann, John H., 1978, Guidelines for Cone Penetration Test (Performance andDesign), U.S. Department of Transportation Federal Highway Administration (HDV-22),Washington, D.C 
Land Use Planning & Policy, 2010, Downtown Underpass Urban Design Guidelines, TheCity Of Calgary Records & Information Management (RIM) Development & Building Approvals, Calgary .

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Konsep Dan Pelaksanaan Tunnel Penghubung MNC News Center (2)"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel