Konsep Dan Pelaksanaan Tunnel Penghubung MNC News Center

MNC News Center dirancang menjadi kantor berita terpadu bagi MNC Media yang mencakup Televisi, Media Cetak, Radio dan Media Online. MNC News Center akan secara lengkap mencerminkan suatu kantor berita terpadu dan keberadaannya akan menjadi sangat penting bagi penerbitan dan distribusi berita nasional.

PT. MNC Land membangun gedung perkantoran baru yang khusus dipergunakan untuk penyiaran berita. MNC Land sebagai pemilik gedung perlu membangun gedung perkantoran baru yang lebih fokus di penyiaran berita untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada sebagai wujud nyata pelayanan kepada masyarakat.

Pembangunan gedung perkantoran baru ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan berita dengan harapan informasi tersebut bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Berita merupakan sumber informasi yang tengah populer saat ini, informasi yang disajikan adalah informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan melalui media elektronik maupun media masa.

Berita menjadi kebutuhan bagi masyarakat, penduduk Indonesia memerlukan berita yang aktual setiap harinya, oleh karena itu PT. MNC Land berusaha memenuhi kebutuhan tersebut dengan membangun sarana dan prasarana yang dapat meningkatkan produktivitas dan pelayanan.

Pembangunan gedung perkantoran yang baik perlu memenuhi beberapa aspek, meliputi aspek kenyamanan gedung dan yang terpenting adalah kelayakan konstruksi gedung, aspek keindahan juga perlu di perhitungkan agar bangunan memiliki nilai apresiasi dari masyarakat yang melihatnya.
Perluasan komplek gedung perkantoran MNC membuktikan bahwa industri broadcasting di Indonesia mengalami peningkatan. Kebutuhan akan ruangan kantor yang baru menjadi latar belakang PT. MNC Land untuk memperluas komplek gedung perkantorannya dengan membangun gedung baru yaitu MNC News Center, MNC Financial Center dan beberapa gedung perkantoran lain.

Gedung Perkantoran MNC News Center dibangun secara bertahap mulai dari perencanaan struktur, arsitektur, mechanical electrical, desain interior serta landscape. Setelah tahap tersebut, dimulailah tahap konstruksi pembangunan gedung Perkantoran MNC News Center. Perencanaan pembangunan Perkantoran MNC News Center diharapkan menjadi salah satu upaya meningkatkan fungsi dan peranan gedung, sehingga tepat dan efisien.
Dalam suatu proyek konstruksi beberapa hal yang dapat disampaikan salah satunya adalah informasi umum tentang pembangunan proyek ini, diantaranya. MNC News Center dibangun bersebelahan dengan gedung MNC grup yang sudah ada sebelumnya yang berlokasi di Jalan KH. Wahid Hasyim Kebon Sirih No. 36 - 38,Jakarta Pusat 10350.

Secara organisasi sudah jelas bahwa pemilik proyek adalah PT. MNC Land Tbk. Struktur bangunan di design oleh PT. Deserco Development S. Berikutnya adalah Konsultan Manajemen Konstruksi yang berwenang untuk mengawasi langsung jalannya proses konstruksi yaitu oleh PT. Prosys Bangun Persada. Sedangkan Arsitek di tangani oleh PT. Airmas Asri. Konsultan Mechanical & Electrical PT. Meco Systech Internusa, dan Konsultan Quantity Surveyor dipegang oleh PT. Korra Antarbuana.

Pelaksana atau Kontraktor Utama dalam pembangunan gedung ini dengan Joint Operation yang dilaksanakan oleh STC dan NRC, juga yang terpenting adalah bagian Fondasi dilaksanakan oleh PT. Borpile Land.

MNC News Center dibangun dengan spesifikasi teknis luas tanah ± 13.169 m2 dan total luas bangunan ± 62.422 m2. Terdiri dari 15 lantai, 1 mezanine dan 3 basement. Secara fungsinya basement dalam gedung MNC News Center digunakan sebagai area parkir kendaraan, core lift, gudang, ramp, dan ruang logistik.

Tinggi elevasi per lantai bervariasi mulai yang terendah adalah 3200 mm dan yang paling tinggi adalah lantai dasar setinggi 6000 mm. Jadi, total tinggi gedung MNC News Center setinggi 73000 mm atau setara 73 meter.

Aksesibilitas merupakan ukuran kenyamanan atau kemudahan suatu tata guna lahan berinteraksi satu sama lain dan mudah atau susahnya lokasi tersebut dicapai melalui sistem jaringan transportasi (Black, 1981). 

Definisi mudah atau susah setiap orang pasti berbeda-beda, karena penilaian ini cenderung bersifat subjektif. Sebagian orang ada yang menilai aksesibilitas dipengaruhi oleh jarak dari dua lokasi. Artinya makin pendek jarak 2 lokasi maka makin tinggi aksesibilitasnya, karena mudah untuk dijangkau.

Tetapi bagaimana pada saat terjadi macet, secara otomatis tempat yang kita tuju tidak mudah dijangkau lagi walaupun pada kenyataannya jaraknya dekat bahkan mungkin dekat sekali. Sehingga orang pun akan menganggap bahwa waktu lebih tepat untuk menentukan aksesibilitas pada suatu tata guna lahan dari pada jarak.
Peningkatan aksesibilitas dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem transportasi seperti pelebaran jalan, pembuatan jalan baru, termasuk juga Tunnel penghubung yang menghubungkan MNC News Center dengan MNC Tower dan MNC Finance Center. Ketiga gedung ini memiliki jarak yang dekat antar gedungnya, karena dalam satu kawasan.

Konsep untuk menghubungkan ketiga gedung ini agar mobilitas dan komunikasi antar gedung milik MNC Land ini cepat terhubung, kemacetan yang sering terjadi di jalan srikaya pun menjadi pertimbangan dalam pembuatan Tunnel penghubung ini.

Konsep Tunnel Penghubung

Tunnel atau biasa didengar dengan sebutan terowongan adalah sebuah tembusan di bawah permukaan tanah atau gunung. Beberapa ahli teknik sipil mendefinisikan terowongan sebagai sebuah tembusan di bawah permukaan yang memiliki panjang minimal 0.1 mil (160,9344 meter), dan yang lebih pendek dari itu lebih pantas disebut underpass.

Underpass adalah lawan dari overpass atau flyover, dimana overpass atau flyover adalah jalan yang dibangun tidak sebidang melayang menghindari daerah / kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas, melewati persilangan kereta api untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan efisiensi.

Underpass adalah jalan melintang di bawah jalan lain atau persilangan tidak sebidang dengan membuat terowongan di bawah muka tanah. Tunnel penghubung yang berada pada proyek MNC News Center memiliki panjang 4850 mm atau 4,85 meter saja, bila dilihat dari definisi beberapa ahli teknik sipil tunnel penghubung ini dapat dikategorikan sebagai underpass.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Konsep Dan Pelaksanaan Tunnel Penghubung MNC News Center"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel