Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tahap-tahap Pemasangan Panel Lantai Baliton-CLC (Balok Lantai Beton - Cellular Lightweight Concrete)

 Tahap-tahap Pemasangan Panel Lantai Baliton-CLC (Balok Lantai Beton - Cellular Lightweight Concrete)
Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya,  yaitu Inovasi Cor Mudah Dengan Baliton-CLC (Balok Lantai Beton - Cellular Lightweight Concrete)

Baliton-CLC memiliki keunggulan kompetitif penggunaan beton ringan dibandingkan dengan material bangunan tradisional seperti isolator suara yang bersifat kedap suara, tahan terhadap kelembaban dan mempunyai daya serap air yang kecil.

Sehingga tidak memerlukan penyelesaian yang bersifat melindungi misalnya menunggu beton mengering selama minimal 14 hari agar dapat membongkar bekisting serta kebersihan terhadap lingkungan membuat keamanan pemakaian komponen terjamin penuh bagi orang yang menggunakannya.  Tetapi, kelemahan Baliton-CLC yaitu masih sulit ditemukan di toko bangunan.

Dilihat dari material yang digunakan, beton Baliton-CLC menggunakan tulangan besi ulir dan didalamnya menggunakan eraman besi yang standar untuk ngecor lantai beton.

Ngecor pakai Baliton-CLC tanpa menyediakan bekisting, kayu kaso dan papan kayu lapis untuk perancak cetak dimana biayanya mencapai 35% dari proses produksinya.

Sehingga harga material Baliton-CLC jelas lebih murah dari pada harga material cor dak konvensial. Harga material Baliton-CLC pada tahun 2016 Full + jasa pemasangan dan jasa ngecor tipis diatas baliton adalah Rp 625.000/m2. Sedangkan biaya cor dak konvensional saat ini berkisar Rp 780.000-Rp 800.00/m2.

Tahap-tahap Pemasangan Panel Lantai Baliton-CLC

Tahap-tahap pemasangan panel lantai Baliton-CLC adalah sebagai berikut:

  1. Pengecekan gambar kerja perletakan panel lantai Baliton-CLC dengan keadaan lapangan.
  2. Ukur jarak bentang.
  3. Pastikan balok telah rata dan siap untuk digunakan.
  4. Menaikkan panel lantai Baliton-CLC
    Menaikkan panel lantai Baliton-CLC.
  5. Pemberian thin bed mortar pada tumpuan balok dan sambungan antara panel lantai Balition-CLC.
  6. Perletakkan panel lantai Baliton-CLC.
  7. Pastikan panel lantai Baliton-CLC telah tertumpu di balok dengan benar dan sesuai dengan standar.
  8. Pasang besi pengisi panel lantai Baliton-clc dan ikatkan pada angkur yang ada.
    ikatan besi pada angkur
  9. Isikan semen grounting pada celah panel lantai.
    semen grounting pada celah panel lantai
  10. Panel lantai Baliton-CLC siap dipakai.
Proses Pengerjaan pelat lantai Baliton CLC
pelat lantai baliton clc siap pakai
Pelat lantai baliton clc

Selain itu, Panel Baliton-CLC dapat dibuatkan lubang sesuai dengan kebutuhan, salah satunya untuk pemasangan paralon. Panel Baliton-CLC dicetak kedalam bentuk lembaran sehingga tidak memerlukan proses pengecoran dalam konstruksi sehingga untuk mendapatkan kekuatan yang sempurna dibutuhkan tulangan baja yang terdapat didalam panel Baliton-CLC. 
Contoh rumah sederhana Baliton CLC
Ruko dengan pelat lantai baliton clc
Dengan kekuatan dan ketahan yang sama, panel Baliton-clc mempunyai berat yang lebih ringan dari cor konvensional. Sehingga mempercepat estimasi dan aplikasi pembangunan. Dan oleh karena itu penggunaan panel Baliton-CLC merupakan pilihan yang tepat dan efisien untuk meningkat dan mengecor dak lantai.

Penulis, Dwi Citra Hapsari,S.Pd. KNOWLEDGE MANAGEMENT Penerapan Teknologi Konstruksi
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for " Tahap-tahap Pemasangan Panel Lantai Baliton-CLC (Balok Lantai Beton - Cellular Lightweight Concrete)"