Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kelebihan Dan Kekurangan Dak Keramik Beton Komposit (Keraton)

Kelebihan dan kekurangan dak keramik beton komposit keraton
Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu Dak Keraton, Dak Keramik Komposit Beton Untuk Pelat Lantai.

Kelebihan Dak Keraton (Keramik Komposit Beton)

Keramik Komposit Beton (KERATON) merupakan teknologi alternatif untuk membuat struktur dak lantai selain dari bahan beton. Lalu apa saja kelebihan dari penggunaan teknologi ini ? Berikut Kelebihan dari penggunaan dak keramik beton.

Ekonomis
Lebih ekonomis dibandingkan dengan beton Dak beton dibentuk dari pasir, batu pecah dan semen kemudian diberi tulangan baja. Bila menggunakan keraton, maka pemakaian beton dapat dihemat hingga 60%.
Dak keraton Ekonomis
Ekonomis
Ini karena pengecoran beton hanya dilakukan pada lapisan diatas keraton (setebal 1-3cm) dan celah antara satu keraton dengan keraton lainnya. Tulangan baja yang digunakannya pun juga lebih sedikit karena menggunakan sistem tulangan searah.

Tanpa Bekisting
Sama sekali tidak membutuhkan papan cor Pembangunan dak menggunakan keramik beton tidak memerlukan bekisting.

Hal ini tentu akan menghemat biaya pembangunan dan bersifat ramah lingkungan mengingat papan cor yang sudah dipakai biasanya akan dibuang begitu saja tidak dipakai lagi. Pemasangan dak keraton juga tidak memerlukan triplek sebab adukan cor langsung tertampung disetiap ikatan keraton.

Minim penggunaan tiang penyangga
Pemakaian tiang penyangga pada pemasangan dak keraton juga sangat minim. Tiang penyangga hanya diperlukan saat proses pembangunan awal yang berfungsi sebagai penahan potensi lendutan.

Dengan demikian lama waktu yang dibutuhkan pun menjadi semakin cepat dibandingkan dengan dak konvensional yang memerlukan tiang penyangg begitu anyak sehingga boros biaya dan waktu.

Lebih efektif dan efisien
Soal rangkain prosesnya, pembuatan dak keraton lebih efektif dan efisien. Hal ini karena tidak diperlukan lagi tahap penganyaman besi tulangan dan perancah.

Bobot materialnya lebih ringan
Bobot keramik beton lebih ringan karena wujud materialnya memiliki rongga di bagian tengah. Rata-rata berat dak keraton berkisar antara 180250 kg/m2 berselisih jauh dengan dak beton konvensional yang beratnya mencapai 300 kg/m2.

Berat yang ringan juga memungkinkan dak keraton dapat memperkecil gaya gempa yang diterima oleh struktur bangunan sesuai dengan rumus F = m.a.

Peredam panas dan suara yang baik
Dak yang terbuat dari keramik beton merupakan penahan panas yang baik. Hal ini tidak terlepas dari rongga yang ada di dalam dak dan berfungsi sebagai tempat aliran udara. Kegunaan lainnya rongga tersebut juga dapat berguna untuk meredamkan suara.
dak keraton sebagai peredam panas dan suara
Peredam panas dan suara

Itulah beberapa kelebihan dari keraton, keramik komposit beton. Selain ada kelebihan tentu ada juga kelemahan dari dak keraton, apa saja kelemahan tersebut? berikut kelemahan menggunakan dak keramik beton.

Kelemahan Dak Keraton (Keramik Komposit Beton)

Tingkat kualitasnya terbatas
Kualitas dak keraton pada rumah tinggal biasanya setara dengan mutu dak beton K 175 dan kualitas maksimumnya setara mutu dak beton K 200. Sementara dak beton konvensional terdiri atas berbagai mutu kualitas yang dapat diterapkan sesuai tujuan pembangunan.

Untuk menopang beban yang sangat berat pun dak ini masih bisa diandalkan karena tinggal menyesuaikan kualitas dengan komposisi bahan-bahan penyusunnya.

Bentangan maksimum relatif sempit
Untuk amannya, dak keraton hanya boleh dibentangkan sejauh 4 meter. Jika ingin membuat bentangan yang lebih dari ukuran tersebut, maka di bagian bawah dak ini perlu dipasang balok dan kolom sebagai penyangga strukturnya. Berbeda dengan dak beton konvensional yang memungkinkan bentangannya bisa dibangun lebih dari ukuran tersebut.

Demikianlah Kelebihan Dan Kekurangan Dak Keramik Beton Komposit (Keraton). Semoga bermanfaat.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Kelebihan Dan Kekurangan Dak Keramik Beton Komposit (Keraton)"