Isi dan Bagian Dari Dokumen Penawaran Lelang Proyek

Pembuatan dan penyusunan dokumen penawaran merupakan salah satu hal penting dalam strategi memenangkan proyek. Dokumen penawaran yang bagus dan terstruktur akan mudah dipahami panitia. Sehingga penyusunan dan pembuatan dokumen penawaran yang dibuat oleh peserta lelang haruslah dokumen yang terbaik .

Penyusunan dokumen penawaran lelang merupakan tugas dari administrator proyek. Dalam Pembuatan Dokumen penawaran lelang seluruh anggota perusahaaan bertanggung jawab untuk membuat dokumen penawaran yang terbaik.

Dokumen penawaran yang baik adalah dokumen penawaran yang terstruktur dan lengkap. Apa saja isi dan bagian bagian dari dokumen penawaran ? berikut isi dan bagian dari dokumen penawaran.

Dokumen penawaran terdiri dari dua dokumen utama, dimana dokumen pertama adalah data harga penawaran dan dokumen kedua adalah dokumen kualifikasi. Dan ditambah dengan data lain seperti Data Teknis dan Data Kualifikasi.

Data Harga Penawaran
  1. Surat Penawaran
  2. Daftar rekapitulasi biaya
  3. Daftar perincian Biaya
  4. Daftar Harga satuan bahan dan Upah tenaga kerja
  5. Daftar analisa harga satuan pekerjaan
Data Administrasi
  1. Fotokopi jaminan penawaran 
  2. Surat Pernyataan Kesanggupan membayar jamsostek
Data Teknis
  1. Metode Pelaksanaan/Proposal teknis
  2. Struktur Organisasi perusahaan
  3. Daftar personil inti
  4. Daftar Peralatan
  5. Jadwal rencana pelaksanaan pekerjaan
  6. Network Planning
 Data Kualifikasi
  1. Surat penryataan Minat
  2. Pakta Integritas
  3. Formulir isian Kualifikasi
Itulah bagian bagian surat dokumen yang ada didalam sebuah dokumen penawaran. Dokumen dokumen tersebut bisa saja berbeda tergantung kebijakan peraturan baru ataupun karena kebijakan panitia lelang. Tapi sebagian besar dokumen yang diperlukan dalam sebuah dokumen penawaran lelang adalah seperti tersebut diatas, mungkin hanya penyusunannya yang berbeda.

Berikut sedikit kita bahas isi dari bagian bagian dokumen penawaran.

Surat Penawaran

Surat ini adalah merupakan dokumen pembuka yang ibarat buku, adalah Cover dari Dokumen Penawaran. Kelalaian dalam membuat surat penawaran ini akan berakibat panjang. Dimana bisa saja dokumen penawaran digugurkan karena tidak sesuainya isi surat penawaran dengan ketentuan. Contoh Surat Penawaran kita sudah bahas disini

Surat Penawaran harus sesuai dengan Syarat RKS dan Aanvouling. Apa itu Aanvouling dapat dilihat disini>>14 Tahap Proses Pelelangan. Jika tidak bisa jadi catatan negatif atau bahkan langsung ditolak oleh panitia. Surat penawaran harus sudah sempurna saat dokumen penawaran akan diserahkan. Administrator proyek harus ekstra dalam mengecek kesempurnaan surat penawaran ini. Seperti pengecekan KOP surat, bilangan yang tercantum dan bahkan tanda tangan pimpinan perusahaan.

Daftar Rekapitulasi Biaya

Dokumen ini berisi daftar yang memuat rekapitulasi dari biaya biaya yang disusun dalam daftar perincian biaya. dalam daftar ini akan terlihat berapa jumlah penawaran dari peserta lelang.

Daftar Perincian Biaya

Semua biaya yang dibutuhkan dari pekerjaan yang dilelangkan akan tersebut di dalam daftar perincian biaya. Biasanya panitia sudah mempersiapkan format pengisiannya.

Daftar Harga Satuan Bahan dan Upah Tenaga Kerja

Dokumen penawaran harus dilengkapi daftar harga satuan bahan dan upah tenaga kerja.Untuk itu peserta lelang harus menyusun dan mengikuti perkembangan daftar harga satuan dan upah tenaga agar dihasilkan daftar yang akurat.

Daftar Analisa Harga Satuan Pekerjaan

Semua pekerjaan yang terdapat dalam daftar perincian biaya harus dapat dijabarkan dalam sebuah analisa harga satuan pekerjaan. terdapat dua sistem analisa harga satuan pekerjaan yakni analisa BOW dan analisa SNI, Tetapi yan paling sering diterapkan adalah analisa SNI.

Fotokopi Jaminan Penawaran

Jaminan Penawaran adalah surat pernyataan dari sebuah institusi resmi yang isinya menyatakan bahwa institusi tersebut memberikan jaminan terhadap penawaran yang diberikan peserta lelang. Jaminan penawaran ini dapat diperoleh peserta lelang dari bank umum atau perusahaan asuransi setempat.

Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Jamsostek

Panitia lelang juga mensyaratkan agar perusahaan menyanggupi untuk mengikuti program jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan). Kadang surat pernyataan ini digabung dengan surat kesanggupan membayar retribusi galian C dan Kesanggupan menjalankan program K3.

Metode Pelaksanaan Teknis

Metode pelaksaan teknis adalah proposal yang berisi bagaiman peserta lelang akan melaksankan pekerjaan proyek tersebut. Metode pelaksanaan akan memiliki nilai lebih jika menggambarkan inovasi dan alur kerja yang menggambarkan kesesuaian antara jadwal waktu pelaksanaan dan alur kerja pelaksanaan.

Struktur Organisasi Pelaksanaan

Struktur Organisasi Pelaksanaan adalah sebuah skema organisatotris berisi personil yang akan melaksanakan pekerjaan yang dilelangkan. beberapa jabatan yang umum didalam struktur organisasi adalah Site manager, Site engineer sipil, Site engineer arsitektur, Site engineer mekanikal dan elektrikal, pelaksana sipilm pelaksana arsitektur, surveyor, logistik dan administrasi.

Daftar Personil Inti

Adalah dokumen yang berisi daftar personil yang akan melaksanakan dan meyelesaikan proyek yang dilelangkan. Dalam daftar tersebut akan tercantum nama personil, Tempat tanggal lahir, pendidikan, pengalaman kerja, nomor ijazah, nomor surat keterangan ahli (SKA) ataupun terampil (SKT). Tentang SKA dan SKT sudah kita bahas disini

Daftar Peralatan

Daftar ini memuat alat yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, yang terdiri dari jenis alat, merk, tahun pembuatan maupun jenis kepemilikan.

Jadwal Rencana Pelaksanaan Proyek

Adalah jadwal yang berisi item pekerjaan beserta waktu pelaksanaanya. Dalam dokumen penawaran biasanya jadwal rencana pelaksanaan pekerjaan dilengkapi dengan Kurva S.

Network Planning

Adalah sebuah bagan yang menampilkan urutan pekerjaan dari awal hingga akhir.

Surat Pernyataan Minat

Surat pernyataan yang menyatakan minat calon penyedia jasa untuk mengikuti pelelangan. Bila dokumen ini tidak ada, maka perusahaan yang bersangkutan dinyatakan tidak punya minat untuk ikut proses lelang sehingga dokumen panawarannya tidak berlaku.

Pakta Integritas

Pakta integritas adalah surat pernyataan peserta lelang untuk tidak melakukan praktik kolusi, korupsi dan nepotisme.

Formulir Isian Kualifikasi

Formulir isian kualifikasi adalah sebuah formulir yang memuat data perusahaan peserta lelang.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Isi dan Bagian Dari Dokumen Penawaran Lelang Proyek"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel