Ciri Khas Mahasiswa Teknik Berdasarkan Jurusan

Banyak cerita menarik mengenai mahasiswa teknik, baik itu teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, Teknik arsitektur beserta jurusan teknik lainnya. Dimana mana mahasiswa teknik punya ciri khas seperti jarang tidur dan suka begadang, Kurang modis, suka heboh kalau lihat cewek cantik dan ciri khas lainnya.

Mahasiswa teknik dididik untuk ahli dan jitu masalah sains dan perhitungan fisika, dan selain itu harus bisa menerapkan keahlian hitung-hitungan tersebut dalam bidang industri, lingkungan dan pengembangan peradaban manusia.

Dalam proses menimba ilmu tersebut selama menjadi mahasiswa, ada banyak ciri khas yang menandakan mahasiswa tersebut berasal dari jurusan teknik mana. Lalu apa saja Ciri khas tersebut ?

TEKNIK SIPIL

Fakultas teknik biasanya identik dengan mahasiswa laki laki, tapi hal itu tidak terlalu signifikan dijurusan ini, karena di jurusan ini, prosentasi mahasiswa dan mahasiswa hampir 50 ; 50. walaupun dibeberapa fakultas dan universitas ada juga prosentasinya 60;40. Tapi angka tersebut sudah termasuk besar di fakultas teknik.
Mahasiswa teknik sipil sering berkutat dilapangan, kita akan sering melihat mahasiswa teknik sipil dilapangan dengan berbagai peralatan safety. Mahasiswa Teknik sipil sering terlihat sedang menggunakan helm safety dengan peralatan theodolitnya. Juga sering terlihat kotor dan kumuh main dengan Tanah di laboratorium tanah. Memegang pasir dan mengayak pasir. Selain itu sering basah basah main air di lab air dan hidrolika.

Dari berbagai kegiatan keseharian tersebut, maka mahasiswa teknik sipil pada umumnya akan terlihat kurang modis.

Seperti Mahasiswa teknik pada umumnya, mata jurusan ini adalah jenis mata panda. Begadang adalah hal yang biasa bagi jurusan Teknik. Apa saja yang membuat mahasiswa teknik sipil begadang ? Baca disini >>7 Tugas Besar Desain Yang Mengakibatkan Mahasiswa Teknik Sipil Harus Begadang

TEKNIK MESIN

Mahasiswa dijurusan ini umumnya adalah mahasiswa dari kaum laki-laki. Akan sangat jarang melihat mahasiswi dalam jurusan ini. Kalaupun ada mahasiswanya, pasti kelihatan tomboi.
Keseharian di jurusan ini diisi dengan praktikum las, bubut, soldering dan akrab dengan berbagai mesin. Perkuliahan yang didominasi hitungan dan praktikum yang padat membuat solidaritas jurusan ini lumayan tinggi.

Mahasiswa teknik mesin sedikit banyak sudah mulai paham dengan komponen komponen mesin, termasuk mesin motor. Jadi jika motor Mahasiswa Teknik mesin ini ada sedikit kerusakan, maka akan terlihat mahasiswa tersebut mencoba memperbaiki sendiri. Jadi, sering terlihat mahasiswa ini buka bengkel dadakan sendiri didepan kos kosannya.

Dari segi penampilan saat praktikum, sama dengan teknik sipil mahasiswa teknik mesin terlihat sering sedikit kotor, berada dilingkungan oli, las, bubut. walaupun tidak semua praktikum seperti itu, misalnya saat uji tarik besi.

TEKNIK ELEKTRO

Sama seperti teknik mesin, jurusan ini di dominasi kaum laki laki. Mahasiswa Jurusan ini akan sering terlihat membawa perangkat-perangkat elektronik.
Sering praktikum rangkaian rangkaian listrik, Punya soldier di kos kosannya, atau bahkan mahasiswa teknik elektro ini adalah tukang servis tv dilingkungan kos kosannya.

TEKNIK INFORMATIKA

Diantar jurusan teknik lainnya, Teknik informatika lebih sering praktikum didalam ruangan. Mahasiswa jurusan ini sangat beragam, bahkan tidak seperti Jurusan teknik lainnya, mahasiswa Teknik informatika bisa didominasi kaum perempuan sampai 70%.
Setiap hari mahasiswa teknik informatika selalu berkutat dengan masalah coding dan pemrograman. berada didepan monitor laptop setiah jam kuliah maupun praktium, sehingga umumnya hampir sebagian dari mahasiswa teknik informatika ini menggunakan kacamata.

TEKNIK KIMIA
Mahasiswa teknik kimia umumnya tidak seperti jurusan teknik mesin dan elektro, dimana mahasiswanya tidak didominasi kaum laki laki. Mahasiswa teknik Kimia sering terlihat di laboratorium sedang praktikum. Sering memakai jubah putih khas safety labor.

TEKNIK ARSITEKTUR

Mahasiswa jurusan ini, sering terlihat membawa tabung gambar. yaitu tabung tempat menyimpan rancangan dan designnya. Seperti mahasiswa teknik lainnya. mahasiswa arsitektur nonstop begadang,merencanakan suatu pembangunan.
Mahasiswa ini sering terlihat kalau kemana mana membawa pensil berbagai ukuran, berbagai macam penggaris, penggaris siku penggaris busur dan berbagai macam penggaris lainnya.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Ciri Khas Mahasiswa Teknik Berdasarkan Jurusan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel