7 Tugas Besar Desain Yang Mengakibatkan Mahasiswa Teknik Sipil Harus Begadang

Kembali lagi kita akan membahas tentang dunia kampus teknik sipil, Namun kali ini kita akan membahas 7 Tugas besar desain yang ada di perkuliahan Teknik sipil. Kita hanya akan membahas 7 mata kuliah saja, walaupun sebenarnya tugas desain mahasiswa teknik sipil ada belasan. Tiap kampus akan beda kurikulum jadi sedikit banyak tugas desain ini akan berbeda tergantung tempat kuliah. Tapi sebagian besar tiap kampus kurang lebih akan sama. Tugas Besar ini sebagian besar harus tulis tangan, kalau diketik mungkin bisalah copy paste. Tapi karena tulis tangan, butuh waktu yang lama buat mengerjakannya. Baiklah, berikut 7 Tugas besar desain yang ada di jurusan teknik sipil yang membuat mahasiswanya diharuskan begadang

DESAIN JALAN RAYA

Mahasiswa harus bisa merencanakan jalan raya, dan didalam tugas ini mahasiswa akan dilatih untuk bisa merencanakan desain jalan raya. Tugas desain raya biasanya ada 2, yang akan dipelajari satu persatu tiap semester. Desain jalan raya membahas perencanaan secara geometrik, dan Jalan raya 2 merencanakan jenis dan tebal struktur dan perkerasan. Biasanya Jalan raya 1 di pelajari diantara semester 3-4. Dan mata kuliah jalan raya 2 semester  5 atau 6.

Tugas ini merupakan tugas besar, karena butuh waktu banyak untuk merencanakannya, masing masing mahasiswa akan diberi bantuan seorang Asisten Dosen. Bayangkan, mahasiswa harus mendesain dari nol, hanya diberi peta kontur.  Mahasiswa harus merencanakan trase dan meminimalis galian timbunan. Mahasiswa diharuskan juga gambar per cross section.  Pokoknya kalau udah dapat tugas besar ini, Selamat begadang.

DESAIN PONDASI

Desain pondasi merencanakan tipe pondasi dan menghitung dimensi pondasi.  Sama seperti jalan raya,  Desain pondasi ada 2, pondasi 1 dan pondasi  2. Masing masing ada tugas besarnya, Pondasi  merencanakan pondasi bangunan jenis pondasi dangkal dan pondasi 2 tentang pondasi dalam. Untuk bisa mengambil tugas ini, mahasiswa diwajibkan harus lulus praktikum mekanika tanah 1 dan 2.  Jadi seperti ini urutannya, Mekanika tanah 1>Mekanika tanah 2> Pondasi 1> pondasi 2. Harus beruurutan jika salah satunya belum diambil, maka tidak bisa mengambil yang berikutnya.

Hitungan mendesain pondasi ini bukanlah hal yang gampang , mahasiswa harus bisa merencanakan beban rencana pondasi, Memperhitungkan tipe tanah.

STRUKTUR BETON

Kalau Sudah berhasil merencanakan pondasi, maka berikutnya kembali mendesain bangunan gedung,  sama seperti sebelumnya tugas kembali dimuali dari nol.  Direncanakan bangunan  berapa ukuran kolom dan balok, berapa tulangan perlu. Berapa beban mati dan kemampuan struktur menahan beban sendiri dan beban mati.

Tugas desain ini juga mengharuskan ada perhitungan mengunakan SAP 2000 Atau pun ETABS. Sehingga untuk membuatnya memang sangat perlu belajar Sofware tersebut secara autodidak . Lagi lagi bukan waktu yang sedikit untuk menyelesaikan tugas desain struktur beton ini.

DESAIN IRIGASI PERTANIAN

Tugas desain irigasi pertanian adalah merencanakan secara menyeluruh bangunan irigasi, bukan Cuma bangunannya tapi juga harus memperhitungkan masing-masing kebutuhan air pada daerah tertentu.  Meletakkan dan menentukan posisi bangunan irigasi. Mahasiswa juga akan diberi peta kontur, dimana dalam peta tersebut mencantumkan letak sawa dan sungai dan juga pemukiman. Lalu mahasiswa akan merencankan dan menggambar seluruh kebutuhan irigasi wilayah tersebut.

DESAIN STRUKTUR BAJA

Sama seperti struktur beton, mahasiswa  harus bisa mendesain struktur baja. Ukuran dan tipe baja apa yang perlu dipakai.  Sambungan dan tipe baut mana yang diperlukan.  Berapa kemampuan sambungan untuk menerima beban. Letak baut pada sambungan juga harus diperhitungkan.

Biasanya desain Struktur baja ini merencanakan bangunan yang berbentuk  Pabrilk, Gudang, hangar, atau seperti  lapangan futsal tetapi dengan ukuran yang besar.

DESAIN LAPANGAN TERBANG

Mahasiswa lagi dan lagi diberi suatu Peta kontur di haruskan merencankan lapangan terbang didaerah tersebut.  Jadi mau tidak Mau, mahasiwa harus paham tipe dan jenis pesawat agar bisa merencankan beban yang akan di pikul landasan. Mahasiswa  teknik sipil juga harus paham apa itu bangunan pendukung di bandara. Dan juga harus mengkalkulasi arah angin tiap setiap tahun dengan Windrose.

Begitu desain ini selesai, maka outpunya adalah sebuah Lapangan Terbang lengkap dengan bangunan pendukungnya yang digambarkan dengan detail. Butuh banyak waktu pastinya.

DESAIN PELABUHAN

Sama seperti lapangan terbang, mahasiwa harus bisa mendesain pelabuhan. Memperhitungkan ombak dan merencanakan beton dan bangunan tahan air laut. Sedikit banyak harus paham tipe Kapal dan dimensi kapal. Tugas ini juga bukan hanya sebatas tugas pelengkap saja, tapi harus benar benar detail. Baik itu gambar dan hitungannya kenapa dipakai dimensi tersebut.
Itulah  7 tugas desain mahasiswa yang bisa membuat begadang, waktu 12 jam tidak akan cukup karena harus dibagi dengan belajar di kelas dan praktikum. Tugas desain tersebut satu semester bukan Cuma 1 tugas desain persemesternya, tapi bisa jadi 2-3 per semester. Belum lagi ditambah dengan praktikum yang lainnya yang laporannya juga harus bejibun. Oiya sebenarnya masih ada Tugas Desain lainnya, yaitu sperti struktur kayu, Teknik drainase, hidrolika dan lainnya.

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "7 Tugas Besar Desain Yang Mengakibatkan Mahasiswa Teknik Sipil Harus Begadang"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel