Kumpulan Gambar Rencana Rumah CAD dalam Format DWG

Rumah adalah suatu tempat kita menghabiskan waktu bersama keluarga, sebagian besar waktu kita akan dihabiskan didalam rumah. membangun rumah idaman adalah impian yang di idamkan semua orang. Dalam mendesain sebuah bangunan rumah tinggal alangkah baiknya apabila kita mempunyai gambaran dan pemahaman akan apa-apa saja yang menjadi tujuan dalam desain arsitektur pada sebuah bangunan. Dan juga perlu perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan. Harus memperhatikan berbagai aspek dan elemen elemen bagian rumah.

Apa saja elemen pokok bangunan rumah tinggal ?  Lihat disini >> Elemen Pokok Rumah
rumah dwg auto cad
Gambar Rencana Rumah
Jika anda berencana membangun rumah tinggal, dan butuh inspirasi dari berbagai gambar rencana rumah, silahkan download pada bagian akhir post ini dibawah. Filenya dalam bentuk format DWG yang bisa dibuka melalui Autocad.  Kenapa kita memerlukan gambar dalam mebangun sebuah rumah / bangunan ? Gambar mempunyai banyak fungsi baik terhadap sepemilik bangunan maupun pihak yang akan mengerjakan bangunan tersebut.


Fungsi gambar adalah :
Pemilik bangunan mendapatkan bagaimana bentuk dari rumah ataupun bangunan yang akan dibangun dan dapat memastikan bentuk yang diinginkan sudah terpenuhi baik .
Gambar kerja menjadi pedoman dasar dari pihak pelaksana pekerjaan bagaimana bangunan akan dikerjakan termasuk ukuran, bentuk, jenis bahan yang akan digunakan, teknis pekerjaan termasuk peralatan apa saja yang diperlukan untuk mengerjakan bangunan tersebut.
Gambar menjadi dasar perhitungan anggaran biaya bangunan , dimana dari gambar akan diketahui besar volume pekerjaan, jenis material yang akan digunakan.
Dengan volume yang dan jenis material tersebut maka dapat dihitung berapa total biaya bangunan dan perkiraan lama waktu pekerjaan yang akan dilaksanakan.
Gambar kerja menjadi suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam kontrak pekerjaan antara pemilik bangunan dan pihak pelaksana pekerjaan , disamping itu tidak dapat dipisahkan juga dengan spesifikasi pekerjaan.
 Dalam pengurusan IMB, pihak Dinas Tata Kota juga selalu meminta gambar bangunan pekerjaan untuk memastikan apakah IMB dapat dikeluarkan atau tidak.
Gambar bangunan terdiri dari tiga kelompok yaitu :
1. As Plan Drawing (Gambar Rencana Bangunan)
2. Construction Drawing (Gambar Pelaksanaan)
3. As Built Drawing (Gambar Akhir)

As Plan Drawing (Gambar Rencana Bangunan)
Adalah gambar yang diperlukan sebagai gambar awal dimana bangunan tersebut direncanakan. Gambar ini adalah dasar dimana bangunan akan dibangun sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan oleh perencana berdasarkan :
• ukuran tanah
• bentuk dan nilai estetika dimana akan disesuaikan dengan keinginan pemilik bangunan
• perhitungan teknis untuk desain struktur dan
• hasil pemeriksaan tanah dimana bangunan akan ditempatkan

Construction Drawing (Gambar Pelaksanaan)
Gambar ini diperlukan saat pekerjaan sedang berlangsung. Umumnya Gambar Pelaksanaan ini adalah menuangkan detail detail sub bidang pekerjaan dimana sebelumnya tidak tertuang dalam Gambar Rencana (As Plan Drawing), dimana gambar detail ini tetap berdasarkan gambar awal. Disamping itu pihak pelaksana dapat memintakan kepada pihak konsultan perencana untuk membuat gambar tahap pelaksanaan bilamana pihak pekerja mendapatkan suatu ukuran ataupun bentuk yang membingungkan ataupun kemungkinan pelaksanaan beresiko jika gambar kerja dilaksanakan.
Bilamana pada saat tahap pekerjaan sedang berlangsung dimana diperlukan adanya suatu perubahan bentuk ataupun ukuran dan juga perubahan jenis material yang dipergunakan, maka sipemilik bangunan dan pihak pekerja secara bersama sama melakukan perubahan gambar . Jika terjadi perubahan besar yang sangat mempengaruhi jumlah biaya pekerjaan maka kedua pihak membuat suatu kesepakatan bersama dimana adanya suatu pekerjaan tambah/ kurang yang akan diperhitungkan dalam nilai kontrak pekerjaan.

As Built Drawing (Gambar Akhir)
Adalah gambar yang dituangkan berdasarkan hasil akhir pekerjaan actual, dimana gambar dibuat berdasarkan ukuran dan bentuk sebenarnya.

 
Klik tombol download diatas, Gambar rencana rumah berbagai tipe. Jika butuh password : "ilmubeton.com" Seperti Biasa, jika link tidak bisa lagi di download, segera laporkan/beritahu melalui kolom komentar agar kami perbaiki secepatnya

GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Kumpulan Gambar Rencana Rumah CAD dalam Format DWG"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel