Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jadwal Pendaftaran ASN CPNS PPPK 2024, Ini Kata Menpan RB !

 

Jadwal Pendaftaran ASN CPNS PPPK 2024, Ini Kata Menpan RB !

Jadwal pendaftaran CPNS 2024 sejauh ini belum dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah. Namun, tahap pengumuman formasi kebutuhan CPNS dan PPPK telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara dan Menteri PANRB di Istana Negara pada Jumat (5/1).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan seleksi CPNS 2024 belum dibuka di bulan Januari. Seleksi CPNS 2024 kemungkinan baru akan dibuka pada bulan Maret atau April.

"Bulan ini kan tidak otomatis langsung direkrut. Kan ada proses pengumuman, proses A, B, C, D. Bisa jadi Maret atau April baru (dibuka seleksi)," ujar Anas, Kamis (4/1).

Oleh karena itu, peserta yang ingin mendaftarkan diri perlu menunggu sekitar dua bulan sampai jadwal pendaftaran CPNS 2024 dirilis secara resmi. Jadwal pendaftaran CPNS biasanya akan diumumkan melalui surat edaran yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Jadwal pendaftaran CPNS 2024 dapat dipatau di laman resmi BKN di bkn.go.id. Jadwal ini juga bisa dipantau melalui akun media sosial BKN yaitu @bkngoidofficial.

Menteri PANRB menjelaskan di tahun 2024 ini pemerintah memberikan alokasi yang cukup besar bagi fresh graduate yaitu sebesar 690.822 formasi. Fresh graduate diberi kesempatan mengikuti seleksi untuk menjadi dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis seperti talenta digital, dan banyak sektor lainnya.

Lulusan baru alias fresh graduate mendapatkan jatah yang lumayan banyak dari sebelumnya, dengan formasi calon pegawai sipil negara (CPNS) tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang. "Tersebar di instansi pusat 207 ribu dan di instansi daerah 483 ribu," kata Jokowi.

Kemudian bagi tenaga non-ASN atau honorer akan dibuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)."Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK," lanjutnya.

Rekrutmen CASN digelar sebagai upaya pemerintah untuk menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat. Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah.

"Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik," kata Jokowi.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Jadwal Pendaftaran ASN CPNS PPPK 2024, Ini Kata Menpan RB !"