Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

CASN 2023 E-Materai Error/Gagal ? Coba Solusi Ini, Alternatif Pembubuhan E-Materai Resmi !

 

CASN 2023 E-Materai Error/Gagal ? Coba Solusi Ini, Alternatif Pembubuhan E-Materai Resmi !

Salah satu tujuan penggunaan e-meterai pada berkas pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 adalah untuk menghindari adanya penggunaan meterai palsu.

Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada seleksi CASN tahun ini, peserta diwajibkan untuk menggunakan meterai elektronik. Meterai elektronik ini dapat dibeli secara online melalui situs resmi e-Meterai CASN.

Bagaimana solusi jika pembubuhan e-meterai CPNS dan PPPK 2023 selalu gagal?

Meterai elektronik atau e-meterai digunakan pada sejumlah dokumen persyaratan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2023.

Adapun dokumen yang wajib memakai meterai elektronik atau e-meterai yaitu surat pernyataan instansi dan surat lamaran serta beberapa dokumen lainnya sesuai dengan persyaratan masing masing instansi tujuan pelamar.

Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi memberikan tanggapan terkait permasalahan e-meterai tersebut. Pihaknya menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pengguna yang mengalami gangguan mengenai layanan e-meterai tersebut.

Pihaknya mengatakan bahwa saat ini sistem mengalami konsentrasi traffic yang masif dalam waktu bersamaan, sehingga menyebabkan sistem mengalami perlambatan dan ketidakstabilan untuk proses pembubuhan pada kanal on-cloud retail. Sedangkan, untuk kanal yang lain masih berjalan normal dan dapat melayani proses pembubuhan maupun penambahan kuota.  

Adi Sunardi menyampaikan, saat ini Peruri sedang melakukan upaya perbaikan melalui optimasi sistem dan peningkatan kapasitas. Untuk menanggapi keluhan dan permintaan bantuan dari para pengguna, Peruri juga tengah dalam proses penambahan jumlah seat petugas customer care, mengaktifkan posko krisis, serta menyiapkan kanal khusus untuk group pelanggan retail tertentu.

Sementara bagi para pengguna yang mengalami kegagalan proses yang menyebabkan kehilangan kuota, Peruri juga sedang menyiapkan mekanisme pengembalian kuota ke akun user bersangkutan.

Adi mengatakan bahwa pihaknya sangat menyadari pentingnya sistem untuk segera beroperasi dengan normal. Pihaknya akan melakukan upaya terbaik bagi para pengguna agar bisa segera terlayani.

Di samping itu, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama membenarkan bahwa adanya masalah pada pembubuhan e-meterai Peruri. Dia menyarankan agar para pengguna menghubungi Help Desk Peruri untuk diberikan solusi. Lebih lanjut, dirinya juga menyampaikan, saat ini pihak BKN masih berkoordinasi dengan pihak Peruri terkait permasalahan tersebut.

Dilansir dari Instagram @peruri.digital, Kamis (28/9/2023), tren pembelian meterai elektronik (e-meterai) terus meningkat seiring dengan terselenggaranya seleksi CASN 2023.

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) mengumumkan 16 reseller e-meterai resmi yang bisa dijadikan pilihan bagi para pendaftar CASN.

“Dalam upaya meningkatkan pelayanan yang optimal kami infokan sobat CASN 2023 juga bisa mendapatkan dan melakukan pembubuhan meterai elektronik melalui reseller resmi e-meterai,” tulis Peruri melalui unggahan akun Instagram resminya.

Daftar reseller resmi e-meterai itu antara lain:

  1. https://meteraionline.id
  2. https://e-meterai.live
  3. https://www.tokogramedia.com/e-meterai
  4. https://skillacademy.com/e-meterai
  5. https://emet.id/
  6. https://www.paper.id/e-meterai.php
  7. https://mekarisign.com/id/fitur/e-meterai/
  8. www.signing.id
  9. www.digidoku.id
  10. https://dimensy.id/easy-dimensy/
  11. sign-it.id
  12. https://pastisah.id/

Untuk channel mobile apps dapat menggunakan aplikasi mobile yang dapat diunduh di:

  1. https://linktr.ee/nabila.narindo
  2. https://bit.ly/SobatMeteraiapp
Jika Anda masih ragu dengan e-meterai CPNS yang Anda beli karena dalam proses pembelian terdapat kendala, Anda bisa mengecek keasliannya melalui 3 metode berikut:
  • Overt, yaitu barcode unik yang ada di setiap e meterai
  • Covert, yaitu Peruri Seal yang hanya akan terbaca oleh Peruri Scanner
  • Pembuktian Forensik yang bisa dilakukan oleh pihak Peruri
Pengecekan keaslian e-meterai ini juga bisa dilakukan dengan fitur yang di disediakan oleh pihak Peruri. Berikut caranya.
  1. Instal Peruri Scanner di Play Store atau App Store atau akses laman https://verification.peruri.co.id/.
  2. Unggah dokumen berbentuk PDF yang sudah dibubuhi dengan e-meterai.
  3. Buka dokumen tersebut menggunakan PDF Reader.
  4. Jika e-meterai asli maka akan langsung muncul keterangan valid dan data e-meterai, seperti tanggal, serial number, dan lainnya.
  5. Jika palsu maka akan muncul keterangan “document has not been modified since this signature was applied”.
Adapun cara untuk memasang e-meterai yang sudah Anda beli pada dokumen pendaftaran CASN adalah sebagai berikut.
  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun di website sscasn.bkn.go.id.
  2. Lakukan login dan isi data diri dengan lengkap.
  3. Pilih jenis seleksi yang Anda pilih, yaitu CPNS atau PPPK.
  4. Isi formasi, instansi, pendidikan, lokasi, dan jabatan formasi yang ingin dilamar.
  5. Isi seluruh data riwayat pekerjaan dengan benar.
  6. Pilih unggah dokumen dengan memilih dokumen yang belum dibubuhi meterai, dokumen harus berupa PDF.
  7. Posisikan meterai di bagian yang seharusnya. Pastikan e meterai diletakkan di posisi yang tidak menimpa tulisan atau gambar apa pun.
  8. Jangan lupa untuk membubuhi tanda tangan elektronik di posisi yang sudah ditentukan.
  9. Klik unggah dokumen.
Sementara itu, akun Direktorat Jenderal Pajak melalui @DitjenPajakRI memberikan utas terkait cara mengembalikan kuota e-meterai yang gagal unggah. Berikut caranya:
  1. Keluar dari portal e-meterai dengan melakukan logout. Kemudian, silakan login kembali
  2. Setelah login, cek dokumen yang gagal dibubuhkan melalui riwayat pembubuhan
  3. Apabila status pembubuhan berhasil maka meterai berhasil dibubuhkan. Namun, apabila status “refund” maka bisa dilaporkan
  4. Dalam hal status “refund”, lakukan tangkapan layar pada riwayat pembubuhan untuk mendokong laporan pengembalian kuota e-meterai
  5. Selanjutnya, pada halaman portal e-meterai akan tertera nomor WhatsApp dan layanan telepon yang bisa pengguna hubungi
  6. Petugas helpdesk akan mengarahkan pengguna untuk mengisi data yang dibutuhkan untuk refund
  7. Setelah seluruh data diisi, petugas helpdesk akan membalas chat dan menginformasikan untuk dibuatkan tiket pelaporan yang nantinya akan diteruskan ke tim terkait
  8. Kemudian, petugas helpdesk akan menginfokan kembali untuk melakukan pengecekan kuota e-meterai karena sudah dilakukan penyesuaian kuota yang hilang akibat gagal unggah saat pembubuhan
  9. Pengguna atau pelamar bisa melakukan pengecekan kuota e-meterai dengan login terlebih dahulu.
Dalam mengatasi kegagalan pembubuhan tersebut, Peruri menyediakan layanan helpdesk untuk menanggapi permasalahan pengguna, Anda dapat menghubunginya melalui Email contact@peruri.co.id, nomor telepon 021-7395000, atau hotline produk digital 1500159. 

M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "CASN 2023 E-Materai Error/Gagal ? Coba Solusi Ini, Alternatif Pembubuhan E-Materai Resmi !"