Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Lux Meter Cara Kerja, Fungsi, Bagian Sebagai Alat Pengukur Intensitas Cahaya

Mengenal Lux Meter Cara Kerja, Fungsi, Bagian Sebagai Alat Pengukur Intensitas Cahaya
Lux meter adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya atau pencahayaan di suatu area atau ruangan. Lux meter mengukur tingkat pencahayaan dalam satuan lux, yang merupakan ukuran internasional untuk intensitas cahaya yang diterima oleh mata manusia.

Lux meter bekerja dengan menggunakan fotodioda atau fotometer untuk mengukur intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan sensor. Sensor ini mengubah cahaya menjadi sinyal listrik yang kemudian dikonversi menjadi nilai lux yang dapat dibaca pada layar atau indikator pada alat tersebut.

Penggunaan lux meter sangat penting dalam berbagai aplikasi, termasuk di bidang arsitektur, pencahayaan industri, fotografi, pertanian, dan keamanan. Dalam bidang arsitektur, lux meter digunakan untuk mengukur tingkat pencahayaan dalam ruangan dan memastikan bahwa pencahayaan memenuhi standar keamanan dan kenyamanan. 

Di industri, lux meter digunakan untuk mengukur tingkat pencahayaan pada tempat kerja dan memastikan kondisi kerja yang aman dan efisien. Sedangkan di bidang fotografi, lux meter membantu fotografer untuk mengukur intensitas cahaya yang tepat untuk mendapatkan hasil foto yang optimal.

Dalam penggunaan sehari-hari, lux meter juga dapat digunakan untuk mengevaluasi dan membandingkan tingkat pencahayaan antara berbagai area atau untuk mengukur tingkat pencahayaan di sekitar perangkat penerangan, seperti lampu atau layar.

Hampir semua lux meter terdiri dari rangka, sebuah sensor dengan sel foto, dan layer panel. Sensor diletakkan pada sumber cahaya. Cahaya akan menyinari sel foto sebagai energi yang diteruskan oleh sel foto menjadi arus listrik. Makin banyak cahaya yang diserap oleh sel, arus yang dihasilkan lebih besar. 

Kunci untuk mengingat tentang cahaya adalah cahaya selalu membuat beberapa jenis perbedaan warna pada panjang gelombang yang berbeda. Oleh karena itu, pembacaan merupakan kombinasi efek dari semua panjang gelombang. 

Standar warna dapat dijadikan referensi sebagai suhu warna dan dinyatakan dalam derajat Kelvin. Standar suhu warna untuk kalibrasi dari hampir semua jenis cahaya adalah 2856 derajat Kelvin, yang lebih kuning dari pada warna putih. Berbagai jenis dari cahaya lampu menyala pada suhu warna yang berbeda. 

Pembacaan lux meter akan berbeda, tergantung variasi sumber cahaya yang berbeda dari intensitas yang sama. Hal ini menjadikan, beberapa cahaya terlihat lebih tajam atau lebih lembut dari pada yang lain. 

Cara Kerja Lux Meter

Alat pengukur cahaya tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mendukung proses pengukuran dengan baik. Di dalam alat ini juga dilengkapi dengan sel foto yang nantinya digunakan untuk menangkap cahaya yang dibutuhkan oleh layar panel sensor cahaya. Jenis sensor yang digunakan biasanya adalah photo diode, yang merupakan salah satu bagian dari sensor optik. Yang terpenting adalah meletakkan sensor cahaya pada area pusat yang ingin diketahui tingkat intensitas cahayanya. 

Respons alat ini tentunya akan berbeda apabila terkena cahaya alami dan cahaya buatan, sebab memang biasanya cahaya alami memiliki warna serta panjang gelombang yang sangat berbeda dengan cahaya buatan. 

Penggunaan luxmeter biasanya sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis maupun industri, akan tetapi bukan berarti jika dalam kehidupan sehari-hari tidak penting menggunakan alat ukur tersebut. Setiap orang tentunya ingin mendapatkan kapasitas cahaya yang cukup agar sensor dalam otak bisa menggunakannya sesuai dengan porsi yang sudah dibutuhkan. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengukur terlebih dahulu tingkat cahaya yang ada dalam suatu tempat atau ruangan, agar nantinya dapat mendapatkan jumlah cahaya yang maksimal. 

Adapun bagian- bagian dari alat Lux Meter adalah sebagai berikut : 

bagian- bagian dari alat Lux Meter

Alat ukur cahaya ini memiliki desain yang minimalis dan sekilas bentuknya mirip dengan handphone, namun bagian-bagiannya terlihat tidak begitu rumit.

Ada lima bagian penting yang sebaiknya diketahui agar Anda bisa menggunakan dan membaca pengukuran dari alat ini dengan tepat dan akurat.

1. Layar Panel

Alat ini memiliki layar berbentuk persegi yang tidak begitu lebar untuk menunjukkan hasil pengukuran dengan menggunakan skala. Semakin besar angka yang ditampilkan pada layar, maka semakin besar pula intensitas cahaya pada tempat yang diukur.

Sementara itu, jika hasilnya menunjukkan angka yang kecil maka itu berarti cahaya pada tempat yang diukur memiliki intensitas yang kecil.

2. Tombol On / Off

Seperti alat-alat pada umumnya, alat ukur cahaya ini juga memiliki tombol on/off yang dipakai untuk menghidupkan dan mematikan alat. Adanya tombol ini pun memudahkan pengaturan alat. Tombol on/off pada alat ini juga memiliki fungsi untuk menghemat baterai yang tersemat di dalamnya dan pada saat yang bersamaan juga menghemat penggunaan listrik.

3. Tombol Range

Tombol range merupakan bagian yang memiliki peranan sangat penting untuk mendukung alat dalam aktivitas pengukuran. Hal tersebut karena bagian ini menentukan sebesar apa jangkauan pengukuran yang dilakukan.

4. Zero Adjust VR

Zero Adjust VR adalah bagian lux meter yang berguna untuk mengatasi masalah alat yang berhubungan dengan pembagian tanda skala.

Jika error terjadi, bagian ini akan mengembalikan alat pada kondisi seperti semula. Sebagai efeknya, pengguna harus mengulang kembali proses pengukuran cahaya dari awal.

5. Sensor Cahaya

Sensor cahaya menjadi salah satu bagian penting dalam alat ini karena berguna untuk menangkap cahaya yang akan diukur. Untuk itu, bagian tersebut membutuhkan perawatan dan perhatian lebih.

Ini karena sensor cahaya biasanya dilengkapi dengan layar yang memiliki sensitifitas tinggi. Pembersihan secara rutin dibutuhkan untuk membuatnya tetap berfungsi dengan baik. Anda hanya perlu membersihkannya memakai tisu atau kapas dan pastikan agar bagian ini tidak terkena air.

Prosedur Penggunanaan Alat Lux Meter

Dalam mengoperasikan atau menjalankan lux meter amat sederhana. Tidak serumit alat ukur lainnya, dalam penggunaannya yang harus benar- benar diperhatikan adalah alat sensornya, karena sensornyalah yang kan mengukur kekuatan penerangan suatu cahaya

Oleh karena itu sensor harus ditempatkan pada daerah yang akan diukur tingkat kekuatan cahayanya (iluminasi) secara tepat agar hasil yang ditampilkan pun akuarat. 

Adapun prosedur penggunaan alat ini adalah sebagai berikut : 

  1. Geser tombol ”off/on” kearah On. 
  2. Pilih kisaran range yang akan diukur ( 2.000 lux, 20.000 lux atau 50.000 lux) pada tombol Range. 
  3. Arahkan sensor cahaya dengan menggunakan tangan pada permukaan daerah yang akan diukur kuat penerangannya. 
  4. Lihat hasil pengukuran pada layar panel. 

Hal- hal yang harus diperhatikan dalam perawatan alat ini adalah sensor cahaya yang bersifat amat sensitif. Dalam perawatannya sensor ini harus diamankan pada temapat yang aman sehingga sensor ini dapat terus berfungsi dengan baik karena sensor ini merupakan komponen paling vital pada alat ini. 

Cara Pembacaan Lux Meter

Pada tombol range ada yang dinamakan kisaran pengukuran. Terdapat 3 kisaran pengukauran yaitu 2000, 20.000, 50.000 (lux). Hal tersebut menunjukan kisaran angka (batasan pengukuran) yang digunakan pada pengukuran. Memilih 2000 lux, hanya dapat dilakukan pengukuran pada kisaran cahaya kurang dari 2000 lux. Memilih 20.000 lux, berarti pengukuran hanya dapat dilakukan pada kisaran 2000 sampai 19990 (lux). 

Memilih 50.000 lux, berarti pengukuran dapat dilakukan pada kisaran 20.000 sampai dengan 50.000 lux. Jika Ingin mengukur tingkat kekuatan cahaya alami lebih baik baik menggunakan pilihan 2000 lux agar hasil pengukuran yang terbaca lebih akurat. Spesifikasi ini, tergantung kecangihan alat. 

Apabila dalam pengukuran menggunakan range 0-1999 maka dalam pembacaan pada layar panel di kalikan 1 lux. Bila menggunakan range 2000-19990 dalam  membaca hasil pada layar panel dikalikan 10 lux. Bila menggunakan range 20.000 sampai 50.000 dalam membaca hasil dikalikan 100 lux. 

M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Mengenal Lux Meter Cara Kerja, Fungsi, Bagian Sebagai Alat Pengukur Intensitas Cahaya"