Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Baja Galvanis

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Baja Galvanis
Semua Yang Perlu Anda Ketahui Baja Galvanis- Korosi logam merupakan masalah besar bagi setiap proyek konstruksi, yang menjadikan pemilihan bahan dan kontaktor yang berkelanjutan sebagai tugas penting bagi setiap perusahaan konstruksi.

Salah satu proses finishing paling ramah lingkungan yang tersedia untuk mencegah korosi, galvanisasi, adalah kunci dari masalah tersebut. Baja galvanis menghasilkan limbah minimal dan memastikan bahwa bangunan dan pekerjaan dibuat se-berkelanjutan mungkin.

1. Apa itu galvanisasi?

Galvanisasi adalah proses ketika seng diaplikasikan pada berbagai logam untuk membentuk lapisan pelindung yang mencegah korosi dan karat. Ketika seng mengering, ia menjadi lapisan pengorbanan yang melindungi logam di bawahnya dari noda.

Ada beberapa proses yang berbeda untuk menggembleng logam, tetapi galvanisasi celup panas & elektro-galvanisasi adalah metode galvanisasi yang paling umum. Galvanisasi yang dicelupkan panas adalah cara paling umum untuk menggembleng logam, juga cara paling ekonomis untuk membentuk lapisan seng pelindung.

Biasanya, produsen akan mencelupkan logam ke dalam tangki seng cair yang mempertahankan suhu sekitar 860 ° F (460 ° C). Ketika logam ditarik keluar dari kolam, seng murni bercampur dengan oksigen untuk membentuk seng oksida. Campuran ini kemudian bereaksi lebih lanjut terhadap karbon dioksida dan membentuk lapisan akhir pada material, yaitu seng karbonat.

Elektro-galvanisasi mungkin tidak umum seperti metode di atas, tetapi ini adalah metode yang paling unik. Sangat berbeda dengan galvanisasi yang dicelupkan panas, elektro-galvanisasi tidak melibatkan proses pencelupan atau tong seng cair. Sebagai gantinya, produsen akan mengalirkan arus listrik ke larutan elektrolit yang diaplikasikan pada baja. Proses ini mengurangi ion seng bermuatan positif menjadi logam seng, yang kemudian diendapkan pada baja bermuatan positif.

2. Bagaimana galvanisasi melindungi logam dasar di bawahnya?

Setelah proses galvanisasi, lapisan seng terbentuk dan bertindak sebagai lapisan pelindung logam dasar. Lapisan tersebut kemudian akan melindungi logam sebagai berikut.

Pertama-tama, mencegah zat korosif mencapai logam dasar. Jika terjadi korosi, lapisan tersebut akan rusak terlebih dahulu.

Kedua, galvanisasi akan melindungi logam dasar dari karat. Setelah lapisan tergores, seng akan mengorbankan anodanya dengan lebih mudah daripada logam di bawahnya. Oleh karena itu, logam itu sendiri akan terlindungi dengan baik dari karat.

Terakhir, lapisan seng akan lebih cepat terkorosi daripada logam dasar, yang membantu menjaga kondisi logam tetap baik. Sebagian orang mungkin merasa sulit untuk memahaminya, karena lapisan ini diharapkan dapat bertahan lama. Namun demikian, fakta bahwa bagian luar akan terkorosi lebih dulu daripada bagian dalam, itulah yang melindungi bagian dasar di bawah logam.

1. Apa itu baja galvanis?

Toko Besi Bandung terbesar
Sesuai dengan definisi galvanisasi yang diberikan, kita dapat memahami baja galvanis sebagai objek yang lapisan seng-besi melindungi logam dasar yang terbuat dari baja. Lapisan yang dibentuk oleh proses galvanisasi meningkatkan daya tahan & kekuatan baja itu sendiri dengan perlindungan korosi. 

Hal ini juga mengubah penampilan baja dengan memberikan tampilan yang kokoh. Secara keseluruhan, setelah melalui proses galvanisasi, baja menjadi lebih kuat dan lebih sulit tergores dan terkorosi; yang membuatnya menjadi bahan yang ideal untuk penggunaan di luar ruangan.

CV Baja Sakti Utama sebagai Distributor Besi dan Baja dan Toko Besi Bandung , Menjual berbagai jenis besi dan baja termasuk baja galvanis ini 

Toko Besi Bandung sudah berdiri sejak tahun 1986 dan sudah memiiki banyak customer setia, tersedia pengiriman sampai rumah atau project anda

Toko Besi Bandung CV Baja Sakti Utama beralamat di Jalan Rajawali no 48 Bandung

CV Baja Sakti Utama

2. Industri apa saja yang menggunakan baja galvanis?

Dengan ketahanannya yang kuat terhadap kekuatan luar, baja galvanis banyak digunakan di beberapa industri seperti konstruksi, otomotif, dan industri telekomunikasi...

a. Industri konstruksi

Sebagai material yang kuat dan tahan terhadap korosi serta goresan, tak ayal jika baja galvanis ada di hampir semua proyek konstruksi, baik untuk hunian maupun komersial. Selain daya tahannya, estetika dan kesan kontemporer juga membuat baja galvanis populer dalam desain arsitektur modern. Baja galvanis juga menjadi bagian penting dari potongan-potongan struktur kecil, yang banyak terlihat dalam kehidupan sehari-hari Anda seperti pagar, rel, tiang, pipa, panel ternak ... (hyperlink vào cụm này nhé).

b. Industri otomotif

Sejak tahun 1980-an, banyak bagian dari mobil & sepeda motor yang terbuat dari logam berlapis seng. Hingga 80% dari 'bodi mentah' mobil dibuat menggunakan baja galvanis, yang merupakan alat pemasaran yang sempurna untuk industri otomotif. Tidak ada yang menginginkan goresan pada kendaraan mereka (yang mungkin menghabiskan banyak uang), dan baja galvanis menangani semuanya.

c. Industri telekomunikasi

Dengan miliaran pengguna dan permintaan komunikasi yang sangat besar setiap detiknya, menjaga saluran telepon bukanlah hal yang disukai oleh perusahaan komunikasi. Belum lagi ketidaknyamanan ketika seluruh sistem dimatikan, juga sulit untuk menjangkau saluran karena mereka selalu menggantung tinggi. Itu sebabnya baja galvanis juga populer di industri telekomunikasi. Ini dapat ditemukan di kabel telepon dan kotak peralatan yang sangat membantu dalam mengurangi risiko kerusakan dan kebutuhan untuk pemeliharaan.

d. Industri angin & surya

Dengan kebutuhan energi yang meroket dalam dua dekade terakhir, krisis energi menjadi masalah besar bagi manusia. Oleh karena itu, penggunaan energi berkelanjutan seperti angin dan matahari menjadi kunci untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, proyek tenaga angin dan surya membutuhkan alur kerja yang berkelanjutan setelah dipasang, yang berarti tidak ada gangguan untuk pemeliharaan yang berarti kehilangan pendapatan. 

Oleh karena itu, tidak ada yang lebih cocok daripada bahan yang kuat dan tahan lama seperti baja galvanis yang dicelup panas. Berkat ketahanan terhadap korosi dan keramahannya terhadap lingkungan (karena tidak menghasilkan emisi), baja galvanis memastikan puluhan tahun tanpa perawatan.

Toko Besi Bandung pengiriman

Keuntungan Dari Baja Galvanis

a. Siap digunakan (biaya awal yang rendah)

Dibandingkan dengan kebanyakan baja yang diberi perlakuan, baja galvanis lebih siap digunakan setelah dikirim. Tidak perlu persiapan, inspeksi, atau perawatan tambahan pada permukaan (seperti pengecatan / pelapisan). Oleh karena itu, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan selain biaya baja galvanis.

b. Biaya jangka panjang yang rendah (lebih sedikit biaya perawatan)

Berkat lapisan seng pelindungnya, baja galvanis membutuhkan lebih sedikit perawatan daripada baja lain yang tidak dirawat namun tetap dapat menjaga kondisi dan penampilannya yang baik. Itulah mengapa baja galvanis merupakan material termurah untuk jangka panjang, meskipun ada alternatif pelapisan yang biaya awalnya lebih murah. Hal ini jika biaya tambahan untuk perawatan atau penggantian belum dihitung.

c. Umur yang lebih panjang

Baja galvanis bertahan lebih lama daripada kebanyakan baja dengan perawatan perlindungan yang berbeda, yang diyakini sekitar 50 tahun di lingkungan rata-rata. Dalam kondisi yang parah dan terpapar air, baja galvanis masih mampu bertahan selama 20 tahun, tanpa perlu perawatan apa pun.

d. Seng berperan sebagai anoda pengorbanan

Fakta bahwa seng berperan sebagai anoda pengorbanan memastikan bahwa setiap kerusakan akan ditangani oleh lapisan di sekitarnya. Apa pun yang terjadi, lapisan seng tetaplah yang pertama kali rusak, dan mengalami korosi lebih dulu daripada baja.

e. Tahan karat

Berperan sebagai lapisan pelindung, seng mencegah baja di bawahnya terkena uap air dalam oksigen. Oleh karena itu, tidak ada peluang untuk terjadinya oksidasi dan besi tidak akan diubah menjadi oksida besi.

f. Perlindungan lengkap

Baja galvanis (terutama dalam hal galvanisasi yang dicelup panas), bahkan sudut tajam, ceruk, dan area yang tidak dapat diakses dilindungi dengan baik oleh lapisan seng. Oleh karena itu, baja galvanis memberikan perlindungan lengkap yang tidak dapat dilakukan oleh lapisan lain.

M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Baja Galvanis"