Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Bisnis Pemula Bagi Karyawan

Tips Bisnis Pemula Bagi Karyawan
Kebanyakan orang menganggap kalau jadi seorang karyawan mempunyai kesempatan berwirausaha yang lebih kecil. Mereka beranggapan kalau ingin menjadi pebisnis haruslah rela keluar dan pergi meninggalkan pekerjaannya. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa memiliki sedikit kesempatan bukan berarti tidak memiliki peluang sama sekali lho!

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menjadi karyawan dan ingin memulai merintis usaha atau bisnis Anda lho! Nah, salah satu manfaatnya adalah kemampuan manajemen diri yang semakin meningkat daripada sebelumnya. Sebab, Anda dituntut untuk bisa melakukan yang terbaik dalam dua posisi yang Anda pegang. 

Membangun sebuah bisnis atau usaha pastinya membutuhkan biaya operasional yang bisa dibilang cukup banyak. Namun, dengan Anda masih menjadi karyawan Anda bisa mengumpulkan dananya. Nah, bila Anda saat ini ingin menjadi seorang pengusaha sekaligus masih berstatus karyawan, ada beberapa tips untuk merintisnya.

Tips Membangun Bisnis Bagi Karyawan

1. Mengenali Diri dan Cari Minat Anda

Mengenali diri dan mencari minat memang bukan perkara yang mudah dilakukan begitu saja. Sebab, sering kali banyak orang masih terpengaruh pada lingkungan sekitarnya ketika berusaha mencari potensi dirinya. Sehingga, hal ini kerap membuat seseorang gagal dalam mengenali dirinya sendiri.

Untuk mengenali diri sendiri memang menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum mencari minat. Sebab, dari sinilah Anda akan menemukan apa yang Anda sukai dan tidak Anda sukai. Nah, dari langkah awal inilah Anda dapat mencari minat dalam diri sendiri.

Dengan merintis usaha yang sesuai minat Anda akan menikmati ketika menjalaninya sendiri. Sehingga, lelah Anda tidak akan terasa ketika mengerjakan sesuatu yang Anda sukai. Oleh sebab itu, mulailah dengan mengenali diri dan menemukan minat Anda.

2. Mulailah dengan Langkah Demi Langkah

Tentunya, sebuah bisnis bisa dimulai dengan sesuatu yang terkecil dulu. Seperti halnya mendesain logo dan menentukan nama bisnis yang hendak Anda bangun. Nah, barulah setelah itu Anda dapat lanjut ke langkah yang berikutnya. Anda bisa melakukannya secara bertahap sembari menganalisis setiap kemungkinan yang dapat terjadi.

3. Fokus pada Pekerjaan Saat Ini Untuk Jaga-Jaga

Mengapa harus fokus juga pada pekerjaan Anda saat ini? Nah, dalam menjalankan usaha tidak ada yang tahu kalau langkah yang Anda lakukan akan selalu berhasil atau dapat dijamin keberhasilannya. Namun, terkadang bisa saja langkah yang Anda pilih justru mengalami kegagalan. 

Untuk mencegah kegagalan tersebut, salah satunya adalah Anda tetaplah fokus pada pekerjaan Anda saat ini. Hal ini bertujuan supaya Anda masih memiliki pendapatan. Di sisi lain, perusahaan tempat Anda bekerja juga menjadi media nyata untuk terus mengasah keterampilan Anda. Di mana, hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda kedepannya.

4. Belajar Dari Pengalaman Ahlinya

Tentunya, bagi Anda yang merupakan orang yang baru masuk dunia bisnis pastinya masih banyak sesuatu yang belum diketahui. Maka dari itu, sangat penting jika Anda mau terus belajar serta cari tahu pada mereka yang sudah memiliki pengalaman pada dunia bisnis tersebut. Ada kalanya Anda harus mencari mentor (coach) dalam usaha perintisan bisnis Anda sendiri.

Keinginan untuk menjadi seorang entrepreneur merupakan hak yang dimiliki semua orang. Tak peduli apapun posisinya ataupun status sosial orang tersebut selama masih ada keinginan dan semangat untuk usaha. Dengan begitu, mewujudkan mimpi Anda untuk jadi seorang pebisnis saat masih menjadi karyawan atau karyawan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Bagi anda yang ingin lebih jauh mengulas tentang Human Resource (Sumber daya Manusia) bisa anda baca di New HR yang beralamat di www.dedimuliadi.com.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Tips Bisnis Pemula Bagi Karyawan"