Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Bijak

Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Bijak
Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Bijak! Dewasa ini, kemajuan globalisasi telah memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan masyarakat. Berbagai ilmu pengetahuan telah mengalami banyak perkembangan di segala lini. Sistem digitalisasi memudahkan pekerjaan manusia hingga memberikan banyak kemudahan dalam berinteraksi bersama orang lain di seluruh dunia. 

Beberapa contoh perubahan dalam globalisasi yaitu kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah memudahkan dalam berkomunikasi.

Tidak hanya berkomunikasi, orang lain jadi mudah untuk memesan apa saja yang mereka lakukan melalui smartphone yang mereka miliki. Anda hanya memerlukan koneksi internet yang stabil untuk menjelajahi apa yang anda inginkan darimana saja dan kapan saja. 

Sayangnya, perkembangan ilmu pengetahuan yang moderen ini tak sedikit memberikan banyak pengaruh negatif. Sehingga, anda sebagai pengguna smartphone patut memilah mana hal-hal yang positif dan negatif.  Hal ini berguna agar anda tidak jatuh dalam lubang kesengsaraan akibat jempol yang anda mainkan di layar smartphone. 

Memang benar, penggunaan gadget dengan bijaksana akan membawa dampak yang baik dan bermanafaat. Namun terkadang, banyak pula yang menggunakan gadget secara berlebihan. Padahal, penggunaan gadget secara berlebihan akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang.

Beberapa Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Baik

Oleh karena itu anda perlu mempelajari apa saja dampak positif dan negatif yang diberikan oleh layar pintar anda. Dampak positif tentunya telah memberikan anda segala kenyamanan yang dapat anda miliki dalam sekali sentuh. Di lain sisi,  dampak negatif akan mengubah suasana baik menjadi suasana yang tidak nyaman sekali untuk diperhatikan. 

Mengontrol Diri

Sebagai pengguna smartphone yang baik dan bijak  anda perlu mengontrol diri sendiri untuk mengunjungi laman website yang penting untuk anda buka. Bila anda adalah seorang pelajar, maka ada baiknya anda hanya membuka laman yang berisikan materi-materi yang harus anda pelajari di sekolah.

Anda kini tak perlu membeli banyak buku untuk mempelajari semua pelajaran di sekolah.  Anda hanya perlu mengunduh materi atau buku secara online yang telah tersedia dan dapat anda jangkau dengan mudah menggunakan smartphone. 

Menurut sebuah penelitian di Chinese Academy of Science, ternyata kecanduan gadget dan internet mampu merubah susunan otak seseorang. Hal ini sama seperti yang terjadi pada orang yang kecanduan rokok dan narkoba. Oleh karena itu, ada baiknya kalau anda batasi penggunaan sosial media dan gadget. Sesekali bersosialisasilah dan pahami bahwa anda masih punya lingkungan sosial yang butuh perananamu.

Namun terkadang bagi sebagian orang dengan alasan refreshing mereka menggunakan waktu luang secara terus menerus untuk memutar lagu, menonton film dan bermain game dengan berbagai jenis permainan yang terpasang di dalam gadgetnya. Sehingga kebiasaan seperti inilah jika dilakukan secara terus-menerus dapat menimbulkan ketagihan.

Agar tidak terjadi seperti itu maka penggunaan gadget harus dibatasi oleh dirinya sendiri, bisa memanfaatkan waktu luang untuk belajar, menambah keilmuannya, menghafal alquran, berdoa, berdzikir dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Jangan Buka Situs 18+

Sebab fungsi smartphone yang dapat menjangkau banyak informasi yang ada di seluruh dunia, maka ada banyak hal yang dapat dengan mudah anda temukan dengan mengetikkan kata kunci yang tepat pada draf pencarian di internet.

Namun hal tersebut sering disalahgunakan oleh banyak orang untuk mencari hal-hal yang bersifat buruk dan berlawanan dengan etika yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. 

Pengguna smartphone bahkan sering dihadapkan pada iklan-iklan yang memuat unsur dewasa ketika membuka laman tertentu. Meskipun iklan tersebut muncul sendiri, namun iklan tersebut dinilai dapat memancing seseorang untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai informasi di dalamnya.

Oleh karena itu, anda bisa memasang fitur pengecualian untuk konten-konten bertemakan dewasa.  Sehingga anda bisa hidup dengan tenang tanpa terganggu hal-hal yang buruk tersebut. 

Jangan Bergabung Dalam Debat Hoax

Menjelang pemilihan umum, tentunya ada banyak oknum tidak bertanggungjawab yang menyebarkan ujaran kebencian di sosial media, tugas anda sebagai pengguna smartphone hanya perlu untuk tidak memperdulikan hal tersebut. 

Apalagi sampai bergabung dan berdebat yang tidak perlu dengan para pendukung yang lainnya. Anda akan dirugikan karena telah kehilangan waktu dan tenaga untuk meladeni perdebatan yang tidak berguna. 

Jangan Habiskan Waktu Anda Bermain Smartphone

Teknologi memang memudahkan segala urusan manusia,  tetapi tetap saja pengguna smartphone seperti anda dan keluarga tidak boleh kehilangan momen kebersamaan secara tatap muka.

Oleh karena itu, jangan mainkan smartphone anda ketika sedang berkumpul bersama teman-teman, keluarga, maupun pada saat forum resmi. Selain dianggap tidak sopan, anda akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjalin komunikasi yang baik bersama mereka. 

Tinggalkan Smartphone Sebelum Tidur

Salah satu sebab mengapa manusia sulit tidur adalah smartphone. Dengan adanya smartphone, manusia cenderung ingin selalu mengecek apa yang ada di sana. Padahal, waktu sebelum tidur itu seharusnya dimanfaatkan untuk membuat tubuh dan pikiran rileks, tanpa gangguan apapun. Selain itu, agar kualitas tidur tetap terjaga, terapkan mode silent pada smartphone anda sebelum tidur sehingga tidak terganggu oleh suara notifikasi dari smartphone tersebut.

Untuk menjadikan tidur lebih berkualitas, maka ada baiknya untuk mematikan smartphone. Selain sebagai salah satu upaya tips tidur sehat, juga mendukung Waktu istirahat yang lebih berkualitas, nyaman dan lebih nyenyak.

Bandingkan dengan saat tidur namun smartphone dalam keadaan hidup, selain mengganggu tidur juga radiasi smartphone sangat tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menonaktifkan gadget ketika hendak tidur.

Instal Aplikasi yang Berguna

ilustrasi: Aplikasi pada smartphone
ilustrasi: Aplikasi pada smartphone
Disamping game dan pemutar video, Anda juga dapat memasang beberapa aplikasi yang berguna seperti Office dan sejenisnya. Dengan menginstal aplikasi Office, Anda bisa mengakses dan mengedit tugas-tugas – tugas Anda kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan handphone. Biasakan diri Anda untuk menggunakan aplikasi tersebut, dengan begitu handphone Anda akan lebih berguna.

Dinamai smartphone karena alat komunikasi ini tidak lagi hanya sebatas digunakan untuk telfon atau berkirim pesan SMS saja. Hari ini berbagai fitur yang dibutuhkan manusia teramat banyak, mulai dari aplikasi social media, game, berikirm informasi, bisnis, belanja, navigasi map, booking hotel, transportasi, edukasi, semuanya ada.

Sementara kedepan tentu saja masih akan bermunculan ragam aplikasi yang terus dirilis oleh para programmer demi sesuai apa yang banyak dibutuhkan oleh para pengguna. Efeknya, hari ini tidak ada orang yang tidak lepas dari ketergantungannya dengan gadget, baik itu tua maupun muda. Ada yang levelnya kecanduan, dan ada juga yang ketergantungan karena sangat terbantu dengan aneka fitur yang benar-baner dibutuhkan.

Diluar perubahan pola tersebut, da beberapa hal yang utama yang perlu kita imbangi. Contohnya dengan memberi kesempatan mata agar bisa istirahat, karena sepanjang hari sangat intens dengan gadget. Porsi waktu bersosialisasi yang terampas oleh pola penggunaan sosial media juga perlu dibangun kembali dengan membaur bersama lingkungan demi menjaga interkasi terhadap sesama.

Demikianlah informasi mengenai beberapa tips bermanfaat bagi anda para pengguna smartphone.  Jangan sampai kemajuan teknologi malah membuat kemunduran bagi kita yang hidup di era globalisasi ini. Selalu jaga kesehatan anda dan selamat mencoba tips-tips di atas. 
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Bijak"