Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Tips Ampuh agar Aki Mobil Tidak Mudah Soak

7 Tips Ampuh agar Aki Mobil Tidak Mudah Soak
Aki menjadi komponen yang cepat menurun kualitas jika Anda tidak melakukan perawatan dengan benar. Ketika aki mobil sudah soak maka pengisian daya yang dilakukan di bengkel Suzuki Sejahtera Buana Trada - Riau pun akan sia-sia. 

Padahal aki mobil tergolong komponen mobil yang cukup menguras kantong. Perawatan aki sendiri bukan sekedar pengecekan di tempat servis melainkan juga karena cara menggunakannya. Apa saja tips agar aki mobil tetap awet? 

7 Tips Merawat Aki Mobil agar Lebih Awet 


Fungsi dari aki mobil adalah untuk menyuplai daya listrik sehingga semua komponen yang membutuhkan listrik seperti lampu, start engine dan masih banyak lagi. Tanpa adanya aki dengan kondisi prima, mobil akan sulit menyala. 

Perawatan aki sebenarnya bukanlah hal yang sulit dilakukan. Beberapa tips berikut ini akan memudahkan Anda dalam perawatannya. 

1. Mengecek Aki secara Berkala 

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek aki dengan rutin, tujuannya adalah mengetahui kemampuannya untuk menyimpan daya. Cara mengecek bisa menggunakan alat bernama battery load tester. 

Alat ini akan membuat Anda tahu besaran indikator aki mobil. Selain itu khusus untuk aki basah cek juga kondisi cairan elektrolitnya. Cairan ini harus dalam jumlah yang tepat sehingga harus diisi ulang jika sudah hampir habis. 

2. Rutin Memanaskan Mobil

Selama pandemi covid banyak sekali mobil yang mengalami kerusakan pada aki, alasannya mobil jarang dipakai. Ya, benar sekali ketika mobil tidak pernah digunakan maka daya aki dapat berkurang terus menerus. 

Solusi perawatannya adalah dengan memanaskan mobil. Otomatis daya aki akan terisi ketika mobil menyala. Anda bisa memanaskan mobil sambil mengendarai ke lokasi yang tidak terlalu jauh. Cara ini sekaligus untuk menjaga kondisi mesin. 

3. Mengecek Terminal Aki Mobil

Pengecekan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah bagian terminal aki. Terminal ini berfungsi sebagai jembatan penghubung kutub positif dan negatif. Bagian ini lebih sering rusak karena adanya jamur atau virus yang menyusup sehingga membuat korosi. 

Pada saat servis Anda bisa meminta mekanik untuk melakukan pengecekan secara khusus pada bagian terminal ini. Maka jika muncul kerak, mekanik akan langsung membersihkannya.  

4. Memperhatikan Pengisian Daya Aki 

Tidak banyak pemilik kendaraan yang rutin mengecek pengisian daya aki yang terdapat pada indikator baterai di dashboard mobil. Indikator ini tidak akan menyala jika pengisian daya pada aki bermasalah. 

Biasanya kerusakan pada pengisian daya ini terjadi karena penambahan aksesori mobil yang membutuhkan daya lebih besar daripada daya tampung aki. Apabila kutub[ negatif aki dilepaskan dan mesin mati maka terdapat masalah pada pengisiannya. 

5. Menyalakan AC saat Mesin Mati

Ac mobil akan menyala ketika posisi kontak on namun mesin mata. Kebiasaan ini sering kali dilakukan oleh pengendara yang merasa panas saat mobil terparkir. Apabila Anda sering melakukannya maka berhati-hatilah dengan kondisi aki. 

Dalam waktu panjang aki akan mudah rusak karena beban pada aki yang terkuras sangatlah tinggi. Namun tidak terjadi pengisian karena mesin tidak hidup dan akhirnya aki rusak. 

6. Menjaga Kebersihkan Ventilasi Udara Aki

Pada aki kering, tersedia pelindung yang akan menjaga komponen ini dari suhu yang ekstrim. Hanya saja kotak pelindung ini juga harus dilengkapi dengan ventilasi udara yang akan membuat panas yang dikeluarkan tidak membuat aki cepat rusak. 

Tugas Anda hanyalah menjaga kebersihan dari aki ini supaya sirkulasi udara bekerja dengan baik. Dengan begitu usia aki bisa jadi lebih panjang. 

7. Segera Perbaiki Jika Terjadi Kebocoran

Anda juga harus bertindak dengan cepat apabila kebocoran aki terjadi. Walaupun hal ini jarang terjadi namun Anda harus tahu langkah penanggulangannya. Caranya adalah dengan membersihkan bagian yang bocor. 

Kemudian jika sudah dibersihkan Anda bisa mencari tahu bagian mana yang bocor baru mencari solusinya. Bagian bocor bisa saja ditambal, namun jika sudah terlalu parah sebaiknya segera ganti dengan aki baru. 

Penggantian aki baru atau pengecekan lebih lanjut akan aman jika Anda melakukannya di bengkel resmi Suzuki. Cukup kunjungi salah satu bengkel resmi terdekat berikut ini. 
  1. Sejahtera Buana Trada - Riau, website : https://suzukimobilriau.co.id/ 
  2. Elang Perkasa Motor - Sumbar , website : http://suzukiepmsumbar.co.id/
  3. Jaya Indah Motor - Jambi, website : https://suzukijambi.co.id/
  4. Kangaroo Motor Mandiri- Bengkulu, website :  https://suzukibengkulu.co.id/
  5. Nusa Sarana Citra Bakti - Sumsel, website : https://suzukithamrin.co.id/
  6. Jagorawi Motor - Bangka Belitung, website : https://suzukijagorawi.co.id/
  7. Persada Lampungraya - Lampung, website : https://suzukilampung.co.id/
  8. Sejahtera Sumber Baru Trada Kalimalang - Jaktim, website : https://suzukidealerkalimalang.id
  9. Sejahtera Armada Depok - Depok, website : https://suzukimargondadepok.co.id 
Anda bisa langsung datang saja atau booking service ke website sesuai dengan kesembilan bengkel di atas. 
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "7 Tips Ampuh agar Aki Mobil Tidak Mudah Soak "