Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kalkulator Cek Cepat Kelulusan Hasil Test PPPK Guru Berdasarkan Passing Grade Pada Masing-masing Guru Bidang


Cara Cek Cepat Kelulusan Hasil Test PPPK Guru Berdasarkan Passing Grade Pada Masing-masing Guru Bidang
Pemerintah melalui BKN dan Kemendikbudristek diketahui memberi kesempatan bagi pelamar yang memenuhi syarat melalui tiga kali tes dalam seleksi guru PPPK guru. Beberapa kesempatan tersebut diperuntukkan bagi kelompok guru Honorer THK-II dan guru honorer di sekolah negeri yang tidak lulus tes pertama, guru di sekolah swasta, dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG).

Sama halnya dengan CPNS, untuk bisa dikatakan lulus dalam Seleksi Kompetensi, pelamar PPPK Guru harus memenuhi nilai minimal dalam bentuk nilai ambang batas (passing grade). Hal ini diatur dalam Keputusan Menteri PANRB No. 1127/2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun Anggaran 2021. 

Nah pada kali ini sengaja kami buatkan kalkulator Cek Cepat Kelulusan Hasil Test PPPK Guru Berdasarkan Passing Grade Pada Masing-masing Guru Bidang dengan perhitungan berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 1127/2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun Anggaran 2021.

Caranya Cukup mudah, silahkan masukkan nilai Hasil test pppk anda pada kolom yang sesuai pada kalkulator Cek Cepat Kelulusan Hasil Test PPPK Guru Berdasarkan Passing Grade Pada Masing-masing Guru Bidang dibawah artikel ini, kemudian klik "cek kelulusan". Maka nilai dan hasil ujian berdasarkan passing grade yang sesuai akan muncul.

Kalkulator ini juga sudah menghitung tambahan kebijakan afirmasi. Afirmasi merupakan kebijakan nilai tambahan yang diberikan pada guru honorer berusia di atas 35 tahun yang mengikuti tes seleksi PPPK Guru. Rekrutmen PPPK Guru diatur melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021.

Penambahan nilai atau afirmasi kompetensi teknis tercantum dalam Pasal 28 Permenpan RB Nomor 28 Tahun 2021. Disebutkan, kompetensi teknis diberikan penambahan nilai dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Pelamar yang memiliki Sertifikat Pendidik (Serdik) linear dengan jabatan yang dilamar mendapat nilai paling tinggi sebesar 100 persen dari nilai paling tinggi kompetensi teknis 
  2. Pelamar yang berusia di atas 35 tahun terhitung saat melamar dan berstatus aktif mengajar sebagai guru paling singkat tiga tahun secara terus menerus sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik mendapatkan tambahan nilai sebesar 15 persen dari nilai paling tinggi kompetensi teknis 
  3. Pelamar dari penyandang disabilitas yang sudah diverifikasi jenis dan derajat kedisabilitasannya sesuai dengan Jabatan yang dilamar mendapatkan tambahan nilai sebesar 10 persen dari nilai paling tinggi kompetensi teknis 
  4. Pelamar dari THK-II dan aktif mengajar sebagai guru paling singkat tiga tahun secara terus menerus sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik mendapatkan tambahan nilai sebesar 10 persen dari nilai paling tinggi kompetensi teknis 
  5. Dalam hal pelamar mendapatkan tambahan nilai seperti ketentuan di atas secara kumulatif, diberikan nilai kompetensi teknis tidak lebih dari nilai paling tinggi kompetensi teknis sebesar 100 persen.
Seperti diketahui sebelumnya, pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021 dilaksanakan dalam total durasi waktu 170 menit. Seleksi Kompetensi Teknis dilaksanakan dalam durasi waktu 120 menit, Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural yang disatukan rangkaian waktunya menjadi 40 menit, serta Wawancara 10 menit.

Namun dijelaskan, durasi waktu ini dikecualikan bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra. Bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra diberikan tambahan waktu menjadi 220 menit, yaitu 150 menit untuk Seleksi Kompetensi Teknis, 55 menit untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, serta 15 menit untuk Wawancara.

Terkait pembobotan nilai, untuk materi soal Seleksi Kompetensi Teknis, bobot jawaban benar bernilai 5 dan salah/tidak menjawab bernilai 0. Untuk materi soal Seleksi Kompetensi Manajerial, bobot penilaian ada empat tingkatan. Untuk jawaban paling sesuai bernilai 4, paling rendah 1, serta tidak menjawab bernilai 0.

Sementara untuk materi soal Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, bobot penilaian ada lima tingkatan. Untuk jawaban paling sesuai bernilai 5 dan paling rendah 1, serta tidak menjawab bernilai 0. Selanjutnya untuk materi soal Wawancara, untuk jawaban paling sesuai 4, paling rendah 1, dan tidak menjawab bernilai 0.

Silahkan menggunakan kalkulator Cek Cepat Kelulusan Hasil Test PPPK berikut ini.
Catatan: Yang copy paste cantumkan sumber,  karena artikel ini dilindungi DMCA Protect dan anda akan kami laporkan ke DMCA .
Cek Kelulusan Kompetensi Teknis PPPK Guru
by Ilmubeton.com
Hasil Nilai Seleksi Kompetensi Teknis
Pilihan Satuan Pendidikan, Guru Kelas/Guru Mapel ?
Memiliki Sertifikat Pendidik?
Usia diatas 35 Tahun?
Disabilitas?
Guru Honorer THK II?
Cek Kelulusan Kompetensi Manajerial+Sosio kultural
by Ilmubeton.com
Hasil Nilai Kompetensi Manajerial+Sosio kultural
Cek Kelulusan Wawancara PPPK Guru
by Ilmubeton.com
Hasil Nilai Wawancara PPPK Guru
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

12 comments for "Kalkulator Cek Cepat Kelulusan Hasil Test PPPK Guru Berdasarkan Passing Grade Pada Masing-masing Guru Bidang"

  1. Nggk ada pilihan buat guru SMK jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

    ReplyDelete
  2. Alhamdulilla..trus caramy ingin lihat saingan gmn ...takutny ada lawan serti dan memenuhi kategori lainny

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Sedang proses input data, kami dahulukan yang menurut kami banyak yang memilih bidang tersebut.

      Delete
  4. Dahulukan Masa pengabdian yang telah lama. untuk di negeri sulit da tidak ada sertifikasi. Mohon pemrintah dapat memberikan kebijakan.

    ReplyDelete
  5. Masa pengabdian sudah 14 thn, mhon pertimbangan dari pemerintah, serta umur lebih dari 35 thn.

    ReplyDelete
  6. Mhn tambahkankan guru mapel SMK - Akuntansi dan keuangan lembaga

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah lulus PG ..semua y ..trimaksih ..

    ReplyDelete
  8. Mksh banyak dgn adanya afirmasi SGT membantu bs lewat PG.

    ReplyDelete