Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Lengkap Pindah Segmen Peserta BPJS Kesehatan Perusahaan Ke Mandiri Secara Online

Cara Lengkap Pindah Segmen BPJS Kesehatan Perusahaan Ke Mandiri Secara Online
Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi cara pindah segmen pekerja Bpjs Kesehatan dari yang sebelumnya terdaftar sebagai peserta bpjs perusahaan ke segmen pekerja mandiri. Alasan untuk pindah segmen jenis pekerja bpjs ini bisa bermacam macam, mulai dari resign bekerja atau pindah kerja dan bisa juga karena ingin membuka usaha sendiri.

Seperti yang kita ketahui, setiap warga negara bisa mendapatkan dan ikut program bpjs kesehatan apapun latar belakang pekerjaannya. Adapun cara yang kami bagikan ini adalah berdasarkan pengalaman kami langsung mengurus pindah segmen pekerja bpjs kesehatan terbaru. 

Bagi pekerja yang bekerja di badan usaha/perusahaan maka perusahaan tersebut diwajibkan mendaftarkan pekerja/karyawannya ke Bpjs kesehatan. bila perusahaan itu tidak mendaftarkan pekerjanya maka akan dikenai sanksi.

Pekerja/karyawan yang didaftarkan oleh tempat bekerjanya ke BPJS disebut dengan segmen BPJS Pekerja Penerima Upah (PPU). Bpjs kesehatan jenis ini diperuntukkan untuk para pekerja baik di swasta maupun di pemerintah (pegawai pemerintah) termasuk TNI/ Polri dan Anggota DPRD. Setiap Badan Usaha atau Perusahaan wajib mendaftarkan semua pekerjanya ke dalam Bpjs kesehatan Segmen PPU atau Biasa di sebut Bpjs kesehatan Perusahaan. Premi bulanan dibayarkan langsung ke bpjs oleh perusahaan sehingga karyawan/pekerja tidak disibukkan dengan pembayaran.

Karyawan yang telah resign dari tempat kerja otomatis Bpjs kesehatan perusahaan nya sudah tidak di bayarkan, yang artinya kartu Bpjs kesehatannya akan di nonaktifkan sementara. Agar Kartu Bpjs Kesehatan nya aktif kembali pekerja tersebut harus mengubah Bpjs kesehatan perusahaan nya Ke Bpjs kesehatan Mandiri dengan membayar Iuran sendiri.

Cara Mengubah Bpjs Kesehatan Perusahaan Ke Bpjs Mandiri Bisa di lakukan dengan 2 Cara yaitu dengan Datang Langsung Ke kantor Bpjs Kesehatan di daerah nya masing masing atau dengan cara online bisa melalui aplikasi JKN KIS atau melalui Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA).

Cara Mengubah Bpjs kesehatan Dari Perusahaan Ke Mandiri Secara Online 2021

Dengan Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

aplikasi mobile JKN
Aplikasi mobile JKN
Cara pertama yang kami lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, aplikasi tersebut bisa didownload di playstore ataupun apple Store. Silahkan download aplikasi tersebut dan login, Jika anda baru pertama kali menggunakan aplikasi tersebut maka anda akan diminta untuk mendaftar/membuat akun mobile JKN. Berikut cara membuat akun bpjs mobile JKN,
Buka aplikasi yang sudah diisntal, kemudian pilih dan klik pendaftaran pengguna mobile yang berwarna hijau
Tampilan awal mobile Jkn
Tampilan awal mobile Jkn
Kemudian anda akan disuguhkan formulir seperti dibawah ini, silahkan isi formulir tersebut dengan sesuai data kepesertaan Bpjs anda dengan lengkap.
formulir isian buat akun mobile jkn
formulir isian buat akun mobile jkn
Pada formulir isian email dan no hp jangan lupa pastikan bahwa email/no hp tersebut aktif karena email/no hp tersebut akan dikirim kode verifikasi. Jika sudah di isi semuanya, klik register. Akan dikirimkan kode aktivasi aplikasi mobile JKN ke email/no hp anda. Cek email atau pesan sms di no hp yang terdaftar, anda akan menerima 5 digit kode verifikasi seperti berikut ini.
Contoh Kode verifikasi akun mobile JKN
Contoh Kode verifikasi akun mobile JKN

Setelah mengetahui kode verifikasi tersebut, silahkan buka aplikasi mobile jkn kembali dan masukkan kode tersebut ke form verifikasi yang muncul seperti berikut,
form verifikasi akun mobile JKN
form verifikasi akun mobile JKN
Lalu pilih tombol Verifikasi. Setelahnya anda akan mendapatkan notice yang berarti pembuatan akun mobile jkn telah berhasil seperti berikut ini.
Kini anda akan diarahkan ke form login. Isilah data seperti No. Kartu BPJS atau email, dan masukkan Password yang tadi telah anda buat, dan juga no chaptcha yang muncul.
login bpjs mobile jkn
login bpjs mobile jkn
Setelah login, lihat daftar menu yang ada pada aplikasi mobile jkn dan pilih menu ubah peserta seperti pada gambar berikut,
maka anda akan dibawa kehalaman ubah data, dimana pada halaman ini anda dapat mengubah faskes dan ataupun kelas bpjs anda, namun sesuai judul artikel ini kita ingin mengubah status segmen peserta maka pilih dan ubah status segmen peserta pada formulir tersebut ke jenis segmen peserta pekerja mandiri.
ubah segmen peserta
ubah segmen peserta
Setelah itu anda akan diminta untuk memilih bank yang anda pakai dimana nantinya rekening bank tersebut akan digunakan dengan sistem pembayaran autodebet premi bulanan BPJS. Sebagai penyelenggara Program JKN-KIS, tentunya BPJS Kesehatan terus berinovasi dalam memberikan kemudahan bagi para peserta. Selama ini, peserta sering mengeluh dalam hal pembayaran iuran. Ada peserta yang sebenarnya ingin membayar iuran, namun pada saat tanggal pembayaran ternyata  dia lupa, sehingga jadi menunggak dan status kepesertaannya menjadi tidak aktif. Beberapa peserta juga mengeluh karena lokasi tempat pembayarannya jauh dari tempat tinggal mereka.

Dengan adanya sistem autodebit, peserta tidak perlu khawatir lupa karena bank akan secara otomatis menarik tagihan iuran JKN-KIS dari rekening peserta. Sehingga status kepesertaannya bisa tetap aktif, dengan harapan tidak mengalami kendala saat mengakses pelayanan kesehatan.

Silahkan pilih pilihan Bank sesuai dengan bank yang anda pakai dan kemudian lanjutkan langkah-langkah yang diminta pada aplikasi tersebut. Kemungkinan besar setelah anda mengubah status segmen pekerja dan memilih pilihan bank autodebit anda akan tetap diminta untuk ke customer service bank yang anda gunakan. Dari pengalaman kami, kami terhenti pada langkah ini, yaitu proses memilih bank autodebet sehingga kami tidak mengalami proses langkah selanjutnya. 
Menu pilihan bank autodebet bpjs mobile jkn
Menu pilihan bank autodebet bpjs mobile jkn
Kami terhenti karena tidak ada pilihan bank yang akan kami gunakan untuk autodebet, yaitu bank BNI.  Oleh karena itu kemudian kami mencoba menggunakan langkah kedua, yaitu dengan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA).

Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA)

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, tidak adanya menu pilihan bank BNI pada menu pilihan bank di mobil JKN, maka kami sempatkan untuk bertanya dan mengurus melalui kantor cabang BPJS Kesehatan. Namun begitu sampai dikantor, kami disambut security/satpam dan pak satpampun mengatakan untuk sementara pelayanan tatap muka ditidiakan dan digantikan dengan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp, dan diapun memberikan kami brosur/selebaran seperti dibawah ini.

Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA)
 Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA)
Kami sempat bertanya kepada satpam apakah pilihan Bank BNI tidak ada di pilihan bank autodebet? namun dari informasi pak satpam seharusnya ada dan mungkin sedang ada proses perbaikan atau maintenance atau hal lainnya sehingga pilihan bank BNI tidak muncul.

Setelah dirumah dan kamipun sudah mendapatkan nomor Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp  (PANDAWA) maka kami mulai mencoba melakukan perubahan data kepesertaan pindah segmen dengan mencoba menghubungi nomor tersebut melalui Chat WA. kamipun mendapat balasan seperti berikut,
Salam Sehat Bapak/Ibu
Terima kasih telah menghubungi PANDAWA BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru
Ini adalah Kanal Layanan Administrasi Peserta JKN-KIS melalui CHAT WhatsApp yang akan melayani Bapak/Ibu
Senin - Jumat : Pukul 08.00 sd 14.00 WIB Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Pekanbaru (Kecuali hari libur nasional)
Untuk pengecekan status kepesertaan, dan tagihan iuran peserta PBPU/mandiri  dapat menghubungi  CHIKA melalui layanan WhatsApp di nomor 08118750400. Untuk permintaan informasi dan pengaduan, Bapak/Ibu dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 .
Ketik LANJUT apabila Bapak/Ibu ingin melanjutkan layanan Administrasi JKN-KIS.

Sapaan awal sistem pandawa
Sapaan awal sistem pandawa
Setelah mengikuti instruksi maka anda akan dibawa ke form isian form docs google, silahkan isi form tersebut dengan lengkap pada jam kerja. Karena jika anda membukanya bukan pada jam kerja tampilan formnya tidak bisa diisi dan akan seperti ini, 

Setelah mengisi maka anda akan diminta menunggu dan akan dihubungi oleh cs pandawa melalui WA. Tidak sampai 10 menit kamipun dihubungi via chat WA dengan nomor baru dengan isi seperti berikut,

Mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk mengetikkan 13 digit nomor Kartu BPJS Kesehatan atau 16 Digit Nomor Induk Kependudukan untuk kami lakukan pengecekan data terlebih dahulu
Contoh : 0001234567890.

Silahkan balas chat tersebut dengan nomor kartu atau NIK lalu sampaikan perihal maksud anda, yaitu ingin mengubah jenis kepesertaan ke pekerja mandiri. maka chat anda akan dibalas seperti berikut.
Selanjutnya mohon dapat dikirimkan kepada kami :
- Foto selfie dengan menunjukkan KTP disamping wajah
- Foto Kartu Keluarga
- Foto halaman awal untuk Buku Rekening Bank Mandiri/BNI/BRI
- Foto formulir autodebet untuk Bank BCA yang dapat diisi dan diserahkan ke Bank terkait untuk pendaftaran autodebet (khusus Nasabah Bank BCA)

Persyaratan tersebut dikirim melalui Whatsapp paling lambat 30 menit sejak respon ini.
Apabila pengiriman foto persyaratan melebihi batas waktu tersebut, maka Bapak/Ibu mengulang proses layanan melalui Whatsapp ADMIN Pandawa

Harap melakukan konfirmasi kembali melalui Whatsapp jika telah mengirimkan foto persyaratan dengan mengetik SELESAI.

Terima kasih.

Setelah mendapat chat tersebut, silahkan balas dengan mengirimkan persyaratan yang diminta. Setelah persyaratan terkirim maka akan kembali dapat balasan yang meminta untuk mengisi google form dan diberikan nomor tiket seperti berikut,

Silahkan isi form google sesuai petunjuk yang diberikan seperti berikut ini,
Setelah selesai mengisi form, silahkan kembali kechat wa, dan ketik "selesai" seperti perintah chat terakhir, maka akan datang balasan,

Pengajuan data sudah kami terima dan akan diproses paling lambat 1x24 jam hari kerja. 
Mohon menunggu.

Itu artinya kita kembali diminta untuk menunggu, dan dari yang kami alami tidak sampai 24 jam kami sudah dihubungi kembali seperti berikut,

Selamat sore, transaksi kepesertaan Bapak/Ibu dengan nomor tiket 006931xxxxxxx telah BERHASIL kami proses.
Berikut adalah Nomor Virtual Account, silahkan melakukan pembayaran  melalui Bank (ATM / Teller / M-banking) sebagai berikut :
- BNI : 88888 x  xxxxxx
- BRI : 88888 x xxxxxxxxx
- BTN : 88888 x xxxxxxxx
- MANDIRI : 89888 x xxxxxxxx
Pembayaran pertama dapat dilakukan  mulai tanggal 01 Juni 2021 sampai dengan tanggal 10 Juni 2021
Status kepesertaan akan aktif setelah Peserta melakukan pembayaran iuran dan untuk mendapatkan identitas peserta silahkan mengunduh KIS Digital melalui Aplikasi Mobile JKN. Untuk Pelayanan Pencetakan Kartu, Bapak/Ibu dapat menggunakan KIS Digital pada Aplikasi Mobile JKN karena saat ini Kantor BPJS Kesehatan sedang melakukan pelayanan terbatas. Silahkan mengunduh Aplikasi Mobile JKN melalui Playstore/ Appstore dan melakukan Aktivitas Akun 

Untuk pembayaran bulan berikutnya wajib dilakukan secara Autodebet. Bapak/Ibu harap menghubungi Kantor Bank BNI/BRI/Mandiri terdekat paling lambat 3x24 jam dari hari ini dengan membawa persyaratan:
- Form Autodebet yang telah diisi
- Virtual Account yang kami berikan
- Kartu Keluarga
- KTP Pemilik Rekening
- Buku Rekening 

Untuk kemudahan dan kecepatan layanan  segera unduh aplikasi Mobile JKN di playstore/appstore dan manfaatkan fitur-fitur yang telah tersedia.

Dari isi chat tersebut, kita sudah mendapatkan nomor virtual untuk melakukan pembayaran, silahkan lakukan pembayaran melalui transfer ke nomor virtual tersebut.  Jika melalui ATM pilih menu pembayaran, lalu kemudian pilih BPJS dan masukkan nomor virtual tersebut, kemudian bayar untuk 1 bulan, Selesai.

Selanjutnya segera cari waktu untuk pergi ke Bank dengan membawa Formulir isian Autodebit BPJS seperti berikut, 

Silahkan minta  formulir tersebut Ke Bank atau Unduh/download formulir tersebut disini. Serahkan Formulir yang sudah diisi lengkap ke CS Bank, dari yang kami alami tidak lupa juga kami bubuhi materai 10rb pada kolom tanda tangan. Pada saat menyerahkan formulir tersebut harus disertai dengan KTP, buku tabungan, kartu bpjs kepala keluarga dan seluruh anggota keluarga. Cs akan mengcopy dokumen tersebut dan proses Pindah Segmen BPJS Kesehatan Perusahaan pun selesai.

Premi bayaran bulanan akan otomatis terpotong tiap bulan sesuai kelas yang anda pilih. Terakhir untuk penyerahan Form autodebit , dari yang kami alami tidak semua kantor cabang yang bisa melayani. Tanyakan saja satpam bank yang sama terdekat kantor cabang mana saja yang bisa melayani penyerahan formulir autodebet BPJS. 

Demikianlah Cara Lengkap Pindah Segmen BPJS Kesehatan Perusahaan Ke Mandiri Secara Online ini semoga bermanfaat buat anda. Dan jangan lupa, yang ada diartikel ini adalah dari pengalaman kami, silahkan sesuaikan dengan kondisi atau mungkin dengan perubahan yang ada. 

M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

1 comment for "Cara Lengkap Pindah Segmen Peserta BPJS Kesehatan Perusahaan Ke Mandiri Secara Online"

  1. wahhh lengkap banget ni kak , oh ya ada informasi tentang Cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan dan jangan lupa komen balik di blog ane ya di koinx.id

    ReplyDelete