Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Tidak Terdeteksi Dan Putus-Putus

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Tidak Terdeteksi Dan Putus-Putus
Sampai saat ini salah satu printer yang paling banyak dipakai adalah printer canon dengan berbagai macam series yang sudah banyak beredar di masyarakat. Printer Canon merupakan printer yang seriesnya banyak ditujukan untuk kalangan Low-end dengan harga terjangkau.

Keluhan tentang printer canon yang paling sering datang dari salah satu part perangkat kerasnya yaitu Cartridge penampung tinta. Cartridge adalah sebuah benda yang terdapat pada printer yang berfungsi untuk menampung tinta yang selanjutnya dialirkan ke head-nya. Benda ini merupakan komponen yang paling penting pada printer terutama printer jenis inkjet yang dapat dilepas dan diganti

Agar printer tetap awet dan tahan lama, dan juga mengenal berbagai jenis tinta printer yang cocok untuk jenis printer anda, sebaiknya jangan lupa ikuti petunjuk yang sudah saya bagikan di Sini. Silahkan cari dan baca judul artikelnya sesuai kebutuhan Anda.

Pada umumnya kerusakan yang terjadi pada komponen printer yang satu ini tidak ditangani oleh pengguna melainkan hanya teknisi saja yang melakukannya.

Biasanya, jika Cartridge Printer sudah tidak terdeteksi langsung dibuang saja dan diganti dengan yang baru. Bagaimana dengan anda, apakah anda ingin belajar coba-coba memperbaikinya? Semua langkah perbaikan pasti akan bermula pada pencarian terhadap penyebab kerusakan.

Dengan menelusuri penyebab kerusakan yang terjadi maka kita akan tahu posisi kerusakan secara pasti dan bisa menentukan langkah perbaikan yang dibutuhkan. Sama saja dengan Memperbaiki Cartridge, kita cari tahu terlebih dahulu sebabnya baru kita tentukan langkah perbaikannya.

Sebagai langkah awal kita akan telusuri penyebab kerusakan, penyebab cartridge canon rusak secara umum ada dua macam, yaitu rusaknya chip cartridge dan rusaknya head cartridge.

Memperbaiki Chip Cartridge Canon rusak

Chip Cartridge yang rusak bisa ditandai dengan pesan-pesan error pada komputer seperti : unrecognized cartridge, not compatible atau cartridge belum terpasang, yang intinya cartridge yang rusak harus diganti, namun jangan diganti terlebih dahulu, siapa tahu kita dapat memperbaikinya sendiri, semoga cara berikut bisa membantu.

Penyebab Chip cartridge rusak

  1. Konsleting pada konektor akibat terkena cairan misal tinta.
  2. Kelebihan arus akibat tegangan listrik yang tidak stabil.
  3. Kotoran yang melekat pada konektor chip cartridge.
  4. Yang terakhir adalah kerusakan yang disebabkan oleh pembuat cartridge itu sendiri. Untuk jenis kerusakan yang satu ini belum dipastikan juga kebenaranya, namun pada kenyataannya, dari informasi-informasi yang didapat, sering kali terjadi kerusakan pada cartridge yang sudah habis level tintanya atau yang sudah beberapa kali disuntik di isi ulang (refill). 
Jadi sepertinya pihak produsen memang sengaja membuat cartridge yang hanya sekali pakai sampai tinta habis dan cartridge itu dirancang untuk merusak dirinya sendiri begitu level tinta original habis.

Tentu saja tujuan produsen tersebut agar pembeli tidak bisa lagi mengisi ulang atau menggunakan kembali cartridge printer yang telah habis tersebut dan ujung-ujungnya dituntut untuk membeli tinta dari cartridge original.

Solusi Cara mengatasi Chip Cartridge yang rusak

Lakukan langkah-langkah berikut untuk memperbaiki cartridge anda yang rusak. Bisa saja cartridge anda akan bagus kembali setelah melakukan satu langkah pertama. Oleh karena itu sebelum beranjak kelangkah berikutnya jangan lupa cek kembali cartridge anda apakah kerusakan sudah teratasi dan cartridge sudah kembali normal.

Chip kotor, Ini adalah langkah yang pertama harus anda lakukan sebelum mencoba langkah berikutnya. Silahkan bersihkan chip cartridge menggunakan cairan alkohol, usapkan dengan tisu pada bagian konektor chip yang kotor. Atau bisa juga anda coba dengan menggosok-gosok chip dengan karet penghapus. Setelah dirasa cukup bersih, silahkan cek kembali apakah sudah terdeteksi atau belum. Jika masih belum silahkan ke langkah selanjutnya.
Membersihkan Chip cartridge
Membersihkan Chip cartridge
Chip rusak, cara ini kadang bisa membantu, tingkat keberhasilannya lumayan kecil namun tidak ada salahnya juga untuk dicoba jika cara pertama tidak berhasil walaupun sudah dibersihkan berkali-kali. Caranya adalah dengan memanaskan konektor chip menggunakan ujung solder, berikut langkahnya:
  1. Siapkan solder, pastikan mata solder bersih, lalu panaskan (hubungkan ke listrik).
  2. Siapkan cartridge yang bermasalah, pastikan bagian sekeliling konektor chip cartridge tertutupi flux, hal tersebut dimaksudkan diantaranya untuk melindungi kabel fleksibel konektor chip cartridge agar tidak terkena dampak panas dari solder.
  3. Tempelkan mata solder ke konektor chip cartridge satu per satu, jangan terlalu lama, masing – masing cukup sekitar 2 hingga 3 detik saja.
  4. Setelah selesai, bersihkan konektor chip cartridge dengan penghapus.
  5. Pasang cartridge printer pada printer seperti semula lalu lakukan uji coba
Sebaiknya dalam melakukan hal ini, gunakan cartridge yang kerusakannya sudah parah dan merupakan solusi/langkah terakhir. Belajar terlebih dahulu jadi setelah mencobanya sendiri anda bisa mengetahui langkahnya lebih detail.

Head Cartridge Printer Canon Rusak

Cartridge printer menjadi tersumbat biasanya terjadi karena printer tidak digunakan untuk mencetak dalam waktu yang cukup lama, karenanya tinta diujung cartridge (dipangkal head cartridge) menjadi kering dan menghambat aliran tinta dari ink tank cartridge ke head cartridge, akhirnya hasil cetak menjadi tidak jelas (warna pudar atau ada bagian yang tercetak, belang). Head cartridge rusak bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu antara lain sebagai berikut:
  1. Penyumbatan akibat tinta yang mengering, sehingga tentu saja akan menyumbat jalannya tinta saat digunakan proses mencetak.
  2. Kotoran atau sering kali debu yang masuk ke cartridge bersamaan bercampur masuknya tinta, sehingga menyumbat lubang-lubang head (nozle).
  3. Panas berlebih akibat head yang dipaksa bekerja mencetak tanpa istirahat.
  4. Ujung head tergores akibat benturan/bergesekan dengan benda yang lebih keras. diameter lubang head cartridge sangat kecil bahkan lebih kecil dari diameter rambut manusia, sehingga apabila ujung head ini terbentur/tergesek benda keras akan mudah sekali rusak.

Solusi mengatasi Head Cartridge yang rusak

Head cartridge rusak yang masih bisa diperbaiki yaitu : head cartridge yang tersumbat baik oleh tinta yang mengering atau kotoran semisal debu yang masuk bercampur tinta. Solusi penanganan tergantung kondisi kerusakan head cartridge, dari yang ringan sampai yang berat. Gejala penyumbatan cartridge tentu saja ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan sempurna saat mencetak.

Penyumbatan ringan: Lakukan proses cleaning menggunakan software dari bawaan printer, jika masih belum juga bisa membantu lakukan proses deep cleaning menggunakan software bawaan printer juga. Caranya seperti berikut, 
Tab Maintenance Printer Untuk Cleaning Cartridge
Tab Maintenance Printer Untuk Cleaning Cartridge

  1. Buka Control Panel, cari saja di Start Menu dengan keyword “control panel” (tanpa tanda kutip).
  2. Setelah jendela Control Panel terbuka, jika antar muka Control Panel menggunakan mode View by Category (lihat bagian kanan atas), maka klik View devices and printers pada kategori Hardware and Sound.
  3. Jika antar muka Control Panel menggunakan mode View by Large icons atau View by Small icons (lihat bagian kanan atas), maka klik Devices and Printers.
  4. Setelah jendela Devices and Printers terbuka, lihat printer yang bersangkutan (contoh Canon mp xxx).
  5. Klik kanan pada icon printer tersebut lalu pilih Printing Preferences.
  6. Jendela Printing Preferences akan muncul, klik tab Maintenance.
  7. Kemudian klik Head Cleaning.
  8. Klik Start atau Ok atau Yes jika muncul jendela konfirmasi, proses pembersihan head akan berlangsung, tunggu hingga proses selesai yang ditandai dengan printer berhenti beroperasi.
Cobalah cetak (gambar, teks, apapun) pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printer tersebut terkategori ringan, namun jika hasil cetak masih sama seperti sebelumnya, maka coba cara Penyumbatan sedang.

Penyumbatan sedang: Dengan menggunakan alat yang disebut dengan toolkit penyedot cartridge. Caranya pun mudah cukup pasang cartridge yang bermasalah pada toolkit kemudian sedot menggunakan suntikan. 
toolkit penyedot cartridge
toolkit penyedot cartridge
Anda dapat membeli toolkit penyedot tinta di toko komputer terdekat, namun bila Anda kreatif Anda dapat membuatnya sendiri dengan memodifikasi bekas suntikan tinta printer. Adapun cara menyedot tinta dari head cartridge,
  1. Cabut cartridge printer yang bermasalah dari printer (untuk printer Canon PIXMA series iP, Mp, dan sejenisnya cukup dengan menyalakan printer lalu membuka penutup printer dan cartridge printer akan berpindah ke posisi releaseable)
  2. Tempelkan bagian ujung penyedot tinta ke bagian head cartridge (bawah cartridge) lalu tarik tuas pada penyedot tinta hingga tinta dari dalam cartridge mengalir keluar dari head cartridge.
  3. Lakukan terus hingga tidak ada tinta tersisa di dalam head cartridge.
  4. Jika sekiranya sudah kosong, maka isi cartridge printer tersebut dengan tinta baru (sangat disarankan) atau tinta yang tadi disedot keluar oleh penyedot tinta (tapi tidak Saya sarankan menggunakan tinta “bekas” tersebut kecuali darurat).
Coba cetak beberapa gambar atau teks pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printer tersebut terkategori sedang, namun jika hasil cetak masih sama seperti sebelumnya, maka coba cara Penyumbatan berat.

Penyumbatan berat: Rendam head cartridge dengan menggunakan cairan cleaner (tentu saja bukan sembarang cairan cleaner atau anda dapat menggunakan air panas sebagai gantinya, hanya saja hasilnya akan lebih optimal apabila menggunakan cairan head cleaner), saat merendam jangan sampai membasahi sampai kena chip cartridge. Lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head cartridge (bisa 15 menit, 1 jam, bahkan sehari). Kemudian kombinasikan juga menggunakan toolkit penyedot cartridge. Berikut langkah-langkah dalam mengatasi penyumbatan kategori berat head cartridge,
merendam head cartridge dengan menggunakan cairan cleaner (air panas)
Merendam head cartridge dengan menggunakan cairan cleaner (air panas)
  1. Siapkan wadah dengan ukuran yang sekiranya dapat masuk dua buah cartridge printer (dengan asumsi cartridge printer yang bermasalah adalah cartridge hitam dan cartridge warna).
  2. Tuangkan head cleaner secukupnya, ketinggian sekitar 2mm hingga 5mm karena hanya akan digunakan untuk merendam bagian head cartridge, bukan keseluruhan cartridge printer.
  3. Letakkan cartridge printer didalam wadah tersebut dengan posisi bagian head cartridge terendam oleh cairan head cleaner.
  4. Biarkan hingga beberapa jam, lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head cartridge (bisa 15 menit, 1 jam, bahkan sehari), cukup hingga sekiranya cairan head cleaner mengikis tinta yang menggumpal pada head cartridge.
  5. Jika dirasa telah cukup, angkat cartridge printer lalu bersihkan bagian head dengan tisu kering.
Coba cetak beberapa gambar berwarna pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printer sudah mulai teratasi.

Demikianlah Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Tidak Terdeteksi Dan Putus-Putus, semoga bermanfaat buat anda.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Tidak Terdeteksi Dan Putus-Putus"