Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Strategi Marketing Untuk Bisnis Anda

Tips Strategi Marketing Untuk Bisnis Anda
Tips Strategi Marketing Untuk Bisnis Anda
- Setiap industri yang sangat bergantung pada teknologi mengalami perubahan besar dari tahun ke tahun. Pemasaran adalah salah satu hal yang dapat berubah begitu cepat, sulit untuk dapat cara pemasaran yang terbaik, diperlukan tips yang jitu. Sebelum masuk ke tips-tipsnya, Anda sebaiknya mengetahui pengertian strategi pemasaran terlebih dahulu. Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa pada masyarakat.

Tentu saja dengan menggunakan rencana dan taktik matang, dengan begitu, jumlah penjualan dapat meningkat. Strategi pemasaran juga dapat dimaknai dengan rentetan usaha yang dilakukan perusahaan dalam mencapai tujuan.

Di dalam suatu bisnis, ada tiga faktor yang merupakan penentu harga jual barang dan jasa yang meliputi produksi, pemasaran, serta konsumsi. Sehingga, pemasaran dapat dikatakan sebagai penghubung produsen dan konsumen. Berikut ini akan diulas beberapa tips pemasaran untuk mengoptimalkan strategi bisnis Anda tahun ini.

Carilah Peluang untuk Diversifikasi

Ilustrasi :diversifikasi
Ilustrasi :diversifikasi
Sebagian besar anggaran pemasaran saat ini tidak mengizinkan bisnis mengejar setiap jalur distribusi sekaligus. Anda perlu dengan hati-hati memilih saluran yang paling mungkin mendatangkan keuntungan besar dari investasi Anda.

Diversifikasi merupakan bagian dari sebuah strategi korporat yang dilakukan demi meningkatkan jumlah penjualan melalui sistem produk baru dan juga pasar baru.

Dengan menggunakan cara ini, maka mudah bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan dan memperluas usaha untuk masuk menuju segmentasi pasar baru dari sebuah industri bisnis yang ada ataupun berinvestasi pada bisnis yang tengah menjanjikan baik yang berasal dari luar area bisnis yang sebelumnya telah dimasuki oleh perusahaan. Dapat dikatakan jika diversifikasi itu termasuk ke dalam Ansoff Matrix.

Yang dimaksud dengan matriks adalah untuk menganalisis jenis-jenis strategi yang tepat dan harus diambil oleh perusahaan dengan melihat kondisi eksternal dan internal mereka saat ini dan juga ke depannya. Mungkin sebagian besar dari Anda bertanya mengapa harus menggunakan cara diversifikasi?

Jawabannya adalah apabila ukuran perusahaan atau bisnis yang dijalankan semakin besar, maka secara otomatis mereka akan menemukan celah atau peluang untuk memperbanyak jumlah pasar, pelanggan, lokasi, layanan dan produk pastinya demi keuntungan maksimal.
 
Jadi cari peluang untuk mendiversifikasi strategi Anda dengan terlebih dahulu meneliti customer Anda. Identifikasi jalur khusus dan cara jitu untuk tembus dalam pemasaran, seperti di YouTube, grup media sosial, dll. Kemudian Anda dapat mendiversifikasi strategi Anda dengan mengetahui bahwa hasilnya sepadan dengan investasi sebagai strategi marketing Anda.

Bergabunglah Dengan Layanan Sosial Media Berbayar

Ilustrasi: Sosial Media
Ilustrasi: Sosial Media
86% pemasar sosial sudah menggunakan iklan Facebook, dan pendapatan iklan platform terus berkembang. Platform media sosial mengubah pemikiran pebisnis, memperjelas untuk suatu merek bahwa promosi berbayar adalah suatu yang cukup bagus jika Anda yang menginginkan mendapatkan visibilitas. 

Jika Anda ingin strategi sosial Anda mempertahankan atau mendapatkan momentum, maka gunakan sosial berbayar menjadi strategi marketing Anda. Cara ini bisa menjaring berbagai customer dari berbagai sisi.

Facebook Ads dianggap bisa menentukan target market dengan tepat dan cepat. Namun itu semua tergantung pada strategi yang digunakan untuk beriklan melalui Facebook Ads. Percuma saja jika sudah menggunakan facebook ads tetapi strategi yang digunakan masih salah kaprah. Bukan untung yang didapat tapi malah hasilnya sia-sia belaka.

Fokus Pada Konten  Anda Saat Ini

Sebagian besar pemasar saat ini memahami bahwa mereka perlu menghasilkan konten dalam jumlah besar untuk membangun basis pemasaran. Sebagai pebisnis cobalah untuk fokus pada pembuatan konten yang baru, mengabaikan nilai aset yang ada. Kiat pemasaran profesional yaitu adalah jika Anda ingin mengikuti pasar yang kompetitif saat ini, penting untuk menggunakan konten Anda saat ini secara maksimal.

Buat konten yang memang ditujukan untuk konsumen Anda. Namun ini bukan berarti Anda harus membuat ribuan konten untuk setiap konsumen. Buatlah konten yang dekat dengan kehidupan dan permasalahan yang dialami oleh konsumen. Informasi mengenai ini bisa didapatkan dari riset yang telah Anda lakukan sebelumnya. Berikan sesuatu yang bermanfaat di dalamnya, lalu hubungkan dengan produk serta layanan yang ditawarkan.

Tidak cukup hanya sampai dipembuatan konten, tetapi identifikasi konten Anda yang paling populer dan gunakan wawasan ini untuk menginformasikan konten masa depan yang Anda buat. Perbarui konten lama dengan data, visual, atau perspektif baru, lalu terbitkan ulang untuk jangkauan yang lebih luas. Manfaatkanlah konten lama Anda sebagai infografis, video, atau slide deck, dll. Anda juga dapat mengubah serangkaian posting blog menjadi panduan atau laporan ebook yang lebih up to date sebagai strategi marketing bisnis Anda.

Membina Hubungan Dengan Pelanggan

ilustrasi:Membina Hubungan Dengan Pelanggan
ilustrasi:membina hubungan dengan pelanggan
Kebanyakan orang mencari rekomendasi dari teman, keluarga atau relasi. Oleh sebab itu pelanggan adalah sumber daya yang ampuh untuk membantu Anda menjangkau customer baru dan mendorong penjualan.

Untuk memaksimalkan pemasaran, buat kampanye untuk mendorong merek yang Anda jual dengan menyebarkan  pesan Anda. Buat komunitas online atau tawarkan hadiah untuk referensi, misalnya. Anda juga dapat membuat tagar bermerek dan mendorong customer untuk menggunakannya.

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah lebih penting dibanding menjadikan mereka target penjualan Anda. Jika hubungan kita baik maka apapun yang kita tawarkan, mereka akan lebih membeli dari kita. Hal ini mungkin biasa disebut dengan Relationship Marketing. Relationship Marketing merupakan suatu praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak seperti pelanggan, pemasok, dan penyalur untuk mempertahankan preferensi dan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Membangun hubungan pelanggan yang benar-benar dekat, sehingga perusahaan mengetahui banyak hal mengenai pelanggannya memang tidaklah mudah. Apalagi, kalau jumlah pelanggan tersebut cukup banyak yang hampir tidak memungkinkan perusahaan memahami satu per satu pelanggannya dengan baik dan lengkap.

Untuk itu, diperlukan suatu cara yang tepat agar perusahaan dapat mengetahui pelanggannya secara lebih baik, sehingga mampu melayani mereka dengan lebih baik pula.

Hubungkan Strategi Online dan Offline

ilustrasi: Strategi Online dan Offline
ilustrasi: Strategi Online dan Offline
Menyebarkan testimony customer yang konsisten secara online dan offline juga merupakan aspek penting dari pemasaran. Semakin banyak bisnis yang menggunakan acara langsung untuk mepengaruhi masyarakat dan mendorong penjualan. Mungkin beberapa kurang melakukan inisiatif pemasaran online, yang sebenarnya merupakan strategi marketing yang jitu.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran langsung, pertama-tama kenali langkah-langkah apa yang Anda ingin audiens lakukan setelah acara (misalnya terlibat dengan email Anda, mendaftar untuk demo produk gratis, dll). Kemudian buatlah pengalaman langsung yang membuat mereka ingin tahu dan tertarik dengan produk yang Anda jual.

Baik online marketing maupun offline marketing yang dijalankan oleh bisnis anda memiliki tujuan sama yaitu untuk memberikan kesan yang muncul di benak seseorang yang terkait dengan ingatannya mengenai merek/brand bisnis usaha anda.

Kesan-kesan yang terkait merek akan semakin meningkat dengan semakin banyaknya pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi suatu merek atau dengan semakin seringnya penampakan merek tersebut dalam strategi komunikasinya, ditambah lagi jika kaitan tersebut didukung oleh suatu jaringan dari kaitan-kaitan lain.

Suatu merek yang telah mapan akan memiliki posisi menonjol dalam persaingan  bila didukung oleh berbagai asosiasi yang kuat. Berbagai asosiasi merek yang saling berhubungan akan menimbulkan suatu rangkaian yang disebut dengan brand image. Semakin banyak asosiasi yang saling berhubungan, semakin kuat brand image yang dimiliki oleh merek tersebut. 

Itulah tips jitu strategi marketing yang bisa membuat Anda mendapatkan profit yang luar biasa. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk tetap fokus serta kosnsisten. 
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Tips Strategi Marketing Untuk Bisnis Anda"