Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Emulator Android Terbaik Untuk Main Game di PC dan Cara Instalnya

5 Emulator Android Terbaik Untuk Main Game di PC dan Cara Instalnya
Handphone dengan sistem operasi android sampai saat ini tetap masih menjadi pilihan banyak orang. Tidak hanya untuk sekedar berkomunikasi, Smartphone juga digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti mengakses dan membuka dokumen, sebagai kamera digital saku mengumpulkan arsip penting berbentuk foto, untuk bermedsos ria dan juga untuk main game.

Dengan berbagai fitur yang ada pada smartphone dan juga dengan dukungan sistem operasi Android maka banyak developer aplikasi berlomba lomba untuk memberikan suguhan aplikasi kepada para pengguna smartphone.

Contohnya aplikasi editing, kinemaster untuk android sungguh mudah dipelajari dan fiturnya bisa dibilang tidak kalah dengan video editing yang dijalankan di PC. Belum lagi game online yang saat ini sudah semakin canggih.

Dengan banyaknya aktifitas yang bisa digunakan dengan smartphone, maka tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan PC/Komputer untuk mengakses atau menggunakan berbagai fitur yang ditawarkan di Android tersebut. Seperti misalnya menggunakan instagram di komputer/PC seperti layaknya membuka aplikasi instagram di Android. Atau main game online Android melalui PC/Komputer. Jika ingin mencobanya, ini berarti anda harus memasang emulator android terbaik di PC untuk memainkan/membuka berbagai aplikasi/game android.

Bermain game atau menjalankan aplikasi android di Komputer dan Laptop akan memberikan banyak keuntungan dan manfaat lebih. Misalnya dengan layar Laptop atau PC yang besar maka akan memberikan kenyamanan saat menjalankan game atau aplikasi tertentu.

Emulator Terbaik Android untuk PC dan Laptop

Jika anda masih asing dengan istilah emulator maka sebelum lebih jauh, sedikit banyak anda harus paham apa itu emulator. Emulator adalah software yang memungkinkan satu sistem komputer (host) meniru fungsi sistem komputer lain (guest). Software ini memungkinkan sistem host untuk menjalankan software, hardware, dan komponen lain yang dirancang untuk sistem guest.

Teknik yang digunakan dalam emulator diterapkan untuk menciptakan kembali lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak sistem komputer pada sistem yang berbeda. Emulator adalah software yang mampu membuka dan menjalankan berbagai aplikasi Android di Komputer dan Laptop. Fungsi emulator adalah untuk membantu anda menjalankan beberapa aplikasi atau game dengan lebih mudah.

Sehingga emulator android dapat memainkan game ataupun aplikasi berat yang tidak dapat dimainkan di smartphone. Dengan demikian, anda bisa memainkan PUBG, Free Fire, Fortnite, Call Of Duty, atau game lain dengan lebih seru. Anda akan mendapatkan visual yang lebih besar dan jelas serta lebih sehat untuk mata karena jarak antara layar dan mata yang cukup jauh. Nah, berikut ini 5 emulator Android terbaik yang bisa anda pakai untuk memainkan game-game berat.

1. MEmu

tampilan memuplay.com
Tampilan memuplay.com
MEmu ini cocok untuk para gamer karena emulator ini memiliki banyak fitur. Emulator MEmu dapat anda jalankan pada Laptop atau PC dengan chipset AMD atau Intel. Selain itu, emulator ini juga mendukung berbagai versi Android seperti Jelly Bean, Kit Kat, dan Lollipop.

Emulator ini bisa anda dapatkan di www.memuplay.com/download.html. Setelah kami mencoba emulator ini pada 2 perangkat yakni laptop dan komputer, emulator ini cukup ringan dan tidak memberatkan komputer dengan spesifikasi rendah. 

Pengaturan pada MEmu juga cukup simple. Anda bisa mengatur kapasitas RAM yang digunakan pada MEmu, mengatur jumlah Core CPU yang dijalankan pada MEmu apakah mau yang single-core, dual-core, atau quad-core bisa sepuas yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengatur resolusi layar, menampilkan layar Full Screen atau tidak, menentukan operator yang diinginkan, mengatur IMEI, dan masih banyak lagi. Semuanya ada di dalam menu Settings.

MEmu juga dilengkapi dengan fitur untuk menjalankan beberapa emulator sekaligus. Hanya dengan sekali klik, emulator baru bisa dijalankan tanpa mengganggu emulator lainnya. Ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memainkan dua akun game online sekaligus dalam waktu yang bersamaan

2. Bluestacks

tampilan www.bluestacks.com
beranda www.bluestacks.com
Bluestacks adalah emulator android terbaik versi kami berikutnya untuk PC dengan RAM minimum 2GB. Bluestack versi terbaru diklaim memiliki kinerja lebih stabil, lebih cepat, dan memiliki beberapa fitur baru. Salah satunya adalah dukungan untuk menjalankan Android versi Nougat. Tampilan antarmukanya sangat sederhana dan mudah dipahami oleh semua orang. Sehingga Bluestack kini menjadi emulator android paling populer.

Kami juga sempat mencoba emulator ini, grafis dan fitur yang ditawarkan memang bagus dan patut diacungi jempol. Namun seperti yang sudah kita ketahui dengan fitur-fitur andalan dan kelebihan yang ditawarkan tersebut tentunya membutuhkan prosesor yang juga diatas standard. 

Sehingga jika dipaksakan dijalankan pada spesifikasi minimum maka akan membuat emulator ini sedikit ngelag dan lambat.  Namun hal tersebut bisa diatasi dengan membuat pengaturan/settting tertentu pada emulator ini yang juga tentunya mengurangi fitur/grafis yang dihasilkan.

3. Genymotion

Beranda Website genymotion.com
Beranda Website genymotion.com
Genymotion ini termasuk software trial yang mampu memainkan banyak game Android. Sangat cocok untuk developer. Genymotion memiliki update yang berkala dan tersedia untuk android 8.0 Oreo. Meskipun demikian, anda harus sedikit menguasai coding untuk menjalankan emulator ini. Ditambah lagi anda juga harus mengeluarkan budget per tahunnya untuk tetap bisa menggunakan software ini.

4. Manymo

Beranda Manymo.com
Beranda Manymo.com
Untuk mendapatkan dan memasang software Manymo ini di PC, anda harus mengeluarkan banyak uang karena software ini harganya cukup mahal. Meskipun begitu, emulator ini memiliki kualitas yang hebat. anda tidak perlu mendownload Manymo secara langsung. Itu karena Manymo dapat dijalankan oleh pengguna secara online melalui browser. Selain itu, tidak menghabiskan ruang penyimpanan di PC anda.

5. Nox App Player

Tampilan beranda www.bignox.com
Tampilan beranda www.bignox.com
Nox adalah emulator android untuk PC yang cukup ringan digunakan. Dengan menggunakan Nox, anda dapat memainkan game android dengan mudah. anda dapat menambahkan keyboard, mouse, dan juga joystick. Nox dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi, termasuk Windows dan Mac OS. Apalagi ada dukungan Gamepad yang akan menambah keasyikan memainkan game.

Dengan dukungan Touch Control, Anda bisa memainkan beragam game android dengan memakai mouse dan keyboard. Terdapat pula Fake GPS, apabila Anda mau memainkan game android. Dan beragam fitur lainnya yang canggih.

Nah itulah 5 Emulator Android Terbaik Untuk Main Game di PC. Selain 5 emulator diatas, ada juga beberapa emulator lain yang cukup bagus. Misalnya XePlayer, Remix OS Player, Windroye, Jar of Bean dan sebagainya. Namun, kelima opsi emulator diatas kami rasa sudah cukup untuk anda coba terlebih dahulu.

Cara Memasang Emulator Android di PC

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal salah satu software emulator di PC. Emulator yang akan kami jelaskan cara menginstalnya dibawah ini adalah MEmu. Cara instal emulator lain tidak akan jauh berbeda dengan cara instal emulator MEmu ini

  1. Download software MEmu pada websitenya masing-masing.
  2. Setelah itu, klik dua kali pada program MEmu yang sudah selesai didownload dan pilih instal
    Cara Memasang Emulator Android di PC
  3. Lalu tunggu proses instal hingga selesai, kemudian Pilih Launch/Luncurkan untuk membuka emulator setelah proses instalasi selesai.
    Cara instal Emulator Android di PC
  4. Klik dua kali di aplikasi Play Store, lalu masukkan akun Gmail anda terlebih dahulu
  5. anda akan menjumpai halaman yang memuat informasi pembayaran, anda pilih saja opsi No Thanks
  6. Selanjutnya, anda cukup membiarkan prosesnya berlangsung untuk mengembalikan pengaturan dan data akun yang tersimpan
  7. Pilih Get Started
Demikianlah artikel mengenai 5 Emulator Android Terbaik Untuk Main Game di PC dan Cara Instalnya ini. Semoga bisa menjadi referensi anda sebelum memutuskan pilihan emulator yang akan anda pilih. Dan akhir kata, semoga bermanfaat untuk anda.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "5 Emulator Android Terbaik Untuk Main Game di PC dan Cara Instalnya"