Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Dia 9 Ruas Jalan Tol Yang Dijual Tahun Ini, Minat ?

Ini Dia 9 Ruas Jalan Tol Yang Dijual Tahun Ini, Minat ?
PT Waskita Karya akan mulai melego sembilan ruas tol miliknya ke swasta tahun ini. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan langkah ini diambil karena PT Waskita Karya (Persero) Tbk sedang kesulitan likuiditas.

"Masalah divestasi ini sebenarnya bukan full government problem. Divestasi ini adalah permasalahan yang terkait dengan PT Waskita Karya. Jadi Waskita Karya memang perlu melakukan divestasi karena berada dalam kesulitan likuiditas," kata Hedy dalam rapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (27/1/2021).

Hedy mengatakan, pihaknya tidak terlibat dalam aksi korporasi tersebut. Namun, pihaknya akan memberi bantuan jika Waskita membutuhkan dukungan pemerintah.

"Ini semuanya adalah corporate action, jadi kami tidak masuk terlalu dalam, kecuali kalau Waskita Karya butuh dukungan yang bisa kita lakukan," ujar Hedy.

Di antara 9 ruas tol ini, Waskita Toll Road memiliki kepemilikan saham yang besar yakni hingga 99,9% pada ruas Bogor-Ciawi-Sukabumi dan ruas Krian-Legundi-Bunder-Manyar. Sementara itu, kepemilikan saham di 7 ruas lainnya berada di rentang 25-60%

Pada 2021, Waskita berencana melepaskan setidaknya 9 ruas tol di mana 3 ruas merupakan ruas tol yang berlokasi di area Jabodetabek, 1 ruas terletak di provinsi Jawa Barat, 2 ruas berada di Sumatera, 2 ruas bagian dari jaringan Tol Trans Jawa, dan ditambah 1 ruas yang terletak di Jawa Timur.

Waskita Karya memperkirakan seluruh ruas yang akan dilepas dengan nilai sekitar Rp 10-11 triliun.

"Selain adanya penerimaan kas, lewat divestasi Waskita juga akan mengurangi utang dari ruas tol yang tidak lagi terkonsolidasi," jelas Director of Business Development & QSHE Waskita Karya Fery Hendriyanto, dalam keterangan tertulis Selasa (1/12/2020).

Menyikapi rencana Waskita tersebut, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi resmi terkait Waskita berencana jual 9 ruas tol. Oleh karena itu, pihaknya masih belum mempelajarinya.

“JSMR belum mendapatkan informasi atau penawaran formal atas hal tersebut, karenanya belum kami pelajari lebih lanjut,” ujarnya dilansir MNC Portal Indonesia, Selasa (2/2/2021).

Sebelumnya, Corporate Secretary PT Waskita Toll Road (WTR) Alex Siwu mengatakan rencana divestasi pada beberapa ruas tol sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun lalu. Sementaran untuk realisasinya ditargetkan pada tahun 2021.

Menurut Alex, sejak tahun lalu sudah ada beberapa investor yang berminat untuk mengambil alih beberapa ruas tol milik Waskita. Meskipun tidak disebutkan secara rinci, namun Alex menyebut jika beberapa investor yang berminat berasal dari luar dan dalam negeri.

Secara keseluruhan, total panjang jalan tol yang akan dilepas ke swasta sepanjang 483,3 kilometer (Km). Berikut rinciannya:
  1. Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi: Seksi 1-7 sepanjang 61,7 Km
  2. Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat: Seksi 1-6 sepanjang 143,25 Km
  3. Cibitung-Cilincing: Seksi 1-4 sepanjang 34 Km
  4. Cinere-Serpong: Seksi 1-2 sepanjang 10,14 Km
  5. Bogor-Ciawi-Sukabumi: Seksi 1-4 sepanjang 54 Km
  6. Depok-Antasari: Seksi 1-3 sepanjang 27,95 Km
  7. Pemalang-Batang: Seksi 1-2 sepanjang 39,2 Km
  8. Batang-Semarang: Seksi 1-5 sepanjang 75 Km
  9. Krian-Legundi-Bunder-Manyar: Seksi 1-4 sepanjang 38,29 Km
Sumber : finance.detik.com, economy.okezone.com
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "Ini Dia 9 Ruas Jalan Tol Yang Dijual Tahun Ini, Minat ?"