Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Tips Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula

10 Tips Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula
Banyak orang yang ingin mempunyai usaha atau bisnis mereka sendiri, namun karena kurangnya modal banyak orang yang menyerah. Sebenarnya ada solusi untuk masalah ini, yaitu dengan membuka bisnis rumahan.

Berbeda dengan usaha, bisnis rumahan tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa mulai bisnis kecil-kecilan di rumah dan itu juga sudah cukup memberi penghasilan tambahan jika berhasil.

Namun dalam memulai bisnis rumahan juga tidak boleh asal-asalan supaya tidak rugi atau gagal nantinya. Nah berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis rumahan untuk pemula yang bisa Anda ikuti.

Tips Memulai Bisnis Rumahan 

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, diantaranya adalah:

1. Meminta Dukungan Keluarga

Keluarga merupakan salah satu elemen penting sebelum Anda memulai bisnis rumahan, terlebih lagi jika Anda akan memulai sebuah bisnis yang baru dari nol.
Meminta Dukungan Keluarga
Dukungan Keluarga
Keluarga ini bisa menjadi pendukung, baik itu dari segi materil maupun nonmateril. Jika keluarga tidak mendukung bisnis Anda, bisa jadi bisnis tersebut susah berkembang.

Bahkan karena tidak adanya dukungan keluarga bisnis Anda tersebut menjadi gagal dan tidak menguntungkan. Karena itulah dalam berbisnis, dukungan itu sangat dibutuhkan terutama dukungan dari keluarga ketika.

2. Belajar Administrasi

Administrasi
Meskipun bisnis yang Anda jalani cuma bisa rumahan saja, namun bukan berarti Anda mengabaikan administrasi, Anda juga harus menguasai administrasi meskipun hanya sedikit.

Selalu catat administrasi dengan teratur meski nilainya kecil dan jangan mencampurkan uang pribadi dengan uang bisnis. Salah satu pondasi utama dari keberlangsungan sebuah bisnis ada pada administrasinya. Karena itulah Anda perlu belajar administrasi.

3. Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Jauhkan Pikiran dari Kegagalan
Jauhkan Pikiran dari Kegagalan
Setiap bisnis yang dibangun memiliki dua jalan, yaitu kesuksesan dan kegagalan. Seorang pebisnis sejati tidak boleh takut akan kegagalan meski masih pemula.

Jika dari awal Anda sudah tidak yakin dengan bisnis Anda, maka kedepannya Anda hanya akan mengalami kegagalan. Karena itulah penting untuk memiliki mental yang kuat meski mengalami berbagai macam kegagalan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena biasanya mental akan semakin kuat seiring dengan proses yang Anda jalani. 

Anda harus berpikir positif dan terus belajar, jangan pikirkan kegagalan ketika baru memulai bisnis. Jika gagal Anda harus tetap belajar dan mengembangkan bisnis Anda supaya tidak gagal lagi.

4. Tentukan Visi dan Misi

Tentukan Visi dan Misi
Tentukan Visi dan Misi
Visi dan Misi dalam sebuah bisnis sangatlah penting untuk menentukan kemana arah tujuan bisnis yang Anda bangun kedepannya. Meski hanya sekedar bisnis rumahan, namun Anda juga harus menentukan tujuan yang jelas.

Tujuan yang jelas ini harus Anda tetapkan supaya bisnis bisa terus berjalan, selain itu pastikan juga Anda memiliki target. 

Tanpa adanya visi dan misi, Anda akan kesulitan untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai. Tanpa adanya tujuan Anda juga akan berhenti berkembang dan malas-malasan.

5. Hitung Kebutuhan Modal

Hitung Kebutuhan Modal
Hitung Kebutuhan Modal
Anda tidak bisa menjalankan bisnis apabila modal yang Anda punya itu belum ada atau belum cukup. Karena itulah hitung dengan teliti mana saja kebutuhan yang penting supaya bisnis Anda bisa berjalan.

Hindari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, Anda juga bisa memanfaatkan apa yang ada di rumah untuk memulai bisnis. 

Contohnya untuk tempat Anda bisa menggunakan halaman rumah, garasi, kemudian gunakan alat masak yang sudah ada, dapur, dan lain sebagainya.

6. Pilih Bidang Sesuai Passion

Pilih Bidang Sesuai Passion
Pilih Bidang Sesuai Passion
Tips memulai bisnis rumahan yang selanjutnya adalah memilih bidang passion yang Anda miliki. Kenapa harus memilih passion yang Anda miliki? Karena jika bisnis dilandasi dengan passion akan lebih semangat dan mudah dalam menjalankannya.

Ketika bisnis dijalankan dengan semangat dan tanpa tekanan, bisnis yang Anda lakukan akan cepat sukses. Jadi sebaiknya hindari memilih bidang bisnis yang tidak sesuai dengan Anda atau passion Anda.

Jika Anda suka dengan fotografer, maka Anda bisa membuka jasa foto produk, sewa kamera, dan lain sebagainya. Atau mungkin jika Anda suka desain, Anda bisa membuka jasa desain grafis seperti pembuatan banner, brosur, iklan, dan lain sebagainya.

Hanya dengan bermodalkan aplikasi saja Anda sudah bisa membuka usaha sendiri. Dan tentunya itu sesuai dengan passion yang Anda miliki.

7. Pilih Waktu untuk Memulai

Pilih Waktu untuk Memulai
Pilih Waktu untuk Memulai
Membangun bisnis tidak boleh Anda lakukan secara asal-asalan. Anda tidak boleh terburu-buru dalam membangun bisnis, Anda harus cermat karena salah sedikit saja bisa sangat merugikan.

Jika Anda salah dalam memilih waktu yang tepat, maka bisnis yang Anda miliki bisa gagal dan hancur. Contohnya ketika mendekati bulan Ramadhan, maka bisnis yang paling tepat adalah baju muslim dan juga kue lebaran. Jika Anda menjual baju kaos biasa ketika Ramadhan, maka keuntungannya akan kurang atau bahkan Anda akan rugi.

8. Tentukan Keunikan Produk

Tentukan Keunikan Produk
Tentukan Keunikan Produk
Tips memulai bisnis rumahan supaya sukses yang selanjutnya adalah menentukan keunikan dari produk yang Anda jual. Jadi Anda tidak boleh asal-asalan dalam membuat produk yang akan dijual. 

Supaya produk bisa diterima dengan baik oleh konsumen dan selalu diingat, Anda harus membuat produk yang unik dan menarik dibanding produk sejenis.

Terlebih lagi sekarang persaingan sudah semakin ketat, sehingga setiap produk yang dipasarkan harus bisa menarik perhatian para pelanggan. Karena itulah sangat penting memiliki produk yang unik dan berbeda dari produk lainnya. 

Selain itu Anda juga bisa menggunakan produk yang unik tersebut sebagai brand Anda, dengan begitu produk tersebut akan lebih mudah diingat oleh para konsumen Anda.

9. Lakukan Promosi secara Tepat

Promosi secara Tepat
Promosi secara Tepat
Melakukan promosi merupakan salah satu tips memulai bisnis yang penting dan harus Anda lakukan. Promosi ini dilakukan untuk mengenalkan produk Anda kepada para calon konsumen, karena tanpa adanya promosi bagaimana konsumen tahu tentang produk Anda?

Semakin sering Anda melakukan promosi, semakin banyak juga orang yang akan mengetahui produk yang Anda jual tersebut. Namun ketika melakukan promosi Anda tidak boleh asal-asalan, Anda harus menentukan target konsumen atau audiens yang tepat.

Untuk media promosi Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya. Di sana Anda bisa melakukan promosi secara gratisan maupun berbayar, jika ingin lebih cepat, maka sebaiknya lakukan promosi berbayar.

Namun Anda harus tahu bagaimana cara melakukan promosi yang benar di Facebook atau Instagram. Karena jika asal-asalan yang ada nanti Anda malah rugi.

10. Berikan yang Terbaik

Berikan yang Terbaik
Berikan yang Terbaik
Banyak orang bilang bahwa pembeli adalah raja. Oleh karena itulah sudah sepantasnya Anda memberikan yang terbaik untuk pembeli supaya mereka puas dengan produk yang Anda jual.
Jika pembeli puas, mereka akan datang dan membeli kembali produk Anda.

Selain itu jika produk Anda bagus mereka juga akan menyarankan kepada orang-orang terdekat mereka supaya beli produk yang Anda jual.

Demikianlah beberapa tips memulai bisnis rumahan yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi tadi bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "10 Tips Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula"

Berlangganan via Email