Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Tips Sukses Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

9 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate
Bersaing di dunia kerja memang bukan hal yang mudah untuk dijalani, terutama untuk Anda yang baru saja lulus dan mendapat ijazah. Hal ini bukan karena Anda tidak layak untuk mendapat pekerjaan, namun kebanyakan perusahaan mencari karyawan yang sudah memiliki pengalaman.

Sedangkan untuk fresh graduate baru saja lulus jadi tidak memiliki pengalaman. Ditambah lagi dengan banyaknya pencari kerja yang tidak sebanding dengan lapangan kerja yang ada. Bahkan sebuah site menunjukkan lebih dari 40% lulusan masih banyak yang menganggur.

Namun meski begitu, masih banyak juga perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk para fresh graduate yang belum punya pengalaman. Meski belum punya pengalaman, perusahaan tersebut tetap melihat keahlian dari para karyawan yang akan mereka rekrut.

Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

Nah, berikut ini adalah beberapa tips mencari pekerjaan fresh graduate. Bagi Anda yang sudah lulus namun masih kesulitan mencari kerja, Anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini. 

1. Jangan Terburu-Buru

Tips pertama untuk Anda fresh graduate dalam mencari pekerjaan adalah jangan terburu-buru. Anda harus tenang dan persiapkan semua yang diperlukan untuk melamar pekerjaan dengan baik. Mulai dari surat lamaran, CV, dan dokumen pendukung lainnya.
Sebelum Anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan, ada baiknya Anda mengecek informasi tentang perusahaan tersebut, seperti gaji, jenis pekerjaan yang akan Anda hadapi nantinya, dan sebagainya.

Tidak salah memang coba-coba, namun lebih baik jika Anda menyiapkan semuanya dengan matang. Jika asal dan terburu-buru dalam melamar pekerjaan, mungkin terjadi typo pada surat lamaran atau CV Anda atau bahkan salah kirim.

Perusahaan bisa menilai buruk Anda di awal dan membuat Anda tidak lolos ke tahap selanjutnya. Karena itulah sebaiknya persiapkan dengan matang dan baik segala hal yang diperlukan untuk melamar kerja. 

2. Kenali Potensi Diri Anda

Setelah Anda belajar selama 12 tahun untuk yang lulus SMK atau bahkan yang lulus diploma dan sarjana, belum tentu Anda mengetahui kemampuan dan keinginan Anda sendiri. 
Karena itulah Anda harus mencari tahu apa keinginan Anda dan keahlian yang Anda miliki. Akan sangat bagus jika hobi atau kegemaran yang Anda miliki itu bisa menjadi sumber penghasilan. 

Anda juga harus ingat bahwa pekerjaan yang didapat tidak harus benar-benar berhubungan dengan mata kuliah yang Anda ambil. Pertama Anda harus menulis potensi apa saja yang Anda miliki. 

Jangan langsung menilai potensi yang Anda miliki merupakan suatu yang tidak berguna dan bernilai rendah. Tulis semua potensi yang ada dan pilih mana yang layak untuk dijadikan pekerjaan. Setelah itu, pilihlah skill yang bisa memberikan gaji terbesar.

3. Buat CV yang Sesuai

Sebelum melamar ke sebuah perusahaan, kenali terlebih dahulu pekerjaan yang Anda lamar di perusahaan tersebut. Jika Anda melamar di bagian kreatif, tentu Anda harus membuat CV dengan desain yang kreatif. 

Selain itu, CV kreatif yang Anda buat juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar pada perusahaan tersebut. Pastikan juga Anda menjelaskan dengan detail tentang diri Anda di CV tersebut.

Jangan lupa juga untuk memberikan lampiran yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar, ini bisa menambah nilai jual yang Anda miliki dan bisa menjadi pertimbangan untuk perusahaan.

4. Gunakan Alamat Email yang Baik

Bukan cuma CV yang Anda kirimkan saja yang perlu diperhatikan, alamat email yang Anda gunakan juga penting dan harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda melamar kerja menggunakan alamat email yang bukan milik Anda atau bukan nama Anda.

Dan jangan sampai email yang Anda gunakan tersebut menggunakan nama yang alay dan kekanak-kanakan, karena email ini juga bisa mencerminkan diri Anda. Jika perusahaan sudah menilai buruk dari email, maka penilaian selanjutnya juga akan terpengaruh.

Memang sekarang ini masih banyak orang yang menganggap nama email tidak penting. Padahal perusahaan sebenarnya perusahaan juga bisa menilai Anda berdasarkan email yang Anda gunakan.
Jadi, sebaiknya buat email dengan nama Anda sendiri, jangan gunakan nama orang lain atau nama-nama alay yang memperburuk kesan perusahaan terhadap Anda.

5. Jangan Terlalu Jadi Pemilih

Anda memang bebas memilih pekerjaan yang ingin Anda tekuni, namun jangan sampai menutup diri terhadap kesempatan yang ada yang mungkin lebih besar dari pilihan yang Anda inginkan.

Lamarlah pekerjaan di beberapa perusahaan, dengan ini Anda bisa menjadikan perusahaan lain tersebut sebagai cadangan apabila perusahaan yang Anda inginkan menolak lamaran Anda. 

Selain sebagai alternatif, ini juga bisa menghemat waktu Anda dalam menunggu panggilan atau pemberitahuan tentang diterima atau tidaknya Anda di perusahaan tersebut.

6. Gunakan Aplikasi Pencari Pekerjaan

Sekarang ini hampir semuanya serba online, salah satunya adalah dalam mencari pekerjaan. Anda tidak hanya bisa mencari pekerjaan secara offline, namun bisa juga menggunakan aplikasi atau website untuk mencari pekerjaan.

Situs resmi dari aplikasi tersebut akan memberikan informasi dan kriteria apa saja yang sedang dicari oleh perusahaan tersebut. Jadi Anda bisa menyesuaikan kemampuan dengan perusahaan yang Anda ingin lamar.

Selain itu, Anda juga bisa memberi email Anda supaya ketika ada pekerjaan baru akan ada notifikasi masuk ke HP Anda. Dengan begitu, Anda bisa langsung mendaftar lowongan pekerjaan untuk fresh graduate.

7. Manfaatkan Kenalan

Setelah Anda lulus SMK atau kuliah, cobalah untuk mendekat dengan saudara Anda yang sekarang ini sedang bekerja. Ini dimaksudkan supaya teman atau saudara Anda tersebut nyaman ketika berbicara dengan Anda.

Dengan begitu, Anda bisa menanyakan kepada mereka apakah ada lowongan untuk fresh graduate di tempat mereka bekerja. Jangan lupa juga untuk menentukan waktu yang tepat ketika bertanya.

Jangan sampai Anda bertanya sambil mendesak untuk segera menjawab, padahal sebenarnya teman atau saudara Anda tersebut sedang sibuk.

8. Perbanyak Portofolio

Selain CV, portofolio juga sangat penting ketika ingin melamar pada sebuah perusahaan. Dengan adanya portofolio, perusahaan bisa menilai seberapa besar kemampuan Anda pada bidang yang Anda kerjakan.

Cara ini bisa Anda lakukan di sela-sela waktu luang sambil menunggu pemberitahuan perusahaan dan mencari lowongan kerja lain. Anda bisa memperbanyak portofolio untuk mengasah kemampuan yang Anda miliki supaya lebih terampil dan ahli.

Salah satu cara untuk memperbanyak portofolio adalah dengan magang tanpa dibayar. Tenang, meski Anda sudah mengatakan tidak perlu dibayar, biasanya perusahaan tempat Anda magang tetap memberi uang saku untuk transportasi meski tidak banyak.

9. Buat Anda Dilirik Perusahaan

Supaya Anda dilirik oleh perusahaan, Anda harus tingkatkan kemampuan yang Anda punya. Terlebih lagi jika pada saat itu Anda sedang menunggu panggilan wawancara dari perusahaan yang Anda lamar pekerjaannya.

Persiapkan diri Anda dengan baik ketika membuat surat lamaran pekerjaan supaya perusahaan dapat mengenali potensi yang Anda miliki. Jangan malas untuk mencari tahu cara membuat surat lamaran yang kreatif, buat diri Anda berbeda dan dilirik oleh perusahaan.

Nah, semoga beberapa tips  penting tadi bisa membantu Anda yang fresh graduate dan masih bingung dalam melamar kerjaan ya. Semoga sukses.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "9 Tips Sukses Mencari Kerja untuk Fresh Graduate"

Berlangganan via Email