Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

KABAR BAIK! Kemendikbud Lanjutkan Program Kuota Internet Gratis 2021

KABAR BAIK! Kemendikbud Lanjutkan Program Kuota Internet Gratis 2021
Kabar baik untuk siswa, mahasiswa, guru, dosen, tenaga kependidikan, dan lainnya. Dimana bantuan program kuota internet gratis akan di perpanjang hingga 2021 ini. Hal itu dikatakan oleh Plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie dalam acara webinar secara online, seperti di lansir dari kompas.

"Ibu Menteri Keuangan ( Menkeu) Seri Mulyani juga sudah mention, bahwa bantuan kuota ini akan diteruskan di 2021," ungkap Hasan. Selain Menkeu, kata Hasan, Presiden Jokowi juga meminta kepada Kemendikbud, agar program bantuan kuota gratis ini dilanjutkan di 2021.

Terkait teknis kuota gratis masih akan dibahas bersama Mendikbud Nadiem Makarim, Sekjen Kemendikbud Ainun Naim, bersama semua kalangan lainnya,” ujar Hasan .

“Tujuan kita agar siswa terus mendapat pendidikan di bangku sekolah, dalam rangka menjemput bonus demografi Indonesia di 2045,” Kata Hasan.

Bantuan kuota data internet adalah bantuan yang diberikan Kemendikbud kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen berupa kuota internet seluler dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan belajar dari rumah pada masa pandemi Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19).
Bantuan kuota data internet seluler tersebut terdiri atas:
  • Kuota Umum: Kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi
  • Kuota Belajar: Kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.
Bantuan kuota internet pendidikan diberikan kepada peserta didik pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah, pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah, mahasiswa dan dosen.

Peserta didik PAUD akan mendapatkan paket kuota internet sebesar 20 gigabyte (GB) per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB. Lalu, paket kuota internet untuk guru PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Sedangkan paket kuota internet untuk mahasiswa dan dosen ialah 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan kuota data internet ini?

Penerima bantuan kuota internet pendidikan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Peserta Didik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah:

  1. Terdaftar di aplikasi Dapodik; dan
  2. Memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/orang tua/anggota keluarga /wali.

Pendidik pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

  1. Terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif; dan
  2. Memiliki nomor ponsel aktif.

Mahasiswa

  1. Terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang double degree;
  2. Memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan; dan
  3. Memiliki nomor ponsel aktif.

Dosen

  1. Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif pada tahun ajaran 2020/2021;
  2. Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP); dan
  3. Memiliki nomor ponsel aktif.

M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

1 comment for "KABAR BAIK! Kemendikbud Lanjutkan Program Kuota Internet Gratis 2021"

  1. wahhh mana ada kak, coba pm ane kak oh iya ada kah informasi Cara Mendaftarkan Kartu Telkomsel dan jangan lupa kunjungi balik blog ane ya di koinx.id

    ReplyDelete