Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Simulasi Tes Bakat Skolastik (Penalaran) Persiapan PPPK

Simulasi Tes Bakat Skolastik (Penalaran) Persiapan PPPK
Ilmubeton-Pada kesempatan kali ini, kami masih membagikan soal-soal test pppk. Dimana pada kali ini soal-soal kami bagikan dalam bentuk simulasi. Dengan mencoba simulasi ini, diharapkan anda dapat mengetahui level kemampuan anda sehingga bisa meningkatkan pembelajaran dalam menghadapi seleksi PPPK nanti.

Pada simulasi kali ini, tema tes kemampuan yang disajikan adalah Tes Bakat Skolastik (Penalaran). Level soal kali ini adalah  soal dengan level HOTS (High Order Thinking Skill). Dalam meyelesaikan soal soal berikut dibutuhkan analisis penalaran, memahami pokok persoalan dan mencari penyelesaiannya.

Simulasi ini dibuat untuk persiapan dalam menghadapi seleksi PPPK. Sesuai Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) terdiri atas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan PPPK.

Terkait dengan masa perjanjian kerja, sebagaimana dalam UU, masa hubungan Perjanjian Kerja bagi P3K paling singkat 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan dan berdasarkan penilaian kinerja

Simulasi Tes Bakat Skolastik (Penalaran) Persiapan PPPK

Berikut ini adalah simulasi Tes Bakat Skolastik Subtes Penalaran: Mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah.

Silahkan Jawab pertanyaan dengan memilih jawaban pada masing-masing soal, setelah salah satu jawaban dipilih maka baru bisa berpindah ke soal berikutnya.
Setelah menjawab dan menyelesaikan seluruh soal, maka akan ada nilai skor dari hasil simulasi anda.

Untuk melihat hasil dari jawaban yang anda pilih, silahkan klik tombol "lihat hasil", maka jawaban yang anda pilih akan kembali ditampilkan dan jika jawaban tersebut salah maka akan ditunjukkan jawaban yang benar.


Kemudian klik tombol "ulangi simulasi" pada bagian akhir simulasi jika hendak kembali mengulang simulasi ini. Simulasi akan diulang dengan soal yang sama tetapi dengan urutan yang acak. Ini berguna untuk melihat kemampuan daya ingat anda terhadap jawaban soal.

Klik tombol "coba simulasi lainnya"  disamping tombol "ulangi simulasi" jika ingin mengakhiri simulasi ini dan ingin berpindah ke simulasi lainnya.

Selamat mengerjakan simulasi ini, semoga bermanfaat.




M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

8 comments for "Simulasi Tes Bakat Skolastik (Penalaran) Persiapan PPPK"

  1. Asalamualaikum pak, ijin bertanya..mengapa tes bakat skolastiknya tidak ditampilkan secara detail..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, Apakah maksudnya pembahasannya ?
      Baik, paket selanjutnya akan kami coba lebih detailkan lagi pembahasannya

      Delete
  2. ijin bertanya pak. Apakah Tes bakat Skolastik/Penalaran materinya sama dengan tes TIU pada Ujian CPNS? makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada Skd, TBS ada pada sub TIU, namun subtes yg diujikan adalah semua subtes TBS, sedangkan pada p3k hanya tbs penalaran

      Delete
    2. mohon untuk disertai video penjelasan atau rumusnya pak

      Delete
  3. Mohon maaf , untuk kunci jawabannya kok kayak ada yang belum pas ya...no.1, no. 5,6, 10...mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf pak, nomornya acak dan random, berbeda setiap orng membukanya, jadi kami tidak tahu soal mana yang dimaksud

      Delete
  4. Kayaknya ada jawaban yang kutang tepat deh?

    ReplyDelete