Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Lulusan SMA Berpeluang Ikut pada CPNS 2021, Berikut Daftar Instansi Dengan Formasi SMA Pada CPNS 2019

Lulusan SMA Berpeluang Ikut pada CPNS 2021, Berikut Daftar Instansi Dengan Formasi SMA Pada CPNS 2019
Seleksi Cpns pada tahun 2021 direncanakan pemerintah dibuka pada bulan maret atau april yang pelaksanaannya beriringan dengan seleksi PPPK sejuta guru. Saat ini masih dalam tahap pembahasan kebutuhan formasi dan menunggu selesainya jumlah masing-masing kebutuhan yang diajukan seluruh instansi.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyebutkan, pendaftaran CPNS Formasi 2021, bisa terlaksana pada April hingga Mei tahun depan.

"Diperkirakan proses pendaftaran sudah bisa dimulai bulan April sampai dengan Mei 2021," ujarnya kepada Kompascom baru-baru ini.  Berdasarkan draf progres usulan formasi ASN dan rencana rekrutmen tahun 2021 yang diterima, awalnya perpanjangan usulan formasi tahun 2021 yang rencananya Maret 2021, diperpanjang hingga akhir Mei.

Kemudian, diperpanjang lagi hingga akhir Agustus 2021. Total usulan formasi yang masuk untuk instansi pusat sebanyak 113.172 dan pemerintah daerah 438.170.

Dari total usulan formasi tersebut, apakah ada formasi untuk lulusan SMA ? Tentu saja ada peluang untuk lulusan SMA pada seleksi cpns 2021. Jika melihat dari formasi pada cpns 2019, ada beberapa instansi yang membuka syarat lulusan SMA .

Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi salah satu kementerian yang membuka formasi di CPNS 2019 untuk jenjang SMA sederajat. Terdapat 3.532 formasi yang disediakan untuk lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA. Adapun alokasi formasi 2.875 untuk lulusan SMA sederajat dengan jabatan Penjaga Tahanan, yang disediakan untuk 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan 2.774 untuk formasi umum.

Selain itu, Pada cpns 2019 kemenkumham juga menyediakan sebanyak 2.774 formasi umum yang terdiri dari 2.497 pria dan 277 wanita. Adapun 2.875 formasi itu tersebar di 33 kantor wilayah. Lulusan SMA juga dapat mendaftar pada jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula yang disediakan Kemenkumham sebanyak 657 formasi. Dari 657 formasi tersebut, terbagi atas 9 formasi khusus Papua dan Papua Barat dan 588 formasi umum.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2019 juga memberikan jatah bagi para lulusan SMK.

Hal tersebut sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh KLHK dengan Total terdapat 80 formasi yang dibuka KLHK melalui jalur SMK. Dari 80 formasi tersebut, hanya diperuntukkan pada jabatan Pelaksana Pemula/Pemula Polisi Kehutanan.

Kementerian Perhubungan

Pada kementerian perhubungan juga tidak ketinggalan dalam membuka formasi untuk lulusan SMA. Total terdapat 85 kursi untuk lulusan SMK/SMA.

Mayoritas formasi membutuhkan persyaratan ketrampilan tambahan seperti sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Bahasa Inggris.

Kejaksaan Agung

Dari informasi yang tercantum pada rekrutmen.kejaksaan.go.id, kejaksaan Agung juga membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 untuk jalur SMA sederajat. Kejaksaan Agung membuka total 2.000 formasi seleksi CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat.

Adapun dari total jumlah formasi tersebut, terbagi menjadi dua jabatan, yakni sebagai pengawal tahanan atau pengawal narapidana dan pengemudi tahanan. Pengawal tahanan atau pengawal narapidana sebanyak 1.000 formasi sedangkan pengemudi tahanan juga sama, 1.000 formasi.

Untuk pengawal tahanan atau pengawal narapidana, dibutuhkan formasi putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi. Sementara sisanya sekitar 988 orang, dialokasikan untuk umum. Sama seperti pengawal tahanan atau pengawal narapidana, kuota pengemudi tahanan juga dibagi dalam 2 jenis formasi, yakni putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi dan 988 orang dialokasikan untuk umum.

Kementerian Keuangan

Pada Kementerian Keuangan, total formasi yang tersedia adalah 202 kursi dengan jumlah 10 kursi untuk lulusan dengan kualifikasi pendidikan SMK.

Kementerian Pertanian

Lalu kemudian kementerian yang membuka kursi cpns untuk lulusan sma pada 2019 adalah kementrian Pertanian. Kementerian ini membuka lowongan untuk SMK sebanyak 45 kursi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga turut membuka seleksi CPNS 2019 untuk jalur SMA/SMK. 

Total terdapat 11 formasi yang terbagi atas tiga jabatan. Yakni administrasi Keuangan sebanyak 3 formasi, Teknisi Laboratorium, 2 formasi, dan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran, 6 formasi.

Badan Narkotika Nasional

Yang terakhir adalah Badan Narkotika Nasional (BNN), pada lembaga ini terdapat 7 kursi yang diperuntukkan khusus pendaftar dari SLTA/Sederajat.

Demikian Daftar Instansi Dengan Formasi SMA Sederajat Pada CPNS 2019. Formasi dari instansi tersebut diatas bisa menjadi list pertama yang harus diperiksa pada cpns 2021 bagi lulusan SMA sederajat.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

1 comment for "Lulusan SMA Berpeluang Ikut pada CPNS 2021, Berikut Daftar Instansi Dengan Formasi SMA Pada CPNS 2019"

  1. Apakah operator sekolah dasar yang lulusan SMA bisa ikut tes CPNS

    ReplyDelete

Berlangganan via Email