Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Aplikasi Office yang Wajib Ada di HP Android

10 Aplikasi Office yang Wajib Ada di HP Android

Bukan sekedar untuk berkomunikasi atau berselancar di internet, kini smartphone sudah memiliki fungsi yang lebih krusial. Bahkan hanya dengan ponsel genggam ini produktivitas Anda akan lebih maksimal.

Salah satu caranya adalah dengan menginstall aplikasi Office di HP Android. Ya, seperti yang Anda ketahui, jika saat hampir semua kalangan membutuhkan Office untuk produktivitasnya. Mulai dari para pekerja, mahasiswa hingga siswa.

Dengan hadirnya aplikasi Office yang bisa diinstall di HP Android tentu akan sangat memudahkan Anda mengakses, mengedit bahkan membuat sebuah dokumen. Dengan kata lain, untuk menggunakan Office, kini Anda tidak harus melalui PC lagi.

Rekomendasi Aplikasi Office Terbaik Untuk Android

Aplikasi Office untuk Android pun sangat beragam, dan bisa banyak yang bisa Anda dapatkan secara gratis di PlayStore. Nah berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. TextMaker Mobile

Contoh lembar kerja TextMAker Mobile
Contoh lembar kerja TextMAker Mobile
TextMAker Mobile merupakan aplikasi Office untuk Android yang sudah terkoneksi dengan Google Drive, Dropbox, OneDrive dan Evernote. Konektivitasnya yang sangat lengkap membuat para pengguna TextMaker Mobile menjadi lebih mudah mengakses file.

Menariknya, dari aplikasi ini Anda bukan hanya bisa mengedit file dengan format .doc atau .docx saja, namun Anda juga bisa mengekspor tersebut menjadi format PDF. 

Fitur seperti undo, redo dan fitur editing lain juga tersedia lengkap dalam aplikasi ini. Jadi sangat praktis bukan?

2. Chrome Remote Desktop

Chrome Remote Desktop
Chrome Remote Desktop
Anda sedang berada di luar rumah namun harus segera mengakses PC untuk mengedit suatu file? Tak perlu bingung lagi, sekarang ada Chrome Remote Desktop yang memungkinkan Anda mengakses PC dari jarak jauh.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda akses melalui aplikasi ini adalah Office. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol PC layaknya remote jarak jauh. 

Selain membuka, Anda juga bisa mengambil file penting dari PC ke smartphone. Pastinya proses pengambilan file dari Office PC ke smartphone ini bisa gratis dan sangat mudah.

3. Docs To Go

Docs To Go
Docs To Go
Rekomendasi aplikasi Office untuk Android berikutnya adalah Docs To Go. Aplikasi ini akan sangat membantu Anda yang memiliki tingkat kepadatan aktivitas tinggi. Docs To Go bisa memungkinkan Anda melakukan pekerjaan secara mudah.

Format file yang bisa diakses melalui aplikasi ini antara lain adalah Excel, Microsoft Word, dan PDF. Tentunya aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur editing yang memungkinkan Anda mengedit file secara cepat dan praktis.

Satu lagi keunggulan dari Docs To Go, dimana Anda tidak perlu sign up terlebih dahulu sebelum mengakses aplikasi.

4. Google Drive

Google Drive
Google Drive
Banyak dari Anda yang pastinya sudah tidak asing dengan aplikasi Office terbaik satu ini. Aplikasi yang bisa dengan mudah diinstall di Android ini akan membantu Anda menyimpan file dengan jumlah besar.

Bahkan file yang dapat disimpan dalam Google Drive bukan hanya file Microsoft Office, namun juga PDF, foto, video dan semua file yang Anda miliki.

Selain memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar, Google Drive juga memungkinkan Anda mengakses file secara mudah. Bahkan Anda bisa membagikan file pada Google Drive secara mudah dan praktis.

Fitur mesin pencari pun disertakan pada aplikasi ini, sehingga Anda tak perlu repot mencari satu per satu file yang hendak diakses.

5. OfficeSuite

OfficeSuite
OfficeSuite
Kemudahan untuk memaksimalkan produktivitas memang sudah sangat dibantu dengan teknologi masa kini. Salah satunya terbukti dari aplikasi OfficeSuite. Dimana Anda bukan hanya bisa menggunakan Office di dalamnya, namun juga membuat Power Point.

Tak hanya itu, dari sini Anda juga bisa mengedit PDF secara langsung dan tanpa ribet. Fitur editing pada aplikasi ini memang sangat lengkap dan mudah untuk digunakan.

Dalam satu aplikasi ini, ada beberapa aplikasi yang dapat diakses, yakni Excel, Word, PDT dan Power Point. Sementara untuk format penyimpanan yang support di Office Suite adalah DOC, DOCM, DOCX, XLS, XLSM, XLSX, PPT, PPS, PPTX, PPSX, PPSM dan PPTM.

6. Microsoft Office

Microsoft Office
Microsoft Word
Tak mau kalah, Microsoft juga hadir untuk para pengguna smartphone. Aplikasi for Android ini resmi dari Microsoft, sehingga untuk tampilan dan fitur yang ditawarkan tak perlu diragukan lagi.

Ada beberapa Microsoft populer yang bisa Anda akses dari aplikasi ini, seperti Microsoft Excel, Microsoft, Word dan Microsoft Power Point. Sayang, masing-masing aplikasi Office tersebut harus Anda download satu per satu. Namun hal ini juga menjadi satu kelebihan, karena Anda tidak harus download aplikasi Office yang tidak dibutuhkan.

Melalui Microsoft Office, Anda bukan hanya bisa mengakses atau mengedit file saja, namun juga membuat file baru. Fitur pengetikan yang ditawarkan pun sama lengkapnya seperti versi PC.

Bahkan untuk Power Point pun bisa digunakan dengan mudah, sehingga kini Anda bisa membuat slide presentasi dimanapun dan kapanpun.

7. Polaris Office

Polaris Office
Polaris Office
Buat Anda yang memiliki keterbatasan ruang penyimpanan, Polaris Office adalah aplikasi Office terbaik yang bisa Anda download pada HP Android. Aplikasi ini hanya berukuran 50 MB.

Meski begitu, fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Anda bisa membuka, mengedit dan juga menyimpan file berupa excel, word, dan tentunya Power Point. Begitu juga dengan file PDF yang bisa Anda akses melalui aplikasi yang cukup ringan ini.

Keunggulan lain yang ditawarkan Polaris Office adalah, pengguna dapat mengakses file dengan format Google Docs dan Spreadsheet, bahkan Slide.

8. WPS Office

WPS Office
WPS Office
Aplikasi Office untuk Android lain yang sudah sangat populer adalah WPS. Sama seperti aplikasi sebelumnya, ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk install aplikasi Office satu ini juga cukup kecil, yakni hanya 35 MB saja.

Melalui aplikasi WPS Office, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seperti mengakses file berformat Word, Excel, Txt, PowerPoint dan PDF. Sesuai namanya, aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan perubahan alias editing pada file secara mudah.

Aplikasi ini bisa Anda install secara gratis melalui Google Play Store. Namun jika ingin mengakses aplikasi bebas iklan, Anda bisa berlangganan WPS Office Premium dengan biaya yang masih relatif terjangkau.

9. SmartOffice

SmartOffice
SmartOffice
Rekomendasi selanjutnya jatuh pada SmartOffice, sebuah aplikasi Office for Android yang hadir dengan beberapa kelebihan. Benar saja, melalui satu aplikasi ini, Anda bukan hanya bisa mengakses dan mengedit file Word, Excel dan PowerPoint saja.

Disini Anda juga disuguhi fitur yang memungkinkan untuk convert file berformat Microsoft Office menjadi PDF. Setelah semua file selesai diedit atau di-convert, pengguna dapat menyimpannya di Google Drive, Box ataupun DropBox secara aman.

10. Quip

Quip
Quip
Terakhir ada Quip, aplikasi yang akan memudahkan Anda dalam mengakses file Microsoft Office. Sama seperti aplikasi-aplikasi Office untuk Android lain, Quip juga memungkinkan Anda untuk editing file.

Fitur menarik yang ditawarkan aplikasi ini adalah adanya area chat and messaging. Dengan fitur ini, pengguna bisa berkomunikasi dengan partner ketika membahas file yang sedang diedit. 

Fitur unggulan lain yang ditawarkan Quip adalah export & import, serta mengubah PDF menjadi Microsoft Office.

Penutup

Demikianlah 10 Aplikasi Office yang Wajib Ada di HP Android, Anda bisa memilih salah satu aplikasi Office untuk Android di atas sesuai kebutuhan, karena setiap aplikasi tentunya menawarkan kelebihan masing-masing.
M Hadi H, ST.
M Hadi H, ST. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan

Post a Comment for "10 Aplikasi Office yang Wajib Ada di HP Android"

Berlangganan via Email