-->< >

Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call di Aplikasi WhatsApp

Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call di Aplikasi WhatsApp
Aplikasi chatting yang kini sudah banyak dipakai adalah Whatsapp (Wa). Jika mengingat, aplikasi wa memiliki sejarah panjang untuk melalui berbagai persaingan menjadi aplikasi chatting yang banyak dipakai seperti sekarang. Sejak jaman BBM, lalu ada Line kemudian Kakaotalk, wechat dan aplikasi sejenis lainnya saling berlomba lomba untuk menjaga kepuasan pemakainya. Banyak cara dilakukan baik dengan menambah fitur maupun dengan interface yang mudah digunakan.

Berbicara fitur, Whatsapp selalu menambahkan fitur-fitur baru di setiap update terbarunya. Beberapa fitur unggulan WhatsApp seperti panggilan suara atau voice call, panggilan video atau video call, stiker, WhatsApp Web, enkripsi end to end, group komunitas, pesan suara dan lain-lain. Di antara semua fiturnya, video call jadi salah satu fitur yang sering digunakan. Apalagi di masa pandemi seperti ini yang melarang kita bertemu secara langsung.

Dengan fitur video call pada whatsapp membuat komunikasi antar keluarga bisa tetap terjaga tanpa harus keluar rumah. Namun, kadang terjadi error yang membuat kita gagal melakukan video call. Agar video call bisa dilakukan, aplikasi WhatsApp memerlukan izin akses mikrofon dan kamera pada HP. Kedua hal ini yang perlu diperhatikan.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa solusi untuk setiap kemungkinan penyebab tidak bisanya video call di WhatsApp.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Video call di WhatsApp

1. Update WhatsApp

Solusi pertama yang harus diperhatikan saat tidak bisa melakukan panggilan video Whatsapp adalah mencoba untuk melakukan update aplikasi. Karena pengembang aplikasi Wa secara berkala mengupdate aplikasinya untuk mengembangkan fitur dan menghilangkan Bug yang ada.

Masalah panggilan video mungkin terjadi karena smartphone kamu masih mengintal versi WhatsApp lama. Bukalah App Store atau Google Play Store dan perbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

2. Koneksi Internet Stabil

Untuk melakukan panggilan video, diperlukan jaringan internet yang lebih stabil. Tidak seperti panggilan suara, selain bertukar suara panggilan video juga bertukar gambar realtime sehingga membutuhkan jaringan yang lebih stabil.

Untuk mencoba penyebab tidak bisanya melakukan panggilan video bisa dilakukan dengan menyambungkan handphone dengan Jaringan Wifi. Jika panggilan masih belum bisa juga, walaupun jaringan yang dipakai sudah stabil dan tidak ada kendala maka bisa melanjutkan ke solusi berikutnya.

3. Izinkan Semua Perizinan WhatsApp

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WhatsApp memerlukan perizinan mikrofon dan kamera untuk melakukan video call. Mungkin kamu telah menolak izin tersebut saat menginstal atau update aplikasi WhatsApp. Itu bisa menjadi alasan mengapa audio dan video di Whatsapp tidak berfungsi. Periksa Setelan HP dan izinkan permission atau perizinan yang diperlukan WhatsApp.

Ada dua cara untuk membuka pengelola perizinan. Kamu bisa buka Settings dan masuk ke Apps & notification. Pilih See All Apps, pilih WhatsApp.

Atau, kamu bisa tekan dan tahan ikon WhatsApp lalu pilih opsi App Info, maka kamu akan masuk ke menu info aplikasi. Di sana, pilih menu Allow dan aktifkan izin untuk Kamera dan Mikrofon.

4. Aktifkan Penggunaan Data Latar Belakang

Mengaktifkan opsi ini memungkinkan kamu menerima video call WhatsApp bahkan saat kamu tidak sedang menggunakan aplikasi WhatsApp. Tekan dan tahan ikon aplikasi WhatsApp, lalu pilih App Info. Buka Mobile data & Wi-Fi dan aktifkan opsi Background data.

5. Matikan Penghemat Data atau Data Saver

Mode penghemat data di Android dapat menghalangi WhatsApp berfungsi dengan normal. Jika kamu mengaktifkan mode data rendah, maka itu bisa saja mencegah WhatsApp untuk mengambil informasi seperti panggilan video yang masuk atau melakukan panggilan video dengan lancar.

Untuk mematikan penghemat data, buka Settings, pilih Network & Internet, pilih dan matikan opsi Data Saver.

6. Matikan Penghemat Baterai

Mode penghemat baterai bertujuan mencegah aplikasi berjalan di latar belakang untuk menghemat daya baterai. Jika kamu mengaktifkan opsi ini, pertimbangkan untuk mematikannya demi kelancaran video call WhatsApp.

Caranya, buka Settings, pilih Battery, Pilih dan matikan Battery Saver.

7. Matikan Penggunaan Data Rendah WhatsApp

WhatsApp juga menawarkan mode penggunaan Data Rendah atau Low Data Usage. Matikan mode ini agar video call WhatsApp lancar. Buka WhatsApp, masuk ke Pengaturan Aplikasi, pilih Data and Storage Usage lalu matikan Low Data Usage.

8. Hapus Cache

Untuk menghapus cache, tekan dan tahan ikon aplikasi WhatsApp, lalu pilih App Info. Buka menu Storage & cache lalu hapus cache WhatsApp.

Demikianlah Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call di Aplikasi WhatsApp, semoga dengan mencoba salah satu solusi tersebut diatas aplikasi whatsapp anda bisa kembali melakukan panggilan video dengan Normal.


GRATIS !!!
Dapatkan update artikel terbaru IlmuBeton.com:

Jangan lupa Konfirmasi melalui link Aktivasi yang kami kirimkan ke email Anda

0 Response to "Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call di Aplikasi WhatsApp"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar berupa saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan. Hanya komentar dengan Identitas yang jelas yang akan ditampilkan, Komentar Anonim, Unknown, Profil Error tidak akan di approved

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel