Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Ampuh Membagi Waktu agar Lebih Produktif dengan Menggunakan Metode Eisenhower

Cara Ampuh Membagi Waktu agar Lebih Produktif dengan Menggunakan Metode Eisenhower

Saya yakin beberapa dari kalian masih bingung mengenai bagaimana cara membagi waktu dengan baik. Entah itu waktu untuk belajar, kegiatan sekolah atau kampus, dan juga waktu istirahat.

Terutama,

Bagi kalian para pelajar dan juga bagi mahasiswa yang masih merasa kesulitan dengan cara membagi waktu yang baik, sampai-sampai tugas-tugas kalian terbengkalai. Dan lebih parahnya lagi, kamu tidak bisa membagi waktu mu untuk kegiatan yang berhubungan dengan agama, seperti mengaji misalnya....

Tapi tenang, pada artikel kali ini, saya akan membagikan cara membagi waktu yang bener-bener sangat bermanfaat dan mudah diterapkan.

Lalu dengan cara apa sih? "Metode Eisenhower." Yap, itu dia caranya...!
Lantas, bagaimana cara membagi waktu dengan menerapkan metode tersebut?
Langsung saja simak pembahasan nya dibawah ini:

Cara Membagi Waktu

Waktu memang bisa menjadi pedang bermata dua yang terkadang bisa melukai si pemegang pedang dan  juga bisa mengalahkan lawan kita dengan pedang tersebut.

Apa maksud nya?

Apabila kamu tidak bisa menggunakan waktu mu dengan baik, seperti, lebih banyak membuang-buang waktu dengan aktivitas yang tidak berguna, dan sebagainya, maka waktu yang kamu sia-siakan tadi akan datang dan membunuh mu secara perlahan.

Sebaliknya,

Apabila kamu bijak dalam menggunakan waktu, masalah apapun itu kamu bisa menyelesaikan nya dengan baik. Itulah yang dimaksud pedang bermata dua.

Lalu, bagaimana cara mengendalikan pedang bermata dua tersebut?

Tentunya kita harus bijak dalam menggunakan waktu.

Selain itu,

Kamu juga harus pandai dalam memilah nya, seperti, menentukan mana yang penting dan mana yang tidak penting.

Ya... itu adalah hal yang bersifat relatif karena setiap orang memiliki pandangan masing-masing terhadap suatu hal.

Jadi yang perlu kamu lakukan adalah cerdik dalam memilah kegiatan alias membagi waktu.

Lalu [lagi] bagaimana cara memilahnya?

Tenang... disini saya akan membahas bagaimana cara membagi waktu dengan metode Eisenhower.

Cara Membagi Waktu Sehari Hari dengan Metode Eisenhower

tabel eisenhower
Tabel Eisenhower
Metode yang satu ini sangat cocok bagi kalian para pelajar dan mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan sekolah ataupun kampus.

Selain itu, dengan metode ini kamu akan dipermudah dalam membuat suatu keputusan mengenai kegiatan-kegiatan apa yang akan kamu lakukan.

Untuk itu, saya sangat menyarankan bagi kamu yang ingin lebih cerdik dalam membagi waktu dan ingin menjadi pribadi yang lebih produktif, gunakan lah Metode Eisenhower ini, saya yakin kamu akan lebih mudah dalam mengatur waktu.

Nah... terus tabel di atas itu gunanya apa? Tenang... saya bakal njelasin kok, let's check this out:
  1. PENTING tapi MENDESAK: Kamu tidak perlu berpikir panjang, kamu juga tidak untuk perlu menunda-nunda lagi, yang harus kamu lakukan adalah KERJAKAN SEKARANG JUGA!
  2. PENTING tapi TIDAK MENDESAK: Kamu tidak harus mengerjakannya sekarang, kamu bisa mengerjakannya di lain waktu, kamu hanya perlu menentukan waktu yang pas untuk mengerjakan ini.
  3. TIDAK PENTING tapi MENDESAK: Ketika kamu dalam keadaan seperti ini, mungkin kamu bisa menyuruh teman/bawahan/ untuk mewakili kamu. Dengan begini kamu bisa melakukan kegiatan lain yang lebih penting.
  4. TIDAK PENTING tapi TIDAK MENDESAK: Ketika hal ini mengganggu pikiran kamu, yang harus dilakukan adalah LUPAKAN dan KERJAKAN KEGIATAN LAIN YANG LEBIH PENTING. Untuk apa melakukan hal yang tidak penting, masih banyak diluar sana kegiatan-kegiatan yang jauh lebih penting dan juga bermanfaat, jadi lupakan saja.
Dengan menerapkan cara mengatur waktu melalui metode di atas, saya harap kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan waktu.

Cara Kerja Tabel Eisenhower

Contoh cara kerja tabel Eisenhower
Contoh cara kerja tabel Eisenhower
Bagi kalian yang masih belum paham bagaimana cara kerja tabel ini untuk mengatur waktu, pada bagian ini saya akan membuat metode ini lebih mudah dipahami melalui bagian ini.

Ok, jadi begini cara kerjan nya:
  1. Pada tabel tersebut, mengerjakan tugas adalah kegiatan yang penting dan mendesak. Jadi kamu harus melakukannya sekarang juga dan jangan mengulur-ulur waktu lagi.
  2. Di sisi kanan, kegiatan belajar dan bersih-bersih adalah kegiatan yang penting tapi tidak mendesak. Jadi kamu tidak harus melakukannya sekarang tapi kamu bisa melakukannya di lain waktu, nah dengan begitu, kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan tersebut.
  3. Di sisi kiri, tepatnya pada kolom bagian kedua, datang ke seminar merupakan kegiatan yang tidak penting dan mendesak. Nah, disini kamu bisa menyuruh kerabat/bawahan kamu untuk mewakili kamu di acara tersebut. Dengan begitu kamu bisa melakukan kegiatan lain yang lebih penting.
  4. Di bagian kanan, tepatnya pada kolom bagian kedua, ngepoin profil orang dan baca status orang merupakan kegiatan yang tidak penting dan tidak mendesak. Hmm, saya rasa kamu harus melupakan kegiatan tersebut dan beralih ke kegiatan yang lebih penting dan bermanfaat.
Bagaimana? sudah paham? Saya harap kamu bisa memahaminya. Kalau kurang paham kamu bisa bertanya di kolom komentar.

Penutup

Sekian dari artikel yang berjudul Cara Ampuh Membagi Waktu agar Lebih Produktif dengan Menggunakan Metode Eisenhower saya harap artikel ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kalian para pelajar, mahasiswa dan karyawan yang kesulitan dalam mencari waktu untuk belajar dan istirahat.

Selain itu saya berharap pembaca sekalian mau memberikan masukan berupa kritik dan saran agar saya bisa membuat artikel lebih baik lagi dan tentunya lebih bermanfaat. Akhir kata, cukup sekian dan terima kasih.
M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Cara Ampuh Membagi Waktu agar Lebih Produktif dengan Menggunakan Metode Eisenhower"