Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa itu SBMPTN dan Cara Belajar serta Tips untuk Menghadapi SBMPTN Tanpa Bimbel

Apa itu SBMPTN dan Cara Belajar serta Tips untuk Menghadapi SBMPTN Tanpa Bimbel
SBMPTN tentunya bukanlah hal yang asing bagi anak SMA/SMK tahap akhir atau kelas XII. Tapi kalian tau ngga sebenernya Apa itu SBMPTN?

Dan apa aja cara serta tips untuk menghadapi SBMPTN?

Pada artikel ini saya akan menjelaskan apa dan bagaimana untuk melakukannya, untuk itu simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu SBMPTN?

Apa itu SBMPTN?
Apa itu SBMPTN? - Seperti yang kita ketahui singkatan dari SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diadakan diseluruh daerah (di Indonesia) secara serentak.

Lalu apa bedanya dengan SNMPTN? kalau SNMPTN tanpa tes sedangkan, SBMPTN harus melewati Test Kemampuan Dasar baik itu kemampuan dasar Saintek, Soshum, dan Test Potensi Akademik (logika).

Test ini biasanya dimulai setelah pengumuman SNMPTN diumumkan.

Dan untuk pilihan Test Nya ada 3 macam yaitu Saintek, Soshum, dan Test Potensi Akademik (logika).

Loh... Saintek itu apa? Soshum itu apa? Test Potensi Akademik itu apa?

Tenang...

Pada bagian ini saya akan menjelaskan nya 1 demi 1, untuk itu disimak baik-baik.

Jenis-Jenis Test yang Ada di SBMPTN

Pada bagian ini saya akan menjelaskan test jenis apa saja yang akan kalian hadapi ketika kalian mengikuti SBMPTN. Berikut pembahasannya.

Test Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek)

tkd saintek
TKD Saintek yaitu test yang soalnya berhubungan dengan ilmu sains dan matematika ipa.

Nah... soal ini akan kalian hadapi apabila kalian mendaftar kuliah jurusan yang ada hubungannya dengan Sains.

Contohnya :

Teknik Informatika, Teknik Sipil, Kedokteran, Matematika, dan jurusan-jurusan kuliah yang ada hubungannya dengan matematika ipa dan sains.

Untuk soalnya sendiri terdiri dari 3 mata pelajaran wajib SMA jurusan IPA seperti Fisika, Kimia, dan Matematika IPA.

Nah... soalnya sendiri berjumlah 60 soal yang didalamnya ada 3 tipe soal, yaitu soal pilihan ganda (Tipe A), soal sebab-akibat (Tipe B), dan soal pilihan ganda kompleks (Tipe C).

Untuk waktu ujian nya kalian hanya diberikan waktu hanya 105 menit.

Test Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum)


TKD Soshum salah satu jenis test yang ada didalam SBMPTN.

Test ini mengacu pada soal-soal yang berhubungan dengan ilmu-ilmu sosial atau biasa disebut dengan IPS.

Test ini akan ditemui apabila kamu mendaftar jurusan kuliah yang jurusan tersebut berhubungan dengan ilmu sosial (IPS).

Contohnya :

Ekonomi, Akuntansi, Management bisnis, Hubungan Internasional, Sastra Inggris, dan jurusan-jurusan yang berhubungan erat dengan ilmu sosial lainnya.

Soal yang ada didalam test ini yaitu semua jenis mata pelajaran wajib SMA IPS.

Seperti :

Sejarah, geografi, ekonomi, dan lain-lain (maaf saya tidak bisa menyebutkan secara spesifik karena dulunya saya bukan anak IPS :D ) Untuk jumlah soal dan tipe-tipe soal SAMA dengan TKD Saintek.

Untuk soal berjumlah 60, didalamnya terdapat 3 tipe soal yaitu: pilihan ganda, sebab akibat, dan pilihan ganda kompleks.Hanya saja waktu yang diberikan lebih singkat yaitu 75menit.

Test Potensi Akademik (TPA/Test Logika)
TPA/Test logika ini adalah jenis test seleksi yang pasti ada di semua test seleksi.

Test ini berbeda dengan Soshum dan Saintek, karena test ini berisi test yang mengetes seberapa besar potensi akademik kita, seberapa baik kemampuan logika kita dalam memahami sesuatu.

Nah... test ini tujuannya adalah untuk mencari calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang baik. Soal-soal nya terdiri dari soal-soal deret aritmatika, geometri, mencocokkan gambar, logika, dan Bahasa Inggris.

TPA adalah jenis test seleksi  yang bersifat wajib jadi, apapun jenis jurusan yang kamu ambil pasti kamu akan menemui test yang satu ini.

Jadi:

Bagi kalian yang akan menghadapi SBMPTN jangan lupa untuk mempelajari test seleksi yang satu ini, karena ini hukumnya wajib.
FYI: Kenapa saya tidak menampilkan gambar contoh naskah soalnya? karena soal TPA saat SBMPTN dilarang untuk dibawa pulang.

Bagaimana Tips untuk Menghadapi SBMPTN?


Tips untuk Menghadapi SBMPTN -  Pada bagian ini saya akan membahas Tips yang harus kamu lakukan untuk menghadapi SBMPTN.

SBMPTN tentunya tidak sama dengan test pada umum nya. SBMPTN adalah test seleksi jadi akan sedikit berbeda dengan ujian atau ulangan yang pernah kalian hadapi sebelumnya, untuk itu sebelum menghadapi SBMPTN kalian harus melakukan persiapan yang benar-benar matang sehingga kalian tidak kaget ketika melihat soal SBMPTN yang KATANYA 40% lebih sulit dari soal UN.

Sebenernya BUKAN KATANYA 

Tapi ITU ADALAH FAKTA!

Kalau soal SBMPTN benar-benar 40% lebih sulit dari soal UN. Maka dari itu bagi kalian yang akan mengikuti SBMPTN saya sarankan untuk membaca dan pahami artikel ini dengan baik, untuk itu simak sampai habis ya...

Tips untuk Menghadapi SBMPTN

Disini adalah tips yang harus kalian lakukan sebelum menghadapi SBMPTN, berikut pembahasannya.

Pahami Medan Pertempurannya


Sama halnya ketika seseorang hendak berperang mereka harus berusaha untuk mencari informasi mengenai siapa yang dia hadapi, bagaimana medannya, dan berapa jumlah pasukannya.

Hal itu dilakukan tentunya agar bisa meraih kemenangan. Hampir sama dengan kalian yang akan menghadapi SBMPTN.

Tentunya kalian harus memahami apa saja materi nya, berapa jumlahnya, dan bagaimana bentuk soalnya. Nah... disini saya akan menyampaikan materi apa saja yang muncul nanti pada SBMPTN. Berikut mater-materinya

Selain harus memahami materi yang akan keluar nanti, jangan lupa untuk catat deadline SBMPTN. Kalian bisa mengecek web official SBMPTN.

Jangan Samakan SBMPTN dengan UN

Nah... banyak peserta SBMPTN yang gagal karena 1 hal, yaitu banyak yang menyamakan  bahkan menganggap remeh SBMPTN padahal soal SBMPTN 40% lebih sulit dari UN.

Selain itu menjawab soal SBMPTN tidak bisa menggunakan rumus-rumus cepat. Jadi kalian Harus benar-benar memahami dasar dari materinya. 
Sebagai contoh: apabila kamu ingin menguasai materi integral, maka kamu harus memahami dasar-dasarnya dulu seperti turunan dan aljabar. Apabila 

dasar-dasar yang kamu punya belum baik, jangan harap kamu bisa menguasai materi integral dengan baik, sama halnya dengan materi pelajaran yang lain.

Untuk itu sebelum kalian menghadapi test SBMPTN saya sangat sarankan untuk belajar sungguh-sungguh. Karena SBMPTN benar-benar test yang beda dari UN.

"Knowladge is paralel"

FOKUS!!!

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya kalian harus fokus pada 1 titik. Sama halnya dengan persiapan sebelum SBMPTN.

Fokus adalah salah satu kunci sukses sebelum menghadapi SBMPTN.

Tanpa adanya Fokus dan Keseriusan maka hasilnya tidak akan memuaskan, bahkan akan berujung mengenaskan.

Jadi bagi adik-adik SMA/SMK yang mau mengikuti SBMPTN, please tinggalkan sementara kesibukan yang tidak bermanfaat untuk sementara saja.

Belajar


Belajar tentunya menjadi hal yang WAJIB kalian lakukan sebelum menghadapi SBMPTN.

Jadikan belajar sebagai kebutuhan!

Jangan jadikan belajar sebagai beban.

Bagi kalian yang ingin tau bagaimana sih belajar yang menyenangkan? bagaimana sih belajar yang efektif dan efisien? langsung saja pelajari CARA BELAJAR yang EFEKTIF.
Belajar akan lebih menyenangkan apabila belajar bareng temen-temen. Tentunya kalian harus belajar yang serius tapi menyenangkan agar tidak terlalu kaku.

Contoh soal sbmptn lengkap dengan kunci jawaban bisa dilihat disini Contoh Soal SBMPTN Test Kemampuan dan Potensi Akademik

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa SBMPTN adalah Seleksi Masuk Perguruan Tinggi tentunya SBMPTN sedikit berbeda dengan tes yang ada di sekolah.

Jenis test nya terdiri dari 3 macam yaitu: Saintek, Soshum, dan Test Potensi Akademik (Wajib) Soal SBMPTN 40% lebih sulit dari pada soal UN.

Soal saintek SBMPTN sendiri tidak bisa di jawab dengan cara cepat atau cara-cara yang serupa karena untuk mengerjakan soalnya kalian harus benar-benar memahami dasarnya dengan begitu kalian bisa menjawabnya dengan jalan kalian sendiri, tidak bergantung pada rumus.

Maka dari itu hal yang harus kalian lakukan adalah melakukan Tips yang telah saya tuliskan pada bagian sebelumnya.

*penutup*

Sekian dari artikel yang berjudul Apa itu SBMPTN? dan Bagaimana Tips untuk Menghadapi SBMPTN? semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi adik-adik SMA/SMK yang akan menghadapi test ini. Selain itu saya sangat mengharapkan masukan dari teman-teman sekalian berupa kritik dan saran yang membangun, sehingga saya bisa membuat artikel yang lebih berkualitas dan tentunya bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan didalam penulisan artikel ini, karena saya hanyalah blogger biasa. Akhir kata cukup sekian dan terima kasih.


M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "Apa itu SBMPTN dan Cara Belajar serta Tips untuk Menghadapi SBMPTN Tanpa Bimbel"