Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Sesuai EYD, BAIK & BENAR [+Terstruktur]

8 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Sesuai EYD, BAIK & BENAR [+Terstruktur]
Udah kehabisan kata-kata buat bikin kata pengantar? Butuh contoh kata pengantar makalah untuk pelajaran PKN? Agama? Bahasa Indonesia? atau pelajaran Sejarah? atau contoh kata pengantar makalah yang singkat, baik, dan benar berdasarkan EBI?
EBI: Ejaan Bahasa Indonesia (Sebelumnya disebut EYD)
Santai aja sob...

Pada artikel kali ini, saya bakal membagikan beberapa contoh kata pengantar makalah yang tentunya singkat, baik, dan benar.

"Tapi beneran bagus ngga tuh?"

Tenang aja...

Tentunya contoh-contoh kata pengantar yang akan saya bagikan ini [DIJAMIN!!!] baik dan benar berdasarkan EBI +singkat.

Jadi ngga usah ragu-ragu untuk menggunakan atau menerapkan beberapa contoh kata pengantar makalah yang akan saya bagikan pada bagian inti dari artikel ini.

Eits...

Tapi sebelum lanjut, mendingan kita cari tau dulu definisi dari Kata Pengantar yang akan saya jelaskan pada bagian selanjutnya...

Apa Itu Kata Pengantar?

Apa itu kata pengantar? Kenapa kata pengantar harus ada? Kenapa kata pengantar harus diletakkan pada bagian awal dari suatu karya ilmiah?

Mari kita kupas satu demi satu!

Definisi kata pengantar: Kata pengantar merupakan suatu halaman atau bagian penting pada setiap karya ilmiah yang berisi tentang ucapan terima kasih dan rasa syukur penulis kepada pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan karya ilmiah.

Tujuannya?

Tujuan dari mengutarakan rasa terima kasih dan rasa syukur, tentunya untuk menginformasikan pembaca bahwa si penulis telah melalui banyak hal dan menerima bantuan dari pihak lain yang telah berkontribusi dalam penyusunan karya ilmiah.

Dengan kata lain:
Kata pengantar merupakan pintu masuk atau langkah awal bagi pembaca dalam memahami isi dari makalah mu.

Nah, itulah sebabnya kata pengantar harus ada dan harus terletak di bagian awal dari suatu karya ilmiah.

Bukan cuma itu aja...

Selain ucapan terima kasih dan rasa syukur, kata pengantar juga harus terstruktur!

Untuk pembahasan lebih lanjut, langsung saja kita pindah ke bagian selanjutnya...

Struktur Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Nah, sebelum lanjut ke bagian inti dari artikel ini...

Sebaiknya kamu baca dulu struktur kata pengantar makalah yang baik dan benar agar kamu bisa membedakan dan menemukan contoh kata pengantar makalah singkat yang [PALING] baik dan benar serta terstruktur.

Dengan begitu...

[Kemungkinan] Kamu akan mendapatkan nilai tambah dari guru/dosen kamu... :D

Tapi, apa aja sih struktur dari kata pengantar? Pada umumnya, kata pengantar yang baik dan benar itu terdiri dari 3 bagian, yaitu: Bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak bagian-bagian berikut ini:

1. Bagian Pembuka

Bagian pembuka biasanya terletak pada paragraf pertama dan kedua dari suatu kata pengantar.

Apa aja isinya?

Pada bagian ini biasanya berisikan tentang ucapan rasa terima kasih dan rasa syukur dari penulis terhadap pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam menyusun karya ilmiah.

Umumnya:

Pada bagian pembuka, diawali dengan ucapan rasa syukur dan terima kasih dari penulis terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dan biasanya, ucapan rasa syukur itu disesuaikan dengan agama yang dianut si penulis.

2. Bagian Isi

Pada bagian ini, berisikan tentang gambaran singkat (umum) mengenai isi dari suatu karya ilmiah. Biasanya, penulis hanya menyampaikan judul dari karya ilmiah serta sedikit pembahasan mengenai topik yang dibahas.

Tujuannya, tentu untuk memberikan gambaran secara umum kepada pembaca.

Di dalam penulisannya, kamu tidak perlu memberikan gambaran terlalu detail kepada pembaca. Kenapa? Tentu saja itu akan menghilangkan fungsi dari kata pengatar itu sendiri.

3. Bagian Penutup

Pada bagian penutup, umumnya berisikan tentang permohonan maaf dari penulis terhadap pembaca mengenai kesalahan-kesalahan yang secara tidak sengaja terjadi di dalam suatu karya ilmiah.

Kenapa harus ada permohonan maaf? Hal itu dikarenakan, di dalam penysunan suatu karya ilmiah adanya suatu kesalahan merupakan hal yang sudah pasti ada. Dengan kata lain, karya ilmiah yang 100% benar sudah pasti tidak akan pernah ada.

Selain itu, perlunya permohonan maaf di dalam kata pengantar dikarenakan si penulis tidak bertatap muka secara langsung dengan si pembaca, maka dari itu, penulis harus menyampaikannya melalui kata pengantar.

Bukan cuma itu saja:

Di dalam bagian penutup juga harus ada harapan-harapan baik mengenai potensi lebih lanjut dari karya ilmiah di masa yang akan mendatang seperti pengembangan lebih lanjut dari topik yang dibahas atau pembahasan ulang dengan sudut pandang yang berbeda.

Dalam penulisan kata pengantar, kamu tidak perlu membahasnya terlalu luas. Hal itu dikarenakan, apabila kamu membahas kata pengantar secara detail, itu akan menghilangkan fungsi dari kata pengantar itu sendiri. Maka dari itu, usahakan kata pengantar yang kamu buat tidak lebih dari dua lembar atau dengan kata lain, tulislah secara singkat.

Nah, itu tadi adalah struktur dari kata pengantar yang sesuai dengan EYD, BAIK, dan BENAR serta terstruktur

Untuk selanjutnya, silahkan pilih beberapa contoh kata pengantar yang sesuai dengan selera kamu...

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat untuk Mapel Agama
#Contoh 1
Kata Pengantar

Puji syukur atas nikmat iman, nikmat kesehatan, dan nikmat kesempatan yang telah diberikan Allah SWT kepada kami, dengan begitu, kami selaku penyusun makalah yang berjudul [Toleransi Beragama Dalam Masyarakat] ini dapat menyelesaikannya dengan baik.

Rasa terima kasih sebesar-besarnya juga kami haturkan kepada rekan-rekan kami yang telah membantu dalam menyusun makalah ini. Tanpa adanya campur tangan dari rekan-rekan sekalian, besar kemungkinan makalah ini tidak akan bisa tersusun dengan baik.

[Toleransi Beragama Dalam Masyarakan], merupakan hal yang penting demi kerukunan umat beragama, tanpa toleransi, kerukunan mungkin menjadi hal mustahil untuk dicapai. Dengan begitu toleransi harus ditanamkan kepada setiap individu agar mereka sadar pentingnya toleransi di dalam masyarakat. Di dalam makalah ini, kami juga mencantumkan beberapa data yang kami dapat dari hasil wawancara.

Apabila di dalam makalah ini terdapat banyak kesalahan seperti kesalahan dalam penulisan nama, data ataupun penyusunannya, kami selaku penyusun makalah ini memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Di samping kekurangan-kekurangan yang ada, kami juga berharap agar makalah ini kedepannya berguna bagi pembaca sekalian, dan yang tidak kalah penting, kami juga berharap semoga makalah ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pemenuhan tugas yang telah diberikan kepada Bapak/Ibu [Nama Guru]. Cukup sekian, kami berharap pembaca sekalian dapat memahami dan menerapkan isi dari makalah ini.

Salatiga, 10 Januari 2021

Penyusun

#Contoh 2
Kata Pengantar

Alhamdulillahi rabbil alamin, puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT, Karena dengan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan dan dapat menyusun makalah tentang “Konsep Syahadah Dalam Islam”. Guna memenuhi tugas yang telah diberikan oleh [nama guru] selaku pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam II.

Tak lupa juga, melalui kata pengantar ini kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun maklah ini. Mungkin tanpa bantuan dari semua pihak yang telah membantu kami, makalah ini tidak akan bisa selesai dengan sebaik ini.

Di dalam makalah kami yang berjudul "Konsep Syahadah Dalam Islam Ini" kami akan membahas tentang konsep dari Syahadah dalam Islam serta beberapa pembahasan lain seperti definisi dari Syahadah, hukum melafalkan Syahadah, dan syarat sah Syahadah.

Bilamana di dalam makalah ini terdapat banyak kesalahan atau kekurangan dalam penulisan ataupun informasi yang disampaikan. Kami selaku penyusun makalah ini memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Tapi, di samping kekurangan-kekurangan yang ada, kami selaku penyusun dari makalah ini juga berharap semoga informasi yang ada di dalam makalah ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian. Akhir kata, cukup sekian dan selamat membaca. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kendal, 30 Agustus 2020

Penulis


Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat untuk Mapel PKN


#Contoh 1
Kata Pengantar

Alhamdulillahi rabbil alamin, segala puji bagi Allah SWT yang telah mencurahkan segala nikmat dan rahmat-NYA, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik tanpa adanya suatu halangan apapun. Tidak lupa juga, melalui kata pengantar ini, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada rekan-rekan kami yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Tanpa mereka, makalah ini mungkin tidak akan pernah terselesaikan dengan baik.

Makalah yang berjudul [Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia] ini berisi tentang hal-hal yang harus dilakukan oleh kita selaku warga Indonesia yang baik. Hal-hal yang kami maksud adalah taat membayar pajak, ikut serta dalam pemilihan calon legislatif dan eksekutif (pemilihan presiden atau pemilihan kepala daerah) serta menaati aturan-aturan yang telah diberlakukan oleh pemerintah (salah satu diantaranya taat dengan hukum yang berlaku).

Walaupun makalah ini kami susun dengan sepenuh hati, namun kami hanya manusia biasa yang tidak bisa lepas dari kesalahan. Maka dari itu, apabila pembaca sekalian menemukan kesalahan di dalam makalah ini. Kami selaku penyusun makalah ini mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan yang ada di dalam makalah ini.

Besar harapan kami terhadap karya ilmiah ini, semoga makalah yang telah kami susun dengan baik ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca sekalian dan semoga makalah ini bisa bermanfaat kedepannya. Dan tak lupa, semoga makalah ini bisa memenuhi tugas yang telah diberikan oleh [nama bapak/ibu guru] selaku pengampu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X. Demikian, cukup sekian dan terima kasih.

Semarang, 11 April 2021

Joko Widodo

Penulis

#Contoh 2
Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT Tuhan Semesta Alam yang telah memberikan kesempatan emas ini kepada saya selaku penyusun makalah ini, dengan begitu saya dapat menyelesaikannya dengan baik. Tak lupa juga, rasa terima kasih yang sebesar-besarnya saya haturkan kepada segala pihak yang telah membantu saya dalam menyusun makalah ini.

Hak Asasi Manusia atau biasa disebut sebagai HAM (dalam bahasa inggris disebut dengan Human Rights) merupakan norma-norma atau prinsip moral yang mencerminkan standar perilaku manusia yang dilindungi oleh hukum nasional maupun internasional secara adil atau sama rata.

Di dalam makalah ini, berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan hak asasi manusia yang sesuai dengan hukum HAM yang telah tercantum diberbagai instrumen hukum negara, salah satu diantaranya adalah Pembukaan Undang-Undang dasar 1945 pada alinea pertama yang berbunyi, "…bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa…” selain itu, makalah ini juga membahas tentang berbagai macam jenis-jenis hak asasi manusia, salah satu diantaranya yaitu, Hak Asasi Pribadi, Hak Asasi Ekonomi, Hak Asasi dalam Hukum dan Pemerintahan.

Meskipun makalah ini telah kami susun dengan sebaik-baiknya, tapi tetap saja makalah ini tidak luput dari kesalahan. Maka dari itu, saya selaku penulis sekaligus penyusun makalah ini memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan yang ada di dalam makalah ini. Apabila pembaca sekalian hendak menyampaikan kritik dan saran positif mengenai makalah ini, saya selaku penulis akan berlapang dada dan senang hati untuk menerimanya.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan melalui kata pengantar ini, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Akhir kata, cukup sekian dan terima kasih.

Purwokerto, 22 Januari 2021

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat untuk Mapel Bahasa Indonesia

#Contoh 1
Kata Pengantar

Dengan memanjatkan puji syukur atas kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya selaku penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Tak lupa rasa terima kasih yang sebanyak-banyaknya saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah membantu saya selaku penulis sekaligus penyusun makalah ini. Tanpa bantuan dari mereka, mungkin makalah ini tidak akan terselesaikan dengan baik.

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berbicara dengan orang lain, berbicara mengenai berbagai macam topik pembicaraan. Itu semua adalah kegunaan dari bahasa, lalu bagaimana apabila kita hidup tanpa bahasa, mungkin semuanya tidak akan bisa memahami satu sama lain. Itu lah sebabnya Allah SWT memberikan anugrah kepada kita yaitu nikmat akal sehingga manusia dapat berbaur dengan orang lain melalui bahasa. Sementara, bahasa memiliki berbagai macam jenis yang berbeda. Contohnya, sangat banyak jenis-jenis bahasa yang hadir dari berbagai macam daerah. Itulah sebabnya bahasa bersifat arbitrer. Selain itu, pada makalah ini topik yang akan dibahas adalah sebagian kecil dari hal-hal fundamental yang berhubungan dengan bahasa seperti definisi bahasa, dan sifat-sifat bahasa.

Tapi, apabila pembaca menemukan banyak kesalahan di dalam makalah ini, saya selaku penulis sekaligus penyusun makalah ini mohon maaf yang sebesar-besarnya. Tapi, apabila pembaca mau memberikan masukkan yang positif berupa kritik dan saran yang membangun, saya akan menerimanya dengan senang hati.

Disamping itu saya selaku penulis membuat makalah ini dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas yang telah diamanatkan oleh [bapak/ibu guru] kepada saya. Harapan saya, semoga tugas ini sesuai dengan apa yang [bapak/ibu guru] harapkan.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi pembacanya, khususnya bagi saya sendiri. Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kendari, 20 Desember 2021

Hasan Basri

#Contoh 2
Kata Pengantar

Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah mencurahkan segala nikmat dan rahmatnya kepada saya dengan begitu tugas ini bisa terselesaikan dengan baik. Selain itu, ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu saya dalam menyusun makalah ini saya haturkan melalui kata pengantar ini. Tak lupa, rasa terima kasih juga saya haturkan kepada [Bapak/Ibu guru] yang telah mempercayakan tugas ini kepada saya.

Pada makalah yang berjudul "Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar" ini akan membahas berbagai macam hal yang berhubungan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu, dalam makalah ini juga membahas tentang perbedaan antara penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan penggunaan bahasa Indonesia yang benar. Tujuan dari pada itu adalah untuk meningkatkan kesadaran pembaca tentang penting berbahasa Indonesia dengan baik dan juga benar.

Walaupun makalah ini saya susun dengan sepenuh hati. Tapi, tentu saja makalah ini tidak akan bisa luput dari yang namanya kesalahan. Maka dari itu, apabila pembaca sekalian menemukan kesalahan di dalam makalah makalah ini, saya selaku penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Namun, apabila pembaca hendak menyampaikan kritik dan saran yang membangun, saya akan dengan senang hati menerimanya.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan melalui kata pengantar ini. Semoga pembaca sekalian dapat memetik manfaat dari makalah ini.

Jakarta, 23 Juli 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat untuk Mapel Sejarah


#Contoh 1
Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah Tuhan Semesat Alam yang telah mencurahkan nikmat dan karunianya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik tanpa suatu halangan apapun. Tak lupa juga ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan untuk seluruh pihak yang telah membantu saya dalam menyusun makalah ini, tanpa adanya bantuan dari mereka, mungkin makalah ini tidak akan bisa menjadi sebaik ini.

Topik yang akan kami bahas pada makalah ini adalah "Latar Belakang Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet" yang akan berbicara tentang apa yang apa yang menyebabkan atau, apa yang melatarbelakangi perang dingin antar kedua negara adidaya tersebut sampai-sampai terbentuk beberapa gerakan blok barat dan timur.

Meskipun makalah ini sudah kami kerjakan dengan sebaik-baiknya tapi kami yakin, di dalam makalah ini masih ada sangat banyak kekurangan seperti kesalahan dalam penulisan nama dan kesalahan-kesalahan lainnya.

Maka dari itu, saya selaku penyusun makalah ini mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila pembaca menemukan kekurangan di dalam makalah ini. Namun apabila pembaca sekalian hendak memberikan kritik dan saran yang membangun, saya akan sangat senang menerimanya.

Sekian dari apa yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini bisa menjadi bacaan yang bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai bahan acuan dalam pembelajaran mata pelajaran Sejarah. Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kendal, 28 Agustus 2021

Penyusun

#Contoh 2
Kata Pengantar

Dengan memanjatkan puja dan puji atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala kebaikan kepada kami semua khususnya saya selaku penulis dengan begitu saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik tanpa adanya suatu halangan apapun yang menunda proses pembuatan makalah ini. Tak lupa juga ucapan terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun makalah ini, dengan begitu makal ini bisa terselesaikan dengan baik.

Tak lupa ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya juga kamu haturkan kepada bapak/ibu [nama guru] selaku pengampu mata pelajaran sejarah sekaligus yang telah mempercayakan tugas ini kepada kami.

Pada makalah yang berjudul "Sejarah Perkembangan Reformasi di Indonesia" akan membahas tentang sejarah-sejarahnya yang diawali dengan berakhirnya era orde baru pada bulan mei tahun 1998 yang pada saat itu masa menuntut untuk mengubah sistem pemerintahan yang ada melalui gerakan reformasi.

Kami sadar, dalam makalah ini terdapat sangat banyak kekurangan. Tapi, apabila pembaca hendak menyampaikan masukkan berupa kritik dan saran yang membangun, kami akan dengan senang hati menerimanya.

Disamping itu, kami juga berharap makalah ini bisa menjadi suatu karya tulis yang berguna bagi para pembacanya. Selain itu, kami juga berharap makalah ini dapat memenuhi tugas mata pelajaran Sejarah Indonesia yang telah diberikan oleh bapak/ibu [nama guru].

Demikian dari apa yang bisa kami sampaikan, cukup sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Makassar, 11 September 2021

Penulis

Penutup

Sekian dari beberapa contoh kata pengantar makalah yang sesuai EBI, Baik, & Benar [+ Terstruktur], semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Mohon maaf apabila ada kekurangan di dalam artikel ini, saya selaku penulis sangat mengharapkan masukkan dari pembaca sekalian, dengan begitu saya bisa membuat artikel yang lebih bermanfaat dan lebih berkualitas lagi tentunya.

Akhir kata:

Cukup sekian dan terima kasih.

M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "8 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Sesuai EYD, BAIK & BENAR [+Terstruktur]"