Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

8 Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula
Setuju tidak kalau belajar bahasa inggris itu penting? Pasti jawabannya setuju...

Nah... berhubung belajar bahasa inggris itu penting, pada artikel saya kali ini akan membahas cara cepat dan mudah belajar bahasa inggris.

Belajar bahasa inggris saat ini sudah menjadi suatu keharusan agar kita bisa berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia. Untuk belajar bahasa inggris pastinya bisa dilakukan dengan cara yang cepat atau efisien.

Tentu cara cepat belajar bahasa inggris ini bisa dilakukan oleh pemula sekalipun dan cocok bagi kalian yang mau belajar secara otodidak.

Lalu, seperti apa metode atau cara mudah belajar bahasa inggris bagi pemula?

Cara melakukannya sangat gampang bahkan menyenangkan dan ngga membosankan. Nah... untuk itu silahkan simak pembahasan cara cepat belajar bahasa inggris, let's check this out!

Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya,

Cara cepat belajar bahasa inggris yang akan saya berikan tentunya bukan metode-metode yang membosankan, melainkan, cara-cara tersebut adalah cara mudah belajar dalam bahasa inggris bagi pemula yang bisa di bilang menyenangkan tapi efektif dan cepat tentunya.

Berikut, adalah beberapa cara cepat dan mudah dalam belajar bahasa inggris bagi pemula.

1. Belajar Berbicara Langsung dengan Guru (Bahasa Inggris) atau Teman Kamu

Cara ini adalah cara paling cepat dan mudah menurut saya, itulah mengapa saya letakkan pada posisi awal.

Berbicara langsung di sini tidak harus full berbicara bahasa inggris, tapi kalian bisa mencampur atau mixing bahasa inggris dengan bahasa indonesia.

Di samping itu...

Melalui cara belajar dengan berbicara langsung, secara tidak disadari kalian juga belajar conversation atau percakapan dalam bahasa inggris.

Selain itu hal yang ngga kalah penting, melalui cara belajar dengan berbicara langsung kalian juga telah menantang diri kamu untuk percaya diri berbicara dalam bahasa inggris secara langsung.

Saya sendiri melakukan cara ini...

Tapi perlu di ingat, sebelum kamu memulai berbicara bahasa inggris secara langsung, sebaiknya kamu bicarakan terlebih dahulu dengan guru/teman kamu apakah dia keberatan atau tidak.

Dan jangan lupa juga minta bimbingannya apabila kamu menemukan kata-kata yang sulit.

Apabila kamu melakukan cara ini secara terus-menerus, saya yakin hanya dalam waktu 3 minggu sampai 1 bulan kalian sudah bisa menguasai dasar-dasar percakapan sehari-hari dengan baik.

Jadi Gimana? menurut kamu cara yang satu ini cocok ngga buat kamu?

2. Belajar Bahasa Inggris dengan Nonton Film Bersubtitle Bahasa Inggris

Ini adalah salah satu cara paling cepat favorit saya...

Dan ini salah satu cara yang paling cocok buat kalian yang kepengen belajar bahasa inggris dengan cepat dan secara otodidak alias belajar sendiri.

Hampir sama dengan metode sebelumnya, cara belajar bahasa inggris dengan nonton film juga bisa melatih skill dalam conversation atau percakapan kamu.

Nah... jadi mulai sekarang kalau kamu mau nonton film + belajar bahasa inggris, saran dari saya coba tantang diri kamu untuk nonton film dengan subtitle bahasa inggris.

Tapi kalau kamu kepengen tau juga cerita dari film itu, saya saranin lagi buat nonton dulu film itu dengan subtitle bahasa indonesia dulu, kemudian kamu nonton film itu lagi dengan subtitle bahasa inggris.
Perlu di ingat kamu juga harus mengartikan kata-kata dalam bahasa inggris yang tidak kamu ketahui artinya
Kalau kamu ngga punya banyak waktu, kamu juga bisa campur subtitle bahasa indonesia + bahasa inggris kedalam film yang kamu mau tonton.

Dengan begitu kamu bisa memahami cerita film sekaligus belajar bahasa inggris dalam waktu yang bersamaan.

3. Belajar Bahasa Inggris dengan Bermain Game

Kita tau kalau didalam game kebanyakan menggunakan bahasa inggris didalam percakapan nya.

Nah... itu bisa di jadikan peluang buat kamu untuk belajar bahasa inggris dengan bermain game terutama bagi para pemula atau beginners.

Tentu menyenangkan belajar bahasa inggris sambil main game, apalagi game online.

Cara belajar ini juga bisa disebut sebagai cara cepat dan cara mudah belajar bahasa inggris bagi pemula. Ya... itu dikarenakan ketika kita bermain game, kita sudah pasti berurusan langsung dengan bahasa inggris terutama bagi player game online (seperti: Dota 2, dll)

Lebih hebatnya lagi :

Dengan kita bermain game, kita bisa mengenal lebih banyak vocabulary atau kosakata bahasa inggris dari pada kita belajar bahasa inggris di sekolah.

Hmm... tentu cara ini sangat cocok buat kalian yang kepengen belajar bahasa inggris dengan mudah dan secara mandiri atau otodidak. 

4. Belajar Sambil degerin Lagu Bahasa Inggris

Denger lagu bahasa inggris keliatannya sepele tapi, ini bisa dijadikan media untuk belajar bahasa inggris yang menyenangkan tapi efektif dan tentunya sangat bersahabt bagi para pemula.

Kita semua tau kalau denger lagu adalah hal yang menyenangkan, apalagi dengerin lagu favorit.

Bakal jadi cara belajar yang menyenangkan kalau dengerin lagu bahasa inggris dijadikan sebagai sarana belajar bahasa inggris.

Hmm... saya rasa cara belajar bahasa inggris yang satu ini recommended banget buat kamu yang kepengen belajar secara otodidak.

5. Belajar Bahasa Inggris lewat Chatting di Media Sosial

Hampir sama dengan cara pertama, tapi yang satu ini sedikit berbeda.

Cara mudah belajar bahasa inggris yang satu ini kita lakukan lewat grup chatting English learner (para pelajar bahasa inggris) di WhatsApp dan telegram.

Nah, cara yang satu ini, selain mudah bagi pemula bisa disebut juga sebagai cara praktis dan cepat dalam belajar bahasa inggris.

Terutama bagi kalian yang ngga punya temen belajar bareng atau guru belajar bahasa inggris jadi selain praktis cara ini juga sangat bersahabat bagi kamu yang kepengen belajar secara otodidak.

6. Belajar dengan Mencoba Menulis Dalam Bahasa Inggris


Kamu juga bisa mencoba cara ini untuk belajar bahasa inggris dengan cepat.

Kamu bisa memulainya dengan mengubah kebiasaan mu dalam menulis dengan menggunakan bahasa indonesia menjadi menulis dalam bahasa inggris.

Cara ini sangat manjur!!!

Terlebih ketika kamu menemukan kosakata bahasa inggris yang sulit.

Ya... kamu bisa  juga menuliskan semua kosakata yang kamu anggap sulit kemudian kamu cari artinya di kamus, setelah itu kamu coba menggunakan kata-kata tersebut kedalam sebuah kalimat.

Dengan begitu kamu bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam hal menulis dengan bahasa inggris.


7. Belajar dengan Membaca Buku

Nah... ini saya letakkan di bagian tambahan karena saya tau membaca bagi kebanyakan orang bukan hal yang menyenangkan.

Tapi asal kalian tau nih... dengan membaca kamu juga bisa mempertajam skill bahasa inggris kamu.
"The more you read, the more you write."
Disamping itu...

Kamu juga bisa mendapatkan banyak kosakata baru dari membaca.

Yang ngga kalah keren:

Dari membaca kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru. Maka dari itu cobalah membaca buku yang ditulis dalam bahasa inggris, entah itu novel atau cerita singkat yang penting dalam bahasa inggris atau kamu juga bisa gabung di forum-forum.

8. Perbanyak Jam Terbang!

Jam terbang? Bukan jam terbang yang itu bro/sis, maksud saya perbanyak jam terbang itu, perbanyak latihan.

*penutup*

Sekian dari artikel kali ini, saya harap dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi kalian pemula (termasuk saya) yang ingin belajar bahasa inggris dengan cepat dan efisien.

Mohon maaf apabila ada kesalahan didalam artikel ini, saya sangat berharap masukan berupa kritik dan saran dari pembaca sekalian Dengan begituu saya bisa membuat artikel yang lebih berkualitas dan lebih bermanfaat. Akhir kata cukup sekian dan Terima kasih.



M Hadi H, S.T.
M Hadi H, S.T. Sharing and building, berharap dapat berpartisipasi walaupun dalam hal kecil untuk kemajuan pengetahuan - Mengabdi di Dinas Pekerjaan Umum salah satu instansi Pemerintah Daerah

Post a Comment for "8 Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula"